Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Beberapa pembalap Indonesia dibawah ini bisa dibilang memiliki sejumlah prestasi yang membanggkan diberbagai ajang balap internasional yang diikutinya.

Autos.id – Meskipun olahraga Motorsport bukanlah olahraga yang populer di Indonesia, bukan berarti negeri kita tidak memiliki talenta-talenta balap yang luar biasa. Bahkan beberapa pembalap-pembalap Indonesia ini baik itu dari balap mobil dan balap motor ini bisa mengharumkan Indonesia dan mengibarkan bendera merah putih hingga ke ajang balap bergengsi tingkat dunia.

Dalam memperingati HUT Republik Indonesia ke 77 ini, Autos.id akan memberikan anda daftar pembalap Indonesia yang memiliki prestasi gemilang di ajang balap internasional berikut ini.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Doni Tata Pradita

Doni Tata Pradita

Bagi anda penggemar olahraga balap motor, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan nama Doni Tata Pradita. Yah pembalap motor yang satu ini bisa dibilang memiliki segudang pengalaman di ajang balap motor tingkat dunia. Salah satu prestasi yang pernah ia raih adalah menjadi juara ajang balap Yamaha Asean Open Cup tahun 2003 dan 2004 dikelas underbone 110 cc, 4-tak.

Setelah sukses diajang balap underbone, ia mulai naik kelas ajang balap yang lebih tinggi. Tercatat ia pernah mencicipi berbagai ajang balap motor di luar negeri seperti di Jepang. Hingga pada puncaknya ia sempat mengikuti berbagai kejuaraan balap motor dunia GP250cc ditahun 2008, World Supersport ditahun 2009, serta ajang balap Moto2 di tahun 2013.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Ananda Mikola

Ananda Mikola

Pastinya anda sudah tidak asing dengan nama Ananda Mikola. Pembalap yang satu ini memang sudah mengenyang berbagai ajang balap dari tingkat nasional hingga dunia. Prestasi tertinggi yang ia raih adalah menjadi juara Formula Asia di tahun 1996. Selain itu ia juga mengikuti berbagai ajang Formula lainnya seperti Formula 3 Italia dan Formula Asia V6 Renault.

Puncaknya adalah ketika ia membela tim Indonesia diajang balap mobil antara negara A1GP dari tahun 2005 hingga 2007 silam. Meskipun tidak pernah meraih kemenangan, namun ia termasuk salah satu pembalap kuda hitam dan sering meraih posisi poin melawan beberapa pembalap top dunia yang bahkan pernah berkiprah diajang F1.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Rio Haryanto

Rio Haryanto

Salah satu pembalap kebanggaan Indonesia lainnya adalah Rio Haryanto. Pembalap kelahiran Solo, Jawa Tengah ini jugalah mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang bisa menembus ajang balap bergengsi F1. Tetapi sebelum bisa menembus ajang balap F1, prestasi yang ditorehkan Rio juga tidak main-main.

Misalnya seperti menjadi juara balap karting Asia, juara Formula Asia 2.0 ditahun 2008, juara Formula BMW Pacific ditahun 2009, meraih 3 kemenangan seri balapan GP3 dari 2010 hingga 2011, serta salah satu prestasi terbaiknya adalah dengan penempati posisi 4 klasmen pembalap GP2 Series ditahun 2015 dengan 3 kemenangan. Dan ditahun 2016 ia mewujudkan mimpinya untuk bisa masuk ke ajang balap F1 bersama tim Manor Racing meskipun hanya selama setengah musim saja.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Sean Gelael

Sean Gelael

Selain Rio Hrayanto, Sean Gelael juga meraih raihan prestasi yang bisa dikatakan bisa membanggakan Indonesia. Anak dari mantan pereli senior Ricardo Gelael ini juga mendapatkan beberapa prestasi menarik seperti menjadi juara ketiga pada Asian Karting Open Championship Formula 125 Senior ditahun 2011. Lalu ia juga sempat mencicipa beberapa ajang balap lainnya seperti Formula Renault 3.5 ditahun 2015, GP2 Series dari tahun 2015 hingga 2016, hingga Formula 2 dari tahun 2017 hingga 2020.

Selain membalap diajang balap Single Seater, Sean Gelael juga mengikuti berbagai ajang balap Endurance. Misalnya seperti diajang Asian Le Mans Series dengan raihan terbaik peringkat 2 ditahun 2021. Serta mengikuti ajang World Endurance Championship dikelas LMP2 yang sudah ia geluti sejak tahun 2021 silam. Bahkan dibalap ketahanan bergengsi 24 Hours of Le Mans, ia meraih posisi kedua dikelas LMP2 ditahun 2021 ketika membela tim JOTA bersama Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoorne.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Dimas Ekky Pratama

Dimas Ekky Pratama

Berikutnya adalah Dimas Ekky Pratama yang juga memiliki segudang prestasi diajang balap roda dua. Diantaranya dengan meraih peringkat 6 dan 5 pada ajang CEV Moto2 European Champioship ditahun 2017 dan 2018 dengan beberapa raihan kemenangan. Selain itu ia juga pernah merasakan ajang balap tingkat dunia Moto2 sejak tahun 2017 hingga 2021 silam dengan membela beberapa tim seperti tim Gresini, SAG Team, hingga Tech3 Racing.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Andy Gilang Farid Izdihar

Andi Gilang Farid Izdihar

Pembalap motor berikutnya yang juga selalu memberikan prestasi yang gemilang untuk Indonsia adalah Andi Gilang Farid Izdihar. Beberapa raihan prestasi yang diraih diantaranya seperti meraih peringkat 3 pada ajang balap Asia Talent Cup ditahun 2016 dengan beberapa raihan kemenangan. Serta sempat mengikuti ajang balap lainnya seperti CEV Moto3 Junior World Championship ditahun 2016 dan 2017.

Tidak ketinggalan ia sempat mencicipi ajang balap CEV Moto2 European Chamipnship ditahun 2019. Bahkan Andi Gilang juga pernah merasakan berkompetisi diajang balap yang lebih tinggi yaitu Moto3 dan Moto2 pada tahun 2019 hingga 2021 silam.

Daftar Pembalap Indonesia Yang Berprestasi Hingga Ke Ajang Internasional

Mario Aji

Mario Aji

Salah satu idola baru balap motor Indonesia adalah Mario Aji. Pembalap yang kini brlaga di Moto3 berasama tim Honda Asia ini memang sudah menunjukan bakatnya sejak usai belia. Misalnya dengan meraih perinka 5 Asia Talent Cup ditahun 2018 dengan beberapa raihan kemenangan. Dan juga ia sempat mencicipi ajang balap Red Bull MotoGP Rookies Cup ditahun 2019 dan FIM CEV Moto3 Junior World Championship ditahun 2020 hingga 2021.

Puncaknya ditahun 2022 ini ia bisa naik ke ajang balap yang lebih bergengsi yaitu Moto3 bersama tim Honda Asia. Salah satu raihan terbaik ia raih sejauh ini adalah meraih posisi start Front Row atau barisan didapan di GP Indonesia dan  GP Catalunya, sesuatu yang sebelumnya bisa didapatkan oleh pembalap Indonesia manaupun.

Itulah beberapa daftar pembalap Indonesia yang pernah mengharumkan Indonesia di berbagai ajang balap international. Apakah salah satunya merupakan idola anda di dunia balap?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Meskipun sudah malang melintang di dunia balap internasional, ternyata Doni Tata mengaku takut kalau harus berkendara di jalan raya. Waduh… kenapa ya?? Jakarta, Autos.id...