Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Charles Leclerc Kembali Raih Podium Pertama F1 GP Austria 2022

Charles Leclerc Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Austria 2022

Ini merupakan kemenangan ketiga Charles Leclerc dimusim ini serta merupakan kemenangan pertama yang ia dapatkan bukan saat meraih Pole Position.

Autos.id – Setelah lama tidak meraih kemenangan, Charles Leclerc kembali meraih kemenangan. Pembalap tim Ferrari ini berhasil meraih kemenangan pada balapan F1 GP Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. Pada balapan utama yang berlangsung hari Minggu (10/7/2022), pembalap Monako ini berhasil mengalahkan rival terkuatnya, Max Verstappen.

Namun sayangnya, rekan setim Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz gagal finish setelah mengalami masalah mesin menjelang balapan berakhir.

Charles Leclerc Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Austria 2022

Jalannya Balapan

Max Verstappen yang start dari pole position berkat kemenangan pada Sprint Race sehari sebelumnya, langsung tancap gas dan mempertahankan posisinya dari 2 pembalap Ferrari, Cahrles Leclerc dan Carlos Sainz. Ditikungan keempat, insiden melibatkan George Russell (Mercedes) dan Sergio Perez (Red Bull). Russell menyenggol Perez dan membuat Perez melintir dan sempat masuk ke gravel.

Perez sendiri memang bisa melanjutkan lomba dan langsung masuk pit stop setelah insiden ini. Meskipun begitu pada akhirnya ia harus menyudahi balapannya pada lap ke 26 karena mobilnya yang sudah tidak berada dalam kondisi maksimal. Russell sendiri dijatuhi hukuman penalti 5 detik karena insiden tersebut dan ia jalani hukumannya saat melakukan pit stop pertamanya.

Kembali kedepan, Verstappen mulai mendapat ancaman dari Leclerc yang semakin mempertipis jaraknya. Pada lap ke 12, akhirnya Leclerc berhasil menyalip Verstappen dan mengambil alih pimpinan lomba. Beberapa lap setelahnya pada lap 14, Verstappen masuk pit stop untuk mengganti ban Hard sedangkan Leclerc masih bertahan dengan Medium yang ia gunakan sejak start.

Charles Leclerc Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Austria 2022

Melihat Verstappen yang mulai semakin kencang dengan ban Hard-nya membuat Leclerc akhirnya masuk ke pit stop pada lap 25 disusul Sainz satu lap setelahnya. Verstappen kembali mengambil alih pimpinan balapan. Namun dengan ban Hard yang lebih segar membuat Leclerc berhasil menyalip Verstappen kembali dan mengambil alih pimpinan lomba lagi.

Ke barisan belakang, pembalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel disenggol oleh pembalap tim Alpha Tauri, Pierre Gasly. Juara dunia 4 kali ini disenggol ditikungan keempat tempat dimana Russell menyenggol Perez diawal lomba. Atas insiden tersebut, Gasly dijatuhi hukuman penalti 5 detik. Ini merupakan penalti 5 detik kedua setelah sebelumnya ia mendapat penalti yang sama karena Track Limit.

Kembali ke posisi terdepan, setelah Verstappen disalip Leclerc membuat juara dunia tahun lalu ini kembali masuk ke pit stop. Leclerc sendiri juga merespon dengan masuk pit stop setelah Verstappen semakin cepat dengan ban barunya. Dan pada lap ke 53, Leclerc kembali menyalip Verstappen dan untuk ketiga kalinya ia mengambil alih pimpinan lomba.

Memasuki lap ke 57, nasib sial dialami oleh Carloz Sainz. Pemenang GP Inggris ini sedang berada dalam posisi bagus dan sedang memburu Verstappen. Namun sayangnya, mobil milik pembalap Spanyol ini mendadak mengalami masalah. Bahkan mobil Sainz pun terbakar meskipun Sainz akhirnya bisa keluar dari mobil dengan selamat.

Hal tersebut membuat Virtual Safety Car dinyalakan. Pada periode ini, baik Leclerc dan Verstappen kembali masuk ke pit stop untuk mengganti ke ban Medium hingga akhir balapan. Setelah balapan dimulai kembali, Verstappen justru memperlihatkan kecepatan yang lebih baik dibanding Leclerc. Namun sayangnya, meskipun Leclerc sempat mengeluhkan masalah pada mobilnya, Verstappen gagal memanfaatkan situasi.

Hingga akhir balapan, Leclerc keluar sebagai pemenang, disusul Verstappen yang harus puas finish di posisi kedua di balapan kandang tim Red Bull. Podium ketiga sendiri diraih oleh Lewis Hamilton yang meraih 3 podium beruntun pada 3 balapan terakhir. George Russell yang sempat dihukum penalti masih bisa finish diposisi keempat disusul oleh Esteban Ocon (Alpine) yang melengkapi 5 besar.

Charles Leclerc Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Austria 2022

Mick Schumacher tampil luar biasa dengan kembali meraih poin dengan finish diposisi keenam. Dibelakangannya melengkapi 10 besar secara berurutan ada Lando Norris (Mclaren), Kevin Magnussen (Haas), Daniel Ricciardo (Mclaren), dan Fernando Alonso (Alpine). Mick Schumacher sendiri meraih predikat Driver Of The Day hasil pilihan para fans berkat penampilan cemerlang pembalap tim Haas tersebut.

Bagi Charles Leclerc, ini merupakan kemenangan ketiganya dimusim ini serta kemenangan pertamanya dimana ia tidak start dari pole position untuk meraih kemenangannya. Diklasmen sementara, Verstappen masih unggul 38 poin atas Leclerc di klasemen pembalap. Balapan selanjutnya akan berlangsung di GP Prancis di Sirkuit Paul Richard 2 pekan mendatang.

Sumber Gambar: Motorsport.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Balapan GP Prancis di Sirkuit Paul Richard akhir pekan ini merupakan balapan kedua terakhir sebelum libur pertengahan musim selama kurang lebih sebulan. Autos.id –...

Balap

Balapan GP Austria di akhir pekan ini merupakan balapan kedua dari total 4 lomba F1 yang akan dilaksanakan selama bulan Juli ini. Autos.id –...

Balap

Ini merupakan kemenangan perdana Carlos Sainz diajang balap F1 setelah harus menunggu selama 150 balapan dan 7 tahun lamanya setelah ia debut diajang balap...

Balap

Balapan GP Inggris merupakan balapan pertama dari 4 balapan F1 musim 2022 selama bulan Juli sebelum libur musim panas dibulan Agustus. Autos.id – Setelah...