Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Berlangsung Dramatis, Carlos Sainz Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Inggris 2022

Berlangsung Dramatis, Carlos Sainz Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Inggris 2022
Start F1 GP Inggris 2022

Ini merupakan kemenangan perdana Carlos Sainz diajang balap F1 setelah harus menunggu selama 150 balapan dan 7 tahun lamanya setelah ia debut diajang balap jet darat bergengsi ini.

Autos.id – Pembalap tim Ferrari, Carlos Sainz akhirnya mewujudkan mimpinya menjadi seorang pemenang seri balapan F1. Pembalap asal Spanyol tersebut akhirnya menjadi pemenang F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu (3/7/2022) di Sirkuit Silverstone yang berlangsung sangat dramatis. Ia berhasil mengungguli Sergio Perez (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang menemapti podium kedua dan ketiga.

Rekan setim Saunz, Charles Leclerc harus puas finish diposisi keempat sedangkan juara dunia musim lalu, Max Verstappen hanya berhasil finish ketujuh setelah mengalami pecah ban dipertengahan lomba.

Jalannya Lomba

Saat lampu start dipadamkan dan balapan dimulai, insiden besar terjadi melibatkan 5 pembalap yaitu Zhou Guanyu (Alfa Romeo), Esteban Ocon (Alpine), George Russell (Mercedes), Alexander Albon (Williams), serta Yuki Tsunoda (Alpha Tauri). Mobil Zhou bahkan terbalik dan menghantam pagar pembatas serta Albon yang juga mengalami kesakitan setelah terjadinya insiden tersebut.

Bahkan Zhou dan Albon harus dibawa ke medical center dan keduanya dalam kondisi yang tidak begitu mengkhawatirkan. George Russell sendiri harus menyudahi balapannya sedangkan Esteban Ocon dan Yuki Tsunoda masih bisa melanjutkan balapan. Akibat insiden ini balapan langsung dihentikan sekitar 40 menit dan semua pembalap kembali masuk ke pit.

Berlangsung Dramatis, Carlos Sainz Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Inggris 2022

Setelah sekitar 40 menit, balapan akhirnya dilanjutkan di lap ketiga, Carlos Sainz yang start dari pole position berhasil mempertahankan posisinya dari Max Verstappen yang start dibelakangnya. Pada lap kelima, Sergio Perez harus masuk pit untuk mengganti sayap depan yang rusak karena terjadinya senggolan diawal balapan.

Pada lap ke 10, akhirnya Verstappen menyalip Sainz dan mengambil alih pimpinan balapan setelah Sainz melebar di tikungan Chapel. Setelah itu pembalap asal Belanda ini mulai menjauhkan jaraknya dari Sainz. Namun sayangnya 2 lap setelahnya, Verstappen mengalami pecah ban yang memaksanya harus masuk pit stop.

Selain karena masalah pecan ban, pembalap asal Red Bull ini juga dihadapkan pada masalah bodywork mobil yang mengalami kerusakan sehingga mempengaruhi performanya. Setelah itu ia sulit untuk mengejar ketertinggalan dari pembalap didepannya setelah melakukan pit stop.

Pada lap ke 17, Carlos Sainz yang kembali memimpin kini ditempel oleh rekan setimnya, Charles Leclerc. Pembalap asal Monako ini terus memperpendek jaraknya dengan rekan setimnya tersebut. Hingga akhirnya pada lap ke 20, leclerc berhasil menyalip Sainz setelah rekan setimnya memberikan jalannya dan Sainz juga masuk pit stop 1 lap setelahnya.

Lewis Hamilton praktis berada diposisi kedua saat ini dengan jarak sekitar 2 detikan dan Leclerc. Pada lap ke 25, Leclerc akhirnya masuk pit stop untuk mengganti ban ke tipe Hard dan sekarang berada dibelakang Hamilton dan Sainz. 2 Lap setelahnya, Verstappen juga masuk pit stop lagi untuk mengganti ban ke jenis yang sama.

Pada lap ke 31, giliran Hamilton yang masuk pit stop juga untuk mengganti ke ban Hard dan menemukan bahwa ia mendaptkan masalah getaran setelah pit stop dan masuk pit lagi 2 lap setelahnya. Pada lap ke 40, Esteban Ocon harus mengakhiri balapannya karena masalah pada mobilnya. Alhasil Safety Car masuk ke lintasan.

Pada periode ini, sebagian besar pembalap, kecuali Charles Leclerc masuk pit stop untuk mengganti ke ban Soft. Sedangkan Leclerc masih bertahan dengan ban Hard. Balapan kembali dilanjutkan pada lap ke 43 dimana setelah restart, Carlos Sainz yang menggunakan ban Soft yang lebih cepat berhasil menyalip Leclerc dan mengambil alih pimpinan lomba.

Berlangsung Dramatis, Carlos Sainz Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Inggris 2022

Leclerc sendiri akhirnya harus terlibat persaingan seru dengan Sergio Perez, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso pada 5 lap menjelang finish. Aksi saling menyalip diantara mereka menciptakan duel yang seru. Pada akhirnya Sergio Perez berhasil mengambil alih posisi kedua dan Lewis Hamilton juga berhasil menyalip Leclerc yang tetap menggunakan ban Hard.

Hingga akhir balapan, Carlos Sainz tidak terkejar hingga finish dan membuat dirinya akhirnya merasakan menjadi pemenang balapan F1 untuk pertama kalinya. Anak dari mantan juara dunia reli Carlos Sainz Sr ini harus menunggu hingga 150 balapan dan 7 tahun lamanya untuk bisa meraih kemenangan perdananya di F1.

Posisi kedua ditempati Sergio Perez disusul Lewis Hamilton yang melengkapi podium. Charles Leclerc harus puas finish diposisi keempat didepan Fernando Alonso. Dibelakangnya ada Lando Norris yang finish diposisi keenam dibalapan kandangnya, disusul oleh Max Verstappen yang harus puas finish diposisi 7 setelah melalui duel dengan Mick Schumacher. Dengan finish di posisi 8 membuat Mick untuk pertama kalinya berhasil meraih poin di balapan F1.

Berlangsung Dramatis, Carlos Sainz Keluar Sebagai Pemenang F1 GP Inggris 2022

Peraih Podium F1 GP Inggris 2022

Melengkapi posisi 10 besar ada Sebastian Vettel (Aston Martin) dan Kevin Magnussen (Haas). Untuk klasmen sementara Verstappen masih berada diposisi puncak klasmen disusul rekan setimnya Sergio Perez, dan Charles Leclerc yang masih tertahan diposisi 3 klasmen. Carlos Sainz meraih kemenangan dibalapan kali ini naik keposisi 4 setelah George Russell gagal finish.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di GP Austria pada akhir pekan ini di Sirkuit Red Bull Ring. Seri GP Austria ini direncanakan juga akan menggelar balapan Sprint Race dari rencana 3 seri balapan diadakannya balapan Sprint Race tersebut.

Sumber Gambar: Motorsport.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Balapan GP Prancis di Sirkuit Paul Richard akhir pekan ini merupakan balapan kedua terakhir sebelum libur pertengahan musim selama kurang lebih sebulan. Autos.id –...

Balap

Ini merupakan kemenangan ketiga Charles Leclerc dimusim ini serta merupakan kemenangan pertama yang ia dapatkan bukan saat meraih Pole Position. Autos.id – Setelah lama...

Balap

Balapan GP Austria di akhir pekan ini merupakan balapan kedua dari total 4 lomba F1 yang akan dilaksanakan selama bulan Juli ini. Autos.id –...

Balap

Balapan GP Inggris merupakan balapan pertama dari 4 balapan F1 musim 2022 selama bulan Juli sebelum libur musim panas dibulan Agustus. Autos.id – Setelah...