Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Pertamina Lubricant, Produk Lokal Kualitas Internasional

Last updated on 5 Desember, 2022

Pelumas Pertamina saat ini sudah di ekspor ke puluhan negara di dunia

Jakarta, Autos.id  –  Sebagai market leader, PT Pertamina Lubricants berkomitmen untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan industri pelumas melalui teknologi dan inovasi yang menyesuaikan melalui dengan perubahan iklim bisnis, teknologi, dan industri dunia yang memasuki era industri 4.0. Sejak tahun 1957, Pertamina sudah memproduksi pelumas dalam bentuk lithos dan curah kepada konsumen Indonesia.

Tentunya, pada waktu tersebut sampai sekarang pun, kualitas menjadi komponen nomor satu dalam setiap pembuatan pelumas Pertamina, yang pastinya sudah memenuhi standar dan mutu internasional dan telah di akui oleh institusi dan pabrikan mobil dan mesin dunia.

PT Pertamina Lubricants didirikan pada 23 September 2013, merupakan anak perusahaan Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri, produk specialites, dan special chemicals, untuk pasar domestik dan internasional.

Dalam sehari Pertamina Lubricants apat memproduki ribuan botol pelumas 1 liter

PT Pertamina Lubricants memiliki tiga unit produksi di Indonesia yaitu Production Unit Jakarta, Production Unit Cilacap, dan Production Unit Gresik; serta satu unit pabrik di Thailand yang dioperasikan anak perusahaan: Pertamina Lubricants Thailand Co.Ltd. Perusahaan mengoperasikan kantor perwakilan/kantor pemasaran di mancanegara yakni di Australia.

Untuk memastikan adanya pasokan pelumas ke seluruh konsumen di Indonesia, PT Pertamina Lubricants mengoperasikan 3 Depot Supply Point (DSP) utama di Jakarta, Cilacap dan Surabaya dan 22 DSP lainnya dengan tujuan untuk memastikan pasokan produk di seluruh Indonesia.

PT Pertamina Lubricants juga memiliki tujuh kantor pemasaran (Sales Region) yang bertempat di Medan, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.

Sudah siap dalam kardus, pelumas dikirim ke gudang pertamina

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo menjelaskan, perusahaannya saat ini memiliki produk unggulan berkualitas dunia untuk segmen otomotif antara lain FASTRON (mobil), ENDURO (motor) dan MEDITRAN (bis dan truck/Kendaraan Niaga).

“Sedangkan, untuk segmen industri, PT Pertamina Lubricants memiliki brand unggulan untuk berbagai kebutuhan mesin-mesin dan alat berat sektor industri seperti MEDITRAN (engine oil), MEDRIPAL (marine engine oil), TURALIK (hydraulic oil), dan RORED (automotive gear oil),” imbuhnya kepada media saat melakukan kunjungan pabrik Pertamina Lubricants di Jakarta Utara beberapa waktu yang lalu.

Pertamina Lubricants saat ini juga menjadi market leader di pasar domestik. Berdasarkan benchmark perusahaan sejenis untuk tahun 2021, produk pelumas PT Pertamina Lubricants menguasai 35% pangsa pasar pelumas domestik.

Pelumas yang sudah diproduksi melalui proses quality control agar produk benar-benar berkualitas

Bagaimana tidak, Pertamina Lubricants memiiliki pabrik pelumas yang teintergrasi dengan fasilitas Lube Oil Blending Plant (LOBP), Viscosity modifier plant (VM) plant dan Grease plant. Seluruh sarana fasilitas produksi yang digunakan berteknologi canggih dan full automation.

Fasilitas produksi LOBP PUJ diantaranya terdiri dari Lube Oil Blending Plant dengan kapasitas 270 juta liter per tahun, Grease Plant dengan kapasitas 8.000 MT per tahun, dan Viscosity Modifier Plant berkapasitas 14 juta liter per tahun.

Rifqi menambahkan Teknologi canggih dan modern yang digunakan antara lain Automatic Batch Blending, In-Line Blending, Simultaneous Blending, Pigging System, Drum Decanting Unit (DDU), Automatic Piggable Manifold, serta didukung oleh Full Automated Filling Machine untuk lithos, drum dan bulk filling. Dengan menggunakan teknologi modern, maka berdampak positif kepada tingkat akurasi product blending yang tinggi.

Belasan media baik lokal maupun nasional berkesempatan melihat secara langsung proses pembuatan pelumas

“Dengan standar pabrik internasional, jadi bisa kami katakan, walapun Pertamina Lubricants produk lokal namun berkualitas internasional. Karena kami sudah meng-ekspor pelumas Pertamina ke puluhan negara di dunia,” pungas Rifky.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 9 Desember, 2022 Pertamina Spreeze ini merupakan hasil inovasi anak bangsa Jakarta, Autos.id  –  Setelah melalui riset dan pengembangan produk antara...

Aksesoris

Last updated on 28 April, 2022 Kegiatan “Yuk! Berbagi itu Indah” tahun ini merupakan kali ketiga setelah diluncurkan pertama kali pada tahun 2020 dan...

Berita Otomotif

Selain sudah diakui kualitas pelumasnya, Pertamina Lubricants juga menjadi penyedia lubricants solution lainnya Jakarta, Autos.id  –  Sudah cukup lama, saat pertama kali Pertamina lubricants...

Berita Otomotif

Last updated on 13 April, 2020 Pertamina menyediakan belasan wastafel untuk cuci tangan dan juga memberi bantuan desinfektan. Jakarta, Autos.id   – PT Pertamina Lubricants,...