Aksesoris

Motor dengan Fitur ISS Kudu Pakai Busi Khusus

MR9C-9N

Busi NGK MR9C-9N diklaim sanggup memberikan pasokan kebutuhan kelistrikan pada mesin motor modern yang sudah mengadopsi fitur ISS.

Jakarta, Autos.id – Beberapa sepeda motor di Indonesia sudah mengadopsi fitur auto start/stop system. Fitur ini memungkinkan mesin motor mati sesaat ketika tuas rem ditarik untuk beberapa detik.

Penamaan fitur ini pun beragam, misalnya Honda yang menamakannya dengan Idling Stop System (ISS). Fitur ISS sudah diterapkan pada beberapa motor Honda di Indonesia seperti Honda Vario Techno.

“Untuk mesin yang berkapasitas 110 cc diklaim fitur ISS mampu menyumbang efisiensi bahan bakar hingga 7% dari versi Non ISS”

Untuk mesin yang berkapasitas 110 cc diklaim fitur ISS mampu menyumbang efisiensi bahan bakar hingga 7% dari versi Non ISS. Dari segi komponen, adanya fitur terbaru ini juga akan membuat komponen mesin lebih awet dan ramah lingkungan.

MR9C-9N

ISS Bikin Konsumsi BBM Makin Irit

Namun dibalik ketangguhan mesin Honda tersebut terdapat kontribusi komponen kecil yang di sematkan ke dalam ruang bakar, yaitu Busi NGK MR9C-9N. Busi MR9C-9N ini adalah teknologi terbaru dari NGK yang dibuat khusus untuk menyesuaikan permintaan teknologi dari Honda yang mengusung fitur ISS.

Busi MR9C-9N ini adalah generasi terbaru dari tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 dengan beberapa improvement yang disematkan kepada busi tersebut. Konsen improvement yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda dan diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang di akibatkan dari proses pembakaran.

Pada tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9 nikel yang digunakan adalah nikel berjenis standar sehingga durability yang tercapai tidak sebagus tipe terbaru (MR9C-9N). Nikel jenis baru ini mengalami sedikit perubahan dengan memperkecil diameternya dengan harapan proses transfer kelistrikan antar elektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

MR9C-9N

Butuh Busi yang Sesuai Kebutuhan Mesin

MR9C-9N memiliki elektroda ground yang bersudut dengan bentuk semi silindris dibandingkan dengan tipe sebelumnya yaitu berbentuk kotak. Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan yang terjadi pada saat busi melahirkan percikan api diantara kedua elektrodanya, sehingga api yang dihasilkan lebih efektif dalam proses penyebarannya dibandingkan dengan tipe sebelumnya.

Selain pada Honda Vario dan Beat, busi NGK dengan tipe MR9C-9N ini juga sudah disematkan langsung dari pabrik pada sebagian motor Honda seperti CBR 150 maupun Scoopy.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top