Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Michelin Persiapkan 1.200 Ban Untuk Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Michelin Akan Mempersiapkan 1.200 Ban Untuk Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Sekitar 1.200 ban yang akan dipersiapkan Michelin untuk MotoGP ini bisa digunakan tim dan pembalap selama gelaran GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Autos.id – Seri MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat tanggal 18-20 Maret 2022, tinggal menghitung hari. Segala persiapan mulai dari logistik tim yang sudah mulai berdatangan ke Mandalika serta perampungan pengaspalan ulang sirkuit juga sudah dilakukan. Tidak ketinggalan,, pemasok ban untuk balapan MotoGP, Michelin juga sudah mempersiapkan ban yang akan digunakan para pemabalap untuk balapan nanti.

Michelin akan mempersiapkan sekitar 1.200 ban untuk seluruh tim dan pembalap selama 3 hari event MotoGP Indonesia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika tersebut.

Rincian Pembagian Komponen Ban

Dalam rilis resminya, pihak pemasok ban Michelin menyebut bahwa mulai musim ini mereka menyederhanakan pilihan ban untuk gelaran MotoGP musim ini. Michelin hanya akan menyediakan 30 macam spesifikasi ban dari sebelumnya 41 yang bisa pembalap gunakan disetiap seri balap MotoGP. Keputusan ini diambil pemasok ban asal Prancis tersebut sudah melalui diskusi yang panjang dengan tim serta pembalap.

Michelin Akan Mempersiapkan 1.200 Ban Untuk Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Selain itu Michelin juga beralasan bahwa penyederhanaan jumlah ban ini agar tetap mempertahankan tingkat performa seperti musim 2021. Pierre Taramasso, Michellin Two Wheels Motorsport Manager dalam rilis resminya juga menyeut bahwa tim teknis mereka bekerja sama dengan para pembalap dalam pemilihan ban yang bisa multifungsi serta mengeliminasi ban-ban yang terlalu spesifik yang justru akan menyulitkan pembalap dalam menentukan komposisi ban.

“Penyederhanaan jumlah komponen ban ini juga membantu mengurangi dampak lingkungan yang buruk. Karena ban menggunakan bahan baku karet yang sangat boros, sehingga penting bagi kami untuk mengurangi jumlah produksi ban. Nantinya ban-ban tersebut juga akan disimpan dan didaur ulang untuk kebutuhan ramah lingkungan tersebut”, tambah Piero.

Untuk musim 2022 ini, Michelin mempersiapkan 1.200 ban di setiap serinya termasuk juga seri GP Indonesia ini. Nantinya setiap pembalap akan mendapatkan 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan serta 13 ban belakang. Nantinya setiap pembalap hanya diizinkan menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang selama race weekend berlangsung sejak sesi Latihan bebas dimulai dihari Jumat.

Tetapi setiap pembalap hanya diperbolehkan menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang. Artinya para pembalap hanya diperbolehkan menggunakan setidaknya 22 komponen ban selama race weekend berlangsung mulai dari sesi latihan bebas, kualifikasi, serta balapan utama dihari Minggunya.

Michelin Akan Mempersiapkan 1.200 Ban Untuk Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Nantinya setiap pembalap dibebaskan dalam menyusun setiap komposisi ban sesuai kebutuhan pembalap. Untuk rinciannya, ban depan yang bisa dipilih yaitu masing-masing 5 ban Soft, Medium, serta Hard. Sedangkan untuk ban belakang, komposisi ban yang bisa dipilih oleh pembalap yaitu 6 ban Soft, 4 ban Medium, serta 3 ban Hard.

Untuk para pembalap yang lolos ke Q2 melalui ssi Q1, akan mendapatkan tambahan 1 ban depan yang bisa mereka pilih dari 3 spesifikasi Soft, Medium, atau Hard tersebut. Sementara ketika berlangsung cuaca hujan, para pembalap mendapat alokasi 15 ban hujan dengan rincian 7 ban depan dan 8 ban belakang. Nantinya ban basah yang bisa pembalap pakai maksimal yaitu 6 ban depan serta 7 ban belakang.

Bila berkaca pada tes pramusim di Mandalika bulan Februari lalu, Michelin juga mempersilahkan para pembalap dan tim dalam menguji setiap spesifikasi ban yang digunakan. Nantinya hasil pengujian serta evaluasi yang sudah dilakukan setiap tim dan pembalap akan menjadi bahan pertimbangan Michelin dalam membawa spesifikasi ban yang cocok untuk balapan di Sirkuit Mandalika tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Tim Aprilia Racing kembali memimpin dalam Klasemen Kejuaraan Tim MotoGP Belanda, Autos.id  –  Hari yang cerah bagi Aprilia Racing di Assen selama putaran kesebelas...

Balap

Dengan raihan podium keempat secara berturut-turut, memperkuat posisi Aleix Espargaro dari Tim Aprilia di posisi kedua urutan kejuaraan Autos.id – Hari ujian di Sirkuit...

Balap

Balapan MotoGP italia akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Mugello yang terkenal merupakan salah satu balapan kandang dari legenda MotoGP, Valentino Rossi. Autos.id ...

Balap

Last updated on 17 Mei, 2022 Federal Oil memberikan pujian kepada Enea Bastianini yang meraih Podium 1 di GP Prancis Jakarta, Autos.id  –  Pembalap...