Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Goodyear Selesaikan Pengujian Ban Tanpa Angin Sejauh 120 Ribu Km

Goodyear Menyelesaikan Pengujian Ban Tanpa Angin Sejauh 120 Ribu Km

Ban tanpa angin dari Goodyear ini diklaim memiliki ketahanan serta perawatan yang sangat baik dibandingkan ban konvensional.

Autos.id – Salah satu produsen ban terkemuka asal Amerika Serikat, Goodyear baru-baru ini membuat sebuah inovasi seputar teknologi ban. Mereka baru saja menyelesaikan pengujian ban tanpa angin yang diklaim jauh lebih canggih daripada penggunaan ban Run Flat Tire sekalipun.

Pengujian yang dilakukan oleh Goodyear ini ditempuh sejauh 120 ribu Km dengan kecepatan rata-rata hingga 100 km/jam.

Goodyear Menyelesaikan Pengujian Ban Tanpa Angin Sejauh 120 Ribu Km

Pengujian Ban Tanpa Angin

Seperti yang dilansir Motir Authority, pengembangan yang dilakukan oleh Goodyear ini sudah melewati berbagai ujian. Ujian yang dihadapi diantaranya adalah mulai dari iklim yang panas terik hingga iklim jalanan bersalju dengan suhu udara dingin ekstrim. Dalam pengetesan kali ini, Goodyear menggunakan Tesla Model 3 sebagai mobil pengujinya.

Dalam pengujian yang berlangsung di Eropa tersebut, ban tidak diisi sama sekali dengan angin. Komponen ban yang digunakan tersebut juga dipadukan dengan velg berdesain jari-jari banyak yang membuat ban bisa tetap kokoh dan masih bisa berjalan secara normal tanpa ada masalah.

Dalam rilis resminya, Goodyear menyebut bahwa ban tanpa angin tersebut dinamakan sebagai Non-Pneumatik atau NPT. Ban ini mereka klaim memiliki persyaratan serta perawatan yang jauh lebih mudah dengan biaya perawatan yang juga jauh lebih terjangkau dibandingkan ban konvensional.

Goodyear Menyelesaikan Pengujian Ban Tanpa Angin Sejauh 120 Ribu Km

Pemimpin penelitian dari Goodyear, Michael Rachita menyebut bahwa keunggulan lainnya ban tanpa angin yang mereka buat diklaim anti bocor. Selain itu menurut Rachita, ban ini tidak perlu memeriksa dan menyesuaikan tekanan udara sehingga bobot mobil menjadi lebih ringan dan halus saat mobil dijalankan. Selain itu ban ini juga jauh lebih ramah lingkungan an lebih tahan lama.

Rachita juga menyebut bahwa ban tanpa angin ini juga diklaim mampu menopang berbagai jenis kendaraan bahkan hingga kendaraan berat sekalipun. Lebih lanjut, Goodyear menyebut bahwa penggunaan ban tanpa angin ini selain bisa digunakan untuk kendaraan pribadi juga bisa digunakan untuk angkutan masal dengan teknologi menyetir sendiri.

Saat ini Goodyear terus mempersiapkan pengurusan legalitas dan regulasi untuk bisa mendapatkan persetujuan dari Departemen Transportasi Amerika Serikat. Selain itu karena ini adalah teknologi baru membuat perlatan dan pengembangan dengan biaya yang tergolong lebih besar.

Karena masih dalam proses legalitas tersebut, Goodyear juga belum menentukan kapan ban ini akan segera di produksi dan jual kepada masyarakat atau menjadi ban standar dari mobil-mobil keluaran terbaru. Namun rencananya pihak Goodyear akan segera memperkenalkan ban ini paling tidak di awal tahun depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Goodyear akan bergabung dengan General Motors dan Lockhead Martin dalam pengembangan kendaraan khusus di bulan untuk NASA. Autos.id – Sebuah inovasi menarik akan dihadirkan...

Berita Otomotif

Recall ban dari Goodyear ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA). Autos.id – Recall atau penarikan unit kembali...

Aksesoris

Goodyear mengembangkan jejaring solusi untuk menurunkan angka kecelakaan di jalan raya disebabkan kendaraan angkutan logistik. Data 2018, kecelakaan truk dan bus adalah tiga terbesar...

Aksesoris

Last updated on 5 April, 2021 Proposal yang diberikan mahasiswa tawarkan kontribusi solusi mobilitas Ohio, Autos.id  – Goodyear Innovation Challenge ke-5 tahun ini menghasilkan...