Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Bridgsestone-Firestone Memamerkan Teknologi Ban Dari Semak Gurun

Bridgsestone-Firestone Memamerkan Teknologi Ban Dari Semak Gurun

Nantinya selain akan digunakan untuk kebutuhan balapan IndyCar, ban dari teknologu semak gurun ini juga diproyeksikan bisa digunakan untuk kebutuhan konsumen umum.

Autos.id – Baru-baru ini, pembuat ban terkemuka Bridgsetone melalui anak perusahaannya di Amerika Serikat, Firestone meluncurkan sebuag teknologi ban terbaru. Tidak tanggung-tanggung, Bridgsetone bersama Firestone menciptakan teknologi ban yang semuanya menggunakan bahan dari tanaman semak gurun berkayu yang tumbuh dikawasan barat daya Amerika Serikat dan Meksiko.

Ban kerjasama Bridgsetone dan Firestone ini akan dipersiapakan untuk digunakan di berbagai ajang balap terkemuka seperti di Indy Car.

Bridgsestone-Firestone Memamerkan Teknologi Ban Dari Semak Gurun

Ban Yang Lebih Ramah Lingkungan

Seperti yang dilansir oleh WKRN, Director of Race Tire Engineering and Manufacturing dari Firestone, Cara Krstolic menyebut penggunaan bahan dari tanaman semak gurun ini mampu mengekstraksi karet alam. Selain itu Krsolic menyebut bahwa dalam proses produksi ban yang satu ini sudah melalui proses yang sangat panjang dengan persiapan yang matang.

Dalam proses produksi ban ini, ia menyebut bahwa ban ini dilengkapi dengan karet guayule 100% yang ada pada dinding samping ban/ “Karet Guayule ini bukanlah sebuah karet hevea konvensional yang biasanya tumbuh di Asia Tenggara. Bahan yang kami gunakan ini berasal dari semak gurun dengan penggunaan karet yang lebih disempurnakan lagi”, ujar Krstolic.

Karet Guayule ini merupakan sumber karet alam domestik yang memiliki sifat yang lebih mudah diperbaharui atau berkelanjutan. Produk ban yang diproduksi ini diberi nama Firestone Firehawk yang diperuntukan untuk kebutuhan balapan. Ban ini sendiri sudah digunakan pada seri Indycar Music City Grand Prix pada 7 Agustus silam.

Bridgsestone-Firestone Memamerkan Teknologi Ban Dari Semak Gurun

Krstolic menyebut ban ini mampu berjalan hingga 180 mph dengan kondisi aspal dan lintasan yang panas. Ia menyebut dengan balapan Indy Car yang memungkinkan terjadinya kontak antara roda ke roda membuat penggunaan karet di dinding samping ini harus melindungi ban dengan sebaik mungkin.

Nantinya selain akan digunakan untuk ajang balap IndyCar, ban Bridgstone-Firestone yang menggunakan bahan semak gurun ini juga ditargetkan bisa digunakan untuk konsumen umum. Lebih lanjut lagi, Bridgstone dan Firestone menargetkan pada tahun 2050 mendatang, ban-ban yang mereka produksi nanti akan menggunakan 100% bahan terbarukan pada tahun 2050 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Aksesoris

Bridgestone ECOPIA EP150 dipilih Toyota Agya dan Daihatsu Ayla untuk menjadi ban resminya. Ban ini efisien dan tahan lama untuk mendukung performa mobil. Jakarta,...

Aksesoris

Ohio, Autos.id – Peneliti dari The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) melakukan inovasi terbaru dalam mengolah senyawa karet berbasis kedelai yang dapat menjaga...