Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

7 Rekomendasi Jaket Motor Harian Anti Angin di Tahun 2023

Ilustrasi jaket motor.
Ilustrasi jaket motor. (Sumber: Pixabay)

Last updated on 17 Juli, 2023

Autos.id – Saat Anda bepergian dengan sepeda motor, mengenakan jaket sangat perlu untuk melindungi tubuh Anda dari terpaan angin. Selain itu, jaket motor juga dapat mengurangi risiko luka pada tubuh seandainya terjadi kecelakaan. Kami telah merangkum rekomendasi jaket motor harian terbaik, dari yang tahan angin, tahan air, sampai yang bisa meningkatkan kegantengan Anda.

Tips Memilih Jaket Motor

Ada beberapa tips berguna dalam memilih jaket motor, seperti:

  • Proteksi: Pastikan jaket motor dilengkapi dengan perlindungan yang memadai, seperti proteksi bahu, siku, dan punggung. Pilih jaket yang bahan kainnya tahan lama dan bisa melindungi tubuh ketika terjadi benturan atau jatuh.
  • Bahan dan Kualitas: Pastikan bahan jaket motornya berkualitas tinggi, misalnya yang behannya kulit atau sintetis yang tahan angin dan air. Periksa jahitan pada jaketnya, apakah kuat dan rapi untuk menjamin ketahanan dan keawetan jaket.
  • Sesuaikan dengan Cuaca: Pilihlah jaket motor yang sesuai dengan kondisi cuaca di daerah Anda. Untuk cuaca hangat, jaket dengan ventilasi atau bahan yang lebih ringan dapat menjadi pilihan. Sementara itu, untuk cuaca dingin, pilihlah jaket yang memiliki lapisan isolasi atau dapat dipasangkan dengan liner tambahan.
  • Kenyamanan: Pilih jaket motor yang ukurannya sesuai dengan tubuh Anda agar nyaman saat dikenakan. Biasanya jaket berkualitas tinggi bisa disesuaikan atau diatur kekencangnya.
  • Visibilitas: Sangat direkomendasikan memilih jaket dengan warna terang atau ada aksen reflektif (biasanya ada di bagian belakang). Ini gunanya agar pengendara lain bisa melihat Anda secara jelas ketika malam hari.
  • Gaya dan Keinginan Pribadi: Pilihlah jaket motor yang menurut Anda keren dan cocok. Coba kenakan, dan bayangkan apakah jaketnya serasi ketika Anda kenakan di atas motor.
  • Baca Ulasan dan Pendapat Pengguna: Kalau Anda mau beli jaket secara online, ini penting sekali. Pastikan untuk membaca dulu ulasan para pembeli. Terkadang gambar bisa mengecoh. Di gambar sepertinya bagus, tapi setelah sampai di tangan ternyata kualitasnya jelek.

 

Rekomendasi Jaket Motor Harian

1.Respiro (VENOZ TR1.3)

Harga: Rp440.000

Respiro (VENOZ TR1.3).

Respiro (VENOZ TR1.3). (Sumber: Respiro)

Kelebihan:

  • Dilengkapi straps pada bagian pergelangan tangan untuk mencegah masuknya air atau angin.

Kekurangan:

  • Kemampuan anti-airnya cocok hanya untuk hujan dengan intensitas rendah.

Jaket ini cocok bagi yang naik motor untuk pergi bekerja harian. Jaket ini diklaim sebagai anti air dan anti angin, sehingga dapat menjaga tubuh tetap hangat selama berkendara. Anti air di sini artinya bukan untuk berenang, ya. Tapi setidaknya tahan untuk dipakai di hujan ringan. Namun, saat hujan deras, disarankan untuk tetap menggunakan jas hujan.

Bagaimana dengan cuaca panas? Jangan khawatir, karena Respiro telah dilengkapi dengan ventilasi udara yang dapat diatur sesuai kebutuhan, sehingga tubuh tetap terasa nyaman. Jadi, jaket ini bukan cuma anti-air dan anti-angin, tetapi juga tahan panas.

Baca juga: 7 Rekomendasi Masker Motor Paling Bagus

2.Galfinc (Jaket Motor dengan Kerah)

Harga: Rp200.000

Galfinc.

Galfinc. (Sumber: Shopee)

Kelebihan:

  • Bahan kulit Oscar yang mudah dibersihkan dan lembut.

Kekurangan:

  • Potongan yang ketat mungkin tidak cocok untuk orang dengan tubuh besar.

Fungsi utama jaket motor adalah melindungi tubuh dari angin dan tetesan air hujan. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin terlihat keren saat mengendarai motor. Nah, salah satu rekomendasi produknya adalah jaket kulit ini.

Kombinasi warna hitam dengan ritsleting warna perak membuat jaket terlihat lebih modis, dengan potongan yang mengerucut dan tapi juga tidak terlalu panjang. Tambahan aksen kerah dan belt saver juga membuat pemakainya kelihatan makin “ganteng”. Di sisi lain, belt saver akan memudahkan Anda dalam mengatur kekencangan di bagian bawah jaket. Untuk dipakai sehari-hari, jaket ini bisa jadi opsi yang layak dipertimbangkan.

3.Nookly (Jaket Motor Pria James Harrington)

Harga: Rp339.000

Nookly.

Nookly. (Sumber: Nookly)

Kelebihan:

  • Bahan katun vale yang lembut dan tidak mudah kusut serta pudar.

Kekurangan:

  • Saku hanya ditutup flap dengan kancing sehingga barang bawaan masih berisiko terjatuh.

Ada jaket motor yang tidak cocok untuk digunakan saat bersantai, baik karena bahan atau desainnya yang relatif kaku. Namun, jika Anda butuh jaket yang dapat menjadi pelengkap gaya berpakaian saat bersantai, jaket dari Nookly bisa menjadi pertimbangan.

Desainnya yang trendi dengan berbagai pilihan warna, membuat Anda tidak perlu melepasnya saat tiba di tempat bersantai, misalnya di tempat nongkrong, atau jalan-jalan ke mall. Untuk segi kualitas, bahan jaket ini terkenal tidak mudah kusut dan pudar. Teksturnya juga lembut, sehingga nyaman saat digunakan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik untuk Para Biker di Tahun 2023

4.Ereste269 (Jaket Anti Angin Windshield 1.0)

Harga: Rp289.000

Ereste269.

Ereste269. (Sumber: Lazada)

Kelebihan:

  • Jaket ini dilengkapi dengan rib di bagian pergelangan tangan dan adjuster di bagian bawah untuk mengurangi masuknya air.
  • Glow in the dark scotlight membuat Anda terlihat dengan mudah saat kondisi gelap.

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan bahwa ukuran bagian bawahnya terasa kecil.

Kemampuan jaket ini dalam melindungi dari angin tidak diragukan lagi. Bagian pergelangan tangan diperkuat dengan rib tambahan untuk mengurangi masuknya angin.

Selain itu, jaket ini juga memiliki adjuster di bagian bawahnya, berbeda dengan produk sebelumnya yang hanya memiliki adjuster di hoodie. Inovasi ini membantu mencegah angin masuk melalui bagian bawah jaket.

Dengan desain yang sporty, jaket motor harian ini cocok digunakan baik di daerah pegunungan maupun perkotaan. Jaket motor ini juga dilengkapi dengan dua saku tersembunyi di bagian dalam. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan barang-barang penting seperti smartphone atau dompet dengan lebih aman.

5.Moskav. (Denim Trucker Sherpa Jacket)

Harga: Rp480.000

Moskav.

Moskav. (Sumber: Moskav)

Kelebihan:

  • Menggunakan kancing snap yang mudah dilepas pasang.

Kekurangan:

  • Jaket riding motor ini hanya bisa dibersihkan dengan cara dry cleaning.

Mengendarai sepeda motor pada hari Minggu pagi atau yang sering disebut sunmori memang menyenangkan. Anda dapat menikmati udara segar di pagi hari saat melewati jalan yang cenderung sepi. Agar kegiatan sunmori dengan teman lebih menyenangkan dan tidak terganggu oleh udara dingin, Anda dapat mengenakan jaket sherpa ini.

Jaket sherpa ini memiliki lapisan bulu di bagian leher dan bagian depannya, sehingga mengurangi udara yang masuk ke dalam jaket. Jaket ini juga dapat digunakan setelah hujan. Namun, perlu diingat untuk membersihkannya secara teratur agar debu dan kotoran tidak menumpuk di area sherpa.

6.Dainese (Super Rider D-DRY)

Harga: Rp1.299.999

Dainese.

Dainese. (Sumber: Dainese)

Kelebihan:

  • Leher, pergelangan tangan, dan pinggang dapat disesuaikan berkat adanya kancing dan straps.

Kekurangan:

  • Protector aluminium lebih mudah tergores.

Bagi Anda yang sering mengendarai sepeda motor sport dengan kecepatan tinggi, produk ini patut dipertimbangkan. Jaket ini dilengkapi dengan lapisan aluminium pada beberapa bagian. Meskipun terlihat kaku, lapisan ini memberikan perlindungan maksimal saat Anda mengalami kecelakaan.

Bahan logam seperti aluminium memang meninggalkan bekas goresan yang jelas jika terjadi kecelakaan. Namun, dibandingkan dengan pelindung plastik, protector aluminium dapat mengurangi risiko tubuh terbalik atau terguling saat kecelakaan. Hal ini membantu meminimalkan risiko cedera yang lebih serius.

Baca juga: 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik di Tahun 2023

7.Rumah Jaket Kulit (Jaket Kulit Asli)

Harga: Rp1.100.000

Jaket motor harian

Rumah Jaket Kulit. (Sumber: Shopee)

Kelebihan:

  • Bahannya diklaim tahan api dan tahan angin.

Kekurangan:

  • Jaket hanya bisa dibersihkan menggunakan lap kering.

Jaket kulit domba ini diproduksi secara manual oleh pengrajin lokal. Meskipun demikian, kualitasnya tidak kalah dengan produk lain. Dengan ketebalan 0,8 mm, jaket kulit ini memberikan rasa lembut dan nyaman saat digunakan.

Di sisi lain, desain jaket yang simpel dan dipadukan dengan dua pilihan warna netral memberikan kesan klasik dan khas. Buat para pria, jaket harian ini bakal membuat Anda kelihatan ganteng maksimal, dan cocok untuk yang ingin tampil keren saat naik motor gede atau motor klasik favorit mereka.

Baca juga: 5 Rekomendasi Helm Modular Terbaik di Tahun 2023

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Sekarang ada banyak mobil keluarga murah di bawah Rp100 juta, terutama mobil bekas. Autos.id – Mobil keluarga adalah kendaraan berukuran sedang atau besar yang...

Daftar Harga Motor

Motor listrik sedang gencar dipasarkan di Indonesia, namun merk atau model apa saja yang di bawah Rp20 juta? Autos.id – Motor listrik semakin diminati...

Aksesoris

Cuaca di awal tahun 2024 sedang tidak menentu, di mana jas hujan menjadi ‘senjata’ untuk para pemotor. Autos.id – Jangan bingung jika terjebak hujan...

Berita Otomotif

Bagi pemilik bisnis yang butuh kendaraan operasional, tentu saja pick up irit BBM jadi pilihan utama. Autos.id – Mobil pick up menjadi pilihan utama...

error: Content is protected !!