Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mengenal VW Combi, Harga Bekasnya Tinggi!

VW Kombi.
VW Kombi. (Sumber: Mobil Motor Lama)

Last updated on 6 Juli, 2023

VW Combi adalah salah satu jenis mobil Eropa yang menjadi primadona di Indonesia saat masa keemasan.

Autos.id – Jika kita berbicara tentang Volkswagen (VW), pasti akan teringat pada dua model legendarisnya yaitu VW Beetle (kodok) dan VW Combi. Tentu saja, kedua mobil ini adalah senjata andalan dari pabrikan Jerman tersebut untuk sukses dalam industri otomotif dunia.

Volkswagen Combi adalah asal muasal dari mobil van modern untuk pengangkutan barang atau penumpang saat ini.

Sejarah VW Combi

Jika kita membicarakan sejarah VW Combi, mobil jenis ini awalnya berkode VW Type 2, mengikuti VW Beetle yang diberi kode VW Type 1.

Mobil ini terkenal dengan nama resmi Transporter atau Combi (Kombinationskraftwagen), merupakan sebuah mobil van yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1950. Mobil ini pertama kali menjadi model kedua VW setelah keberhasilan model sebelumnya, VW Beetle, di pasar.

Asal mula ide Combi VW ini berasal dari importir mobil VW Belanda, Ben Pon. Pada tahun 1947, Ben terinspirasi oleh troli bermotor yang ada di pabrik-pabrik. Kemudian, Ben membayangkan sebuah mobil berbentuk kotak yang memiliki ruang lega untuk mengangkut barang seperti troli.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Ben membuat sketsa menggunakan sasis VW Beetle dan pada 8 Maret 1949, mobil ini pertama kali ditampilkan di Jenewa Motor Show. Pihak VW kemudian memperbaiki desain dan memasukkan mobil ini ke jalur produksi.

Pada akhir tahun 1967, Volkswagen memperkenalkan generasi kedua dari Combi. Model ini diproduksi di Jerman hingga tahun 1979 dan di Meksiko hingga tahun 1994. Model sebelum tahun 1971 disebut T2a dan setelah tahun 1979 disebut T2b.

Dalam pasar Amerika Serikat, Volkswagen Combi beradu dengan mobil seperti Ford Econoline, Dodge A100, dan Corvair 95 Corvan. Sementara di pasar Eropa, Combi berkompetisi dengan Renault Estafette dan Ford Transit.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan BMW E30 Yang Patut Diketahui

Ruang kemudi VW Kombi.

Ruang kemudi VW Combi. (Sumber: Twitter)

Varian VW Combi di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis varian VW Combi yang dijual, yaitu tipe minibus, seperti Combi dan Microbus. Ada juga varian langka seperti panel van dan pickup, baik single maupun double cabin. Varian seperti ini biasanya merupakan pesanan khusus.

Pada tahun 1970-an, pemerintah mengadakan program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KNBS) bagi distributor kendaraan bermotor, dan Volkswagen ikut serta dengan menghadirkan VW Mitra pickup.

Untuk jenis Combi, yang juga dikenal dengan sebutan T2, lebih ditujukan untuk barang, meskipun juga bisa digunakan sebagai mobil penumpang. Interior tidak memiliki pembatas antar kabin, dan memiliki 2 buah kursi depan terpisah.

Sedangkan Microbus tujukan sebagai mobil penumpang, dengan interior memiliki pembatas antar kabin dan kursi depan memanjang model bench seat. Jalur ventilasi udara juga lebih panjang dan lengkap.

Baca juga: Bisakah Pasang AC di VW Kodok? Ini Tips dan Biayanya

Harga VW Combi Bekas

Selain sebagai koleksi dengan tampilan ikonis dan nilai sejarah tinggi, banyak masyarakat Indonesia yang masih mencari Volkswagen Combi untuk keperluan usaha. Bagi yang tertarik untuk membelinya, berikut adalah estimasi harga bekas VW Combi di Indonesia dari berbagai sumber.

Spesifikasi VW Kombi.

Spesifikasi VW Combi. (Sumber: Autofun)

  • Volkswagen Combi 1974: Rp 80.000.000
  • Volkswagen Combi 1977: Rp 90.000.000
  • Volkswagen Combi 1978: Rp 139.000.000
  • Volkswagen Combi 1979: Rp 165.000.000
  • Volkswagen Combi 1980: Rp 90.000.000

*Harga adalah estimasi, dan bisa berbeda tergantung kondisi dan penawaran penjual

Baca juga: Tesla akan Buat VW Combi Jadi Mobil Listrik

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Inilah detail spesifikasi, fitur, dan harga Peugeot 2008 tahun 2024. Autos.id – Peugeot 2008 hadir dengan desain yang...

Berita Otomotif

Last updated on 15 Maret, 2024 Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T. Autos.id...

Berita Otomotif

Siap dipasarkan di Indonesia, spesifikasi Nissan Sakura EV sangat menarik dan jadi pesaing berat Wuling Air EV. Autos.id – Nissan Sakura telah resmi diluncurkan...

error: Content is protected !!