Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Servis Di Bengkel Resmi Atau Bengkel Umum? Cek Faktanya

Lebih Baik Mana Antara Servis Di Bengkel Resmi Atau Bengkel Umum? Cek Faktanya

Merawat kendaraan baik itu di bengkel resmi maupun bengkel umum, ternyata memiliki beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan servis rutin tersebut.

Autos.id – Setiap kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat perlu yang namanya perawatan atau servis rutin. Nah, bila berbicara mengenai servis kendaraan, pastinya Anda akan membawanya ke bengkel bukan? Bila berbicara mengenai bengkel, baik itu mobil maupun motor sama-sama memiliki pilihan servis antara di bengkel resmi yang memang dikelola oleh ATPM, dan bengkel umum yang dikelola oleh perseorangan.

Lebih baik mana antara melakukan servis di bengkel resmi atau bengkel umum? Autos.id akan mengungkap beberapa fakta mengenai bengkel resmi dan bengkel umum yang perlu diketahui berikut ini.

Lebih Baik Mana Antara Servis Di Bengkel Resmi Atau Bengkel Umum? Cek Faktanya

1. SOP Perawatan Yang Dilakukan

Bila berbicara mengenai servis kendaraan pastinya hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah SOP atau cara kerja dari para mekaniknya. Apabila servis di bengkel resmi, tenunya perawatan yang dilakukan akan sesuai dengan SOP brand tersebut. Karena para mekanik di bengkel resmi sudah dilatih secara langsung oleh pihak ATPM.

Sedangkan untuk bengkel-bengkel umum, memang tidak akan memiliki SOP yang terstruktur seperti halnya bengkel resmi. Namun sebenarnya juga tidak perlu khawatir apabila servis kendaraan di bengkel umum. Meskipun kembali lagi harus meriset apakah bengkel umum memiliki standar yang baik atau tidak.

2. Keaslian Suku Cadang

Ketika melakukan servis di bengkel resmi, tentu akan mendapat suku cadang asli dengan kualitas yang sudah diuji oleh produsen otomotif tersebut. Selain itu suku cadang di bengkel resmi sudah mendapat garansi resmi yang jika sampai terjadi sesuatu,tidak perlu khawatir lagi.

Bagaimana dengan suku cadang di bengkel-bengkel umum? Yah memang harus diakui bahwa mungkin saja akan mendapatkan suku cadang KW dan kualitasnya diragukan. Untuk itulah memilih bengkel yang menyediakan suku cadang yang meskipun tidak asli, tetapi memiliki kualitas tidak jauh dengan yang ada di bengkel resmi.

3. Biaya Servis Yang Berbeda Signifikan

Salah satu pertimbangan orang ingin melakukan servis antara di bengkel resmi atau bengkel umum adalah soal biaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah biaya adalah faktor yang sangat penting. Memang ketika servis di bengkel resmi, biaya yang dikeluarkan tergolong mahal. Tetapi Anda akan mendapatkan jaminan serta pelayanan yang jauh lebih prima.

Sedangkan ketika melakukan servis di bengkel umum, mungkin harga yang dikeluarkan akan relatif lebih rendah. Terlebih ketika servis di bengkel umum anda mungkin masih bisa menawar harga meskipun kualitas dan rasa terjaminnya mungkin tidak akan sebagus apabila servis di bengkel resmi.

4. Kelengkapan Peralatan Yang Digunakan

Apabila servis kendaraan di bengkel resmi, maka peralatan yang digunakan akan jauh lebih lengkap. Karena bengkel resmi merupakan bengkel yang ditunjuk langsung oleh pihak ATPM, tentunya peralatan yang digunakan sudah sesuai dengan standar tinggi yang ditetapkan pihak ATPM.

Sedangkan bengkel umum, harus diakui peralatan yang digunakan tidak sebanyak di bengkel resmi. Meskipun peralatannya tidak selengkap di bengkel resmi, terkadang mekanik di bengkel umum punya caranya sendiri dalam memecahkan masalah pada setiap kendaraan yang sedang dilakukan servis tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Bengkel umum dan bengkel resmi menjadi pilihan bagi para pemilik mobil untuk melakukan servis rutin. Autos.id – Sebagai pemilik kendaraan, sangat penting untuk selalu...

Suzuki

Last updated on 14 April, 2016 Jakarta, Autos.id – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM dari mobil Suzuki di Indonesia kembali membuat aktivitas...

Mobil

Last updated on 14 Juli, 2023 Jakarta, Autos.id – Sebagai bukti komitmen PT Grandauto Dinamika (GAD), Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Land Rover di...

error: Content is protected !!