Connect with us

Hi, what are you looking for?

Yamaha

XGJAO XGJ350 Jiplakan Yamaha R3 yang Sangat Mirip

XGJAO XGJ350

Yamaha R3 punya saingan berat yakni XGJAO XGJ350. Motor Cina ini dibentuk begitu identik dengan R3 namun pakai mesin 350cc

Beijing, Autos.id – Cina memang terkenal sebagai negara yang gemar menjiplak produk-produk terkenal, termasuk juga dalam industri otomotif. Cukup banyak produk-produk mobil atau motor keluaran pabrik di Cina yang identik dengan produk lain dari Jepang atau Eropa.

Entah bagaimana para pabrikan Cina ini menafsirkan kata “Hak Cipta” dengan benar sehingga seoalah-olah semua produk replika sah-sah saja beredar di Cina. Di luar otomotif, Cina juga melakukan plagiat untuk produk-produk fashion seperti Gucci, dan ponsel, seperti iPhone atau Samsung.

Kali ini produk jiplakan dari Cina datang ke Yamaha R3 yang telah dikloning ulang dengan nama XGJAO XGJ350. Secara visual sangat mirip dengan Yamaha R3, mulai dari desain fairing, bentuk tangki, lekuk jok, bagian ekor, sampai pemakaian lampu depan projektor dan quad exhaust system.

“XGJAO XGJ350 diproduksi oleh Chongqing XGJAO Motorcycle Manufacture Co. Perusahaan ini memang telah punya track record panjang untuk menjiplak sebuah produk otomotif yang dijual di Cina”

Namun jika aslinya R3 menggunakan mesin 315 cc, maka XGJAO XGJ350 pakai kapasitas isi silinder 350 cc, namun spesifikasi teknis secara rincinya belum diketahui. Jika melihat mesin asli dari Yamaha, maka R3 menggunakan sistem DOHC 8 katup silinder ganda dengan sisitem pendingin liquid.

XGJAO XGJ350 diproduksi oleh Chongqing XGJAO Motorcycle Manufacture Co. Perusahaan ini memang telah punya track record panjang untuk menjiplak sebuah produk otomotif yang dijual di Cina dengan harga jauh lebih rendah dari motor aslinya.

Xgjao XGJ350

Sangat Mirip Yamaha R3

Chongqing pernah melakukan kloning untuk KTM Duke 200 yang kemudian diberi label XGJ200. Namun perusahaan tidak pernah bisa untuk memasarkan produknya di luar Tiongkok karena langsung terganjal masalah hak cipta.

Selain XGJAO XGJ350, perusahaan lainnya juga ada yang melakukan kloning untuk Kawasaki Ninja 300 dengan nama Kengo R350 yang menggunakan mesin 320cc berpendingin air. Kemudian ada juga Kawasaki Pulsar yang dijiplak dnegan nama Gulsar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Last updated on 4 Agustus, 2022 Honda ADV 160 yang masih baru diluncurkan akan menjadi pesaing langsung Yamaha Aerox 155. Autos.id – Honda ADV...

Motor

Yamaha India menghadirkan pembaruan warna terbaru untuk Yamaha YZF-R15, yakni Mattle Black. Autos.id – Di Asia, sepeda motor yang berukuran kecil sudah menjadi favorit bagi para...

Motor

Yamaha TW200 dan XT250 untuk model tahun 2023 mendaptakan warna baru, yakni Radical Grey. Autos.id – Yamaha TW200 dan XT250 memang sudah menjadi favorit lama penggemar...

Motor

Yamaha baru saja telah merilis Fazzio 125 yang merupakan anggota terbaru dari jajaran skuter komuternya dengan mempunyai desain yang bergaya, fasilitas premium, dan teknologi...