Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Suzuki Avenis 125 vs Yamaha FreeGo, Mana yang Lebih Unggul?

Bagian depan Suzuki Avenis 125 dan Yamaha FreeGo.
Bagian depan Suzuki Avenis 125 dan Yamaha FreeGo. (Sumber: Berbagai sumber)

Baru-baru ini, Suzuki Avenis 125 diluncurkan untuk pasar Indonesia dan disebut-sebut jadi pesaing bagi Yamaha FreeGo.

Autos.id – Sekarang ini, motor matic menjadi primadona bagi pasar Indonesia karena penggunanya yang sangat banyak, dimana kelas 110 hingga 125 cc menjadi yang paling banyak digunakan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena motor matic lebih simpel dan bisa digunakan oleh siapa pun. Kemudian juga untuk fitur, desain dan harganya pun mampu bersaing.

Jelang akhir tahun 2022, Suzuki meluncurkan motor matic terbaru yaitu Suzuki Avenis 125. Motor tersebut menjadi ‘model terbaru’ Suzuki untuk matic kelas 125 cc. Jika melihat pesaing langsungnya, Suzuki Avenis disebut-sebut sejajar dengan Yamaha FreeGo.

Suzuki Avenis 125.

Suzuki Avenis 125. (Sumber: Suzuki)

DESAIN

Sejak diluncurkan, Suzuki Avenis 125 tampil sporty dan jauh lebih modern dimana pada bagian lampu depannya serta lampu sein-nya tampak seperti motor matic ala India. Selain itu, lampu belakang motor matic terbaru besutan Suzuki ini juga unik.

Sementara itu, desain milik Yamaha FreeGo tampak lebih umum. Hal itu tampak pada lampu LED di bagian depan yang memiliki kesamaan dengan desain Maxi Scooter. Kemudian pada lampu sein-nya juga unik karena menyatu dengan bagian bodi samping dan agak ke bawah.

FITUR

Membahas tentang fitur, lampu depan dan belakang Suzuki Avenis 125 sudah LED. Kemudian panel instrumennya pun sudah digital meskipun memiliki model kunci standar.

Pada bagian tangkinya, memiliki lubang di bagian belakang motor sehingga pengendara tidak perlu membuka jok ketika mengisi bahan bakar. Tangki sendiri berkapasitas 5,2 liter.

Lalu pada bagian bagasi Suzuki Avenis 125 cukup luas dengan ukuran 21,8 liter dan mampu memuat barang hingga 10 kilogram. Sementara motor ini juga semakin menguntungkan dengan adanya dua kantong tambahan di bagian depan dengan ukuran 1 liter dan 1,6 liter.

Di sisi lain, tangki bahan bakar Yamaha FreeGo mampu menampung hingga 4,2 liter yang berada di bawah dek dan lubangnya terdapat di bagian bawah setang motor sehingga pengendara tidak perlu repot membuka jok. Sementara bagasi di bawah jok Yamaha Freego berukuran 25 liter.

Yamaha FreeGo sendiri sudah dilengkapi Smart Key untuk varian tertinggi. Namun umumnya disematkan fitur Immobilizer dan answer back system yang membantu pengendara menemukan motor saat di tempat parkir.

Yamaha FreeGo.

Yamaha FreeGo. (Sumber: Yamaha Motor)

MESIN

Membahas dapur pacu, Suzuki Avenis 125 disematkan mesin 125cc SOHC yang berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance) dan diklaim lebih hemat penggunan bahan bakar.

Dengan mesin 1 silinder, 2 katup, Fuel injection dan berpendingin udara, Suzuki Avenis 125 memiliki tenaga hingga 8,5 tk pada 6.750 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.

Di sisi lain, Yamaha FreeGo memiliki mesin 125 cc, 4-tak, SOHC yang mampu menyemburkan tenaga 9,3 tk pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

HARGA

Perbandingan terakhir antara Suzuki Avenis 125 dan Yamaha FreeGo tentu saja dari harganya.

Diambil dari berbagai sumber, Suzuki Avenis 125 dibanderol Rp29.970.000 (OTR DKI Jakarta). Sedangkan Yamaha FreeGo memiliki tiga tipe dengan harga berikut (OTR Jakarta):

• Yamaha FreeGo: Rp19.965.000
• Yamaha FreeGo S Version: Rp21.520.000
• Yamaha FreeGo S Version ABS: Rp23.920.000

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Suzuki membuat gebrakan dengan meluncurkan mobil MPV baru dengan harga sangat murah. Autos.id – Suzuki Eeco yang merupakan mobil MPV terbaru besutan Maruti Suzuki...

Berita Otomotif

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser. Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu...

Berita Otomotif

Benelli luncurkan motor terbaru dengan nama TRK 800 yang bisa jadi penantang sejumlah merek terkenal. Autos.id – Benelli akhirnya meluncurkan TRK 800 yang akan...

Mobil

Hadirnya teknologi airbag pada produk sepeda motor Yamaha dimasa depan ini diharapkan bisa mengurangi resiko kecelakaan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Autos.id – Berbicara...