Connect with us

Hi, what are you looking for?

Yamaha

Recall Yamaha R25 dan MT-25 Diumumkan, Indonesia?

Recall Yamaha R25

Recall Yamaha R25 dilakukan Yamaha Motor Corporation karena setidaknya ada tiga masalah pada motor sport Yamaha itu.

Tokyo, Autos.id – Yamaha Motor Corporation telah mengeluarkan perintah recall Yamaha R25 dan akan menarik kembali unit-unit yang sudah terjual untuk dilakukan pemeriksaan.

Menurut keterangan perusahaan, recall Yamaha R25 menyangkut model yang diproduksi antara 6 Oktober 2014 hingga 23 Mei 2016. Penarikan kembali (recall) ini juga mempengaruhi model Yamaha lainnya yang menggunakan platform R25 seperti YZF-R3, MT-03, dan MT-25.

Recall ini karena disinyalir ada masalah pada pompa oli dan clutch pressure plate. Masalah yang pertama adalah untuk gear di pompa oli mungkin mengalami kerusakan pada saat putaran mesin tinggi. Dengan kondisi ini menyebabkan penurunan tekanan oli dan pasokan pelumas ke ruang mesin yang mengakibatkan mesin overheating.

“Recall Yamaha R25 menyangkut model yang diproduksi antara 6 Oktober 2014 hingga 23 Mei 2016. Recall ini juga mempengaruhi model Yamaha lainnya yang menggunakan platform R25 seperti YZF-R3, MT-03, dan MT-25”

Kerusakan kedua adalah pada bantalan di clutch pressure plate, dimana bantalan mungkin rusak yang dapat menyebabkan kopling slip. Dan sebenarnya ada satu lagi resiko kerusakan yang ada pada R25 yakni selang rem depan bisa menempel ke radiator selama motor bekerja, yang pada akhirnya menyebabkan selang rusak dan bocor. Namun kasus selang rem ini hanya menimpa di R25 tidak untuk model lain.

Recall Yamaha R25

Bagian yang Disinyalir Mengalami Kerusakan

Yamaha menyebutkan penarikan akan dilakukan pertama-tama untuk memperbaiki pompa oli termasuk bagian gear-nya. Perbaikan kedua untuk mengganti bantalan clutch pressure plate dan diganti jika perlu. Perbaikan terakhir yakni memperbaiki lokasi selang rem depan dengan tambahan penjepit agar tak menempel dengan radiator.

Belum ada keterangan apakah recall Yamaha R25 ini akan berlaku juga untuk Yamah di Indonesia atau negara-negara lainnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Komparasi

Last updated on 4 Agustus, 2022 Honda ADV 160 yang masih baru diluncurkan akan menjadi pesaing langsung Yamaha Aerox 155. Autos.id – Honda ADV...

Motor

Yamaha India menghadirkan pembaruan warna terbaru untuk Yamaha YZF-R15, yakni Mattle Black. Autos.id – Di Asia, sepeda motor yang berukuran kecil sudah menjadi favorit bagi para...

Motor

Yamaha TW200 dan XT250 untuk model tahun 2023 mendaptakan warna baru, yakni Radical Grey. Autos.id – Yamaha TW200 dan XT250 memang sudah menjadi favorit lama penggemar...

Motor

Yamaha baru saja telah merilis Fazzio 125 yang merupakan anggota terbaru dari jajaran skuter komuternya dengan mempunyai desain yang bergaya, fasilitas premium, dan teknologi...