Wuling Hongguang sebenar lagi akan melantai di persaingan Low MPV di Indonesia yang begitu sengit. Sanggupkah mobil asal Cina ini bertahan?
Jakarta, Autos.id – Pasar Multy Purpose Vehicle (MPV) yang ‘gemuk’ di Indonesia membawa produsen mobil asal Cina Wuling ikut melantai di segmen ini. Untuk itu Wuling membawa Model MPV Hongguang.
Wuling Hongguang baru ini digadang-gadangi akan menjadi penantang serius Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Low MPV lainnya di Indonesia. Soni Riharto, Wartawan Senior Otomotif mengatakan kehadiran Wuling Hongguang dengan investasi kurang lebih 9 triliun bukan sebuah isapan jempol.
“Diprediksi 3-4 tahun ke depan Wuling masih akan menguatkan brand image mereka sambil melihat dan membaca pasar”
“Keseriusan Wuling untuk masuk di Indonesia dengan investasi besar tidak main-main karena mereka pasti akan membangun banyak jaringan pendukung bisnis mulai dari pabrik, jaringan penjualan dan purnajual yang besar,” kata Soni di Jakarta, Kamis (23/3/2017).
Apalagi saat ini, penjualan terbesar MPV di dunia masih dipegang oleh Wuling Hongguang, sehingga ekspektasi MPV kelas dunia bisa menggaransi image track record produk Cina di Tanah Air yang kurang bagus.
“Saat ini Hongguang merupakan MPV terlaris di dunia dan hal ini akan mempengaruhi ekspektasi masyarakat pada image kelas dunianya di Indonesia, meskipun produk ini dari Cina” tuturnya. Meski demikian Hongguang pastinya tidak melenggang mulus karena tipe orang Indonesia yang sangat militan terhadap brand.
Termasuk penilaian kurang baik pada produk Cina. “Untuk itu setingan harga, resale value dan penguatan kepercayaan lewat jaringan pelayanan menjadi kunci perkembangan mereka,” tukasnya.
Soni memprediksi 3-4 tahun ke depan Wuling masih akan menguatkan brand image mereka sambil melihat dan membaca pasar. Dan baru akan bermain serius dengan road map pada 2025.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.