Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Test Ride Piaggio Medley S ABS : Skutik Italia yang Cihuy !

Last updated on 20 November, 2021

Autos.id mendapat kesempatan untuk melakukan test ride Piaggio Medley S ABS. Pengujian dilakukan di dalam kota Jakarta. Bagaimana impresinya? Berikut hasil pengujian kami.

Jakarta, Autos.id – Piaggio Medley S ABS pertama kali meluncur di Indonesia, Mei 2016 lalu. Motor skutik premium besutan Piaggio Italia ini, memiliki desain yang unik dan menggoda. Meski bahasa desainnya berbeda dengan model Vespa klasik yang biasa digarap Piaggio.

Motor ini memiliki pahatan-pahatan modern pada sisi bodi yang mirip dengan Piaggio Liberty. Kental dengan aroma modern dan futuristik. Hal ini terlihat dari bentuk lampu depan yang tidak bulat seperti vespa. Atau pada model bodi depan dan samping yang cenderung lancip.

“Motor ini memiliki pahatan-pahatan modern pada sisi bodi yang mirip dengan Piaggio Liberty. Kental dengan aroma modern dan futuristik”

Bodinya menggunakan material full plastik yang membalut besi tubular tunggal sebagai rangka utamanya. Bagi Autos.id yang mendapat kesempatan mencobanya, Medley S ABS punya kelebihan dan keunggulan dari sisi kenyamanan khas motor Eropa.

Baca juga: Piaggio Motor Akan Dilengkapi Fitur Airbag

Test Ride Piaggio Medley S ABS

Desain Piaggio Medley S ABS

Pada bagian depan Medley S menggunakan panel instrumen kombinasi analog dan digital. Instrumennya terbagi seperti tiga lingkaran. Antara lain lingkaran utama ada speedometer analog serta trip meter digital. Lingkaran sebelah kanan terdapat indikator suhu mesin juga analog, dengan lampu indikator engine. Lingkaran sebelah kiri ada indikator bensin dan beberapa indikator lampu.

Lampu depan masih memakai bohlam biasa tapi Piaggio menyediakan switch passing lamp. Fungsinya sama dengan fitur lampu dim pada mobil. Lampu LED Medley menyatu dengan lampu sein depan. Namun pengoperasiannya belum otomatis, alias daytime running light (DRL). Lampu LED ini hanya berfungsi sebagai lampu kecil dengan switch di bagian setang sebelah kanan.

Baca juga: Dianggap ‘Jiplak’ Motor Piaggio, Peugeot Motorcycle Didenda Puluhan Milyar

Test Ride Piaggio Medley S ABS

Selain itu, kelebihan motor Medley satu ini adalah bagasinya yang mampu menampung dua helm sekaligus. Selain itu bagasi tambahan juga terletak pada leher motor yang memiliki USB charger pada sisi kiri.

Tangki bahan bakar yang terdapat pada bagian pijakan membuatnya punya kapasitas tangki yang mumpuni. Sehingga punya daya tampung 7 liter dan penyimpanan cadangan 1.5 liter sehinggacocok untuk jalan jauh tanpa harus mengisi BBM berulang-ulang.

Medley menggunakan roda berukuran 100/80 untuk depan dan ukuran 110/80 dengan dukungan shock depan tipe hidrolik dan double suspensi di belakang. Dengan demikian mampu meredam getaran sehingga nyaman melintasi jalan gelombang atau polisi tidur. Sistem pengereman ABS menambah kenyamanan pada motor ini, bila diajak ngebut.

Baca juga: Piaggio Hadirkan Vespa Klasik, GTV “Sei Giorni” II Edition

Test Ride Piaggio Medley S ABS

Performa

Piaggio Medley S ABS menggunakan New I-GET Engines 115,1 cc berpendingin cairan dengan sistem injeksi elektronik dengan tenaga maksimum 14,7 hp pada 7.750 rpm dengan torsi 14,1 nm pada 6.400 rpm. Model mesin yang memiliki penggerak CVT membuat Medley sangat nyaman untuk kota besar yang macet. Joknya yang lebar mampu menopang berat tubuh pengemudi dan boncenger sehingga nyaman di jalan.

Saat Autos.id melakukan test ride Piaggio Medley S ABS untuk riding dengan berbagai kontur jalan bantingannya sangat empuk. Handlingnya memang tidka terlalu istimewa, tapi masih cukup buat penggunaan di perkotaan. Akselerasinya terbilang “berisi” pada putaran bawah saat pedal gas dihentak. Tubuhnya yang jangkung dan slim membuatnya lincah saat akselerasi, namun bobotnya yang cukup berat untuk ukuran orang Asia membuatnya kurang srek saat menikung.

Baca juga: Piaggio Mulai Produksi Vespa Elettrica

Test Ride Piaggio Medley S ABS

Piaggio Indonesia menyediakan dua tipe Medley ABS yakni Medley ABS yang dijual Rp 45,8 juta dan Medley S ABS seharga Rp 46,8 juta. Kawan Autos, demikian test ride Piaggio Medley S ABS, simak tampilan dan performa skutik premium Piaggio ini di Video yang sudah kami sertakan di awal artikel ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Piaggio Medley dan Piaggio MP3 500 ini merupakan 2 motor yang saat ini dijual Piaggio di Indonesia yang masih satu induk dengan Vespa. Autos.id...

Reviews

Last updated on 13 September, 2017 Review Vespa S 125 i-get menggoda sejak hadir Maret 2017 lalu, desain klasik dipadu teknologi barunya membuat motor...

Reviews

Last updated on 11 April, 2017 Performa Suzuki GSX-S150 memang tidak cuma handal di atas kertas para kompetitor, namun Test ride Suzuki GSX-S 150...

Piaggio

Piaggio menawarkan empat produk baru yang menggunakan mesin dengan teknologi paling anyar, yakni I-GET. Teknologi I-GET diklaim membuat lebih hemat bahan bakar. Jakarta, Autos.id...