Connect with us

Hi, what are you looking for?

Toyota

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Etios Valco yang Wajib Diketahui

Toyota Etios Valco.
Toyota Etios Valco. (Sumber: YouTube Toyota Indonesia)

Toyota Etios Valco merupakan salah satu jenis mobil hatchback yang kehadirannya di Indonesia tergolong singkat, memangnya apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Etios Falco?

Autos.id – Mobil hatchback yang digunakan untuk perkotaan selalu diminati karena konsumsi BBM yang irit serta bentuknya yang kompak dan lincah. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam melaju dalam kemacetan di kota-kota besar. Salah satu model yang ikut meramaikan dunia permobilan Indonesia adalah Toyota Etios Valco.

Toyota Etios Valco berada di posisi tengah antara Agya-Ayla dan Yaris, dan pertama kali diperkenalkan pada bulan Maret 2013. Namun usianya relatif singkat, karena pada bulan Oktober 2017, PT Toyota Astra Motor telah menghentikan penjualannya karena minat konsumen yang terus mengalami penuruhan tiap tahunnya.

Dasbor Toyota Etios Valco.

Dasbor Toyota Etios Valco. (Sumber: Kontan)

Memiliki bentuk hatchback mungil, Toyota Etios Valco menghadirkan dalam beberapa varian, yaitu J, JX, E, dan G. Ada juga varian TOM’S yang desainnya lebih sporty karena penambahan ornamen body kit.

Sebagai pesaing utama Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Nissan March, dan juga Honda Brio 1.3, harga bekas Toyota Etios Valco sekitar Rp60-70 jutaan. Mengingat harga yang terjangkau, mungkin banyak orang yang melirik mobil yang satu ini. Namun perlu diperhatikan juga kelebihan dan kekurangannya sebelum membeli Toyota Etios Valco.

Baca juga: Mengenal Honda CR-Z: Spesifikasi, Kelebihan dan Harga

Interior Toyota Etios Valco.

Interior Toyota Etios Valco. (Sumber: Auto2000)

Kelebihan Toyota Etios Valco

1. Memiliki Tampilan yang Modern dan Menarik

Toyota Etios Valco menampilkan desain yang modern dan menarik. Sebagai city car yang mengusung konsep modern, Etios Valco memiliki karakter yang aktif dengan desain minimalis dan dinamis, namun tetap terlihat elegan sebagai ciri khas hatchback kecil. Pada bagian depannya, mobil ini dilengkapi dengan grille yang dibagi menjadi dua bilah dengan tampilan menarik yang terintegrasi dengan lampu utama.

Sisi samping mobil ini memiliki proporsi yang pas antara panjang dan tinggi, memberikan tampilan yang manis sekaligus memberikan stabilitas saat dikendarai. Bagian belakangnya juga dirancang dengan baik, dengan perbandingan yang proporsional antara pintu bagasi, lampu rem, dan bumper, serta adanya garis melengkung yang menghubungkan pintu dengan lampu belakang.

2. Fitur yang Menarik Sebanding dengan Mobil LCGC Astra Lainnya

Toyota Etios Valco dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti MID (Multi Information Display), pendingin udara di dalam kotak sarung tangan (glovebox), head unit double-din yang terintegrasi dengan tombol pengendalian audio di kemudi, AC, jendela listrik, kaca spion elektrik, dan Electronic Power Steering (EPS). Untuk fitur keamanan, mobil ini dilengkapi dengan dual airbag, ABS + EBD, Brake Assist, dan ISOFIX. Mengenai keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem alarm, meskipun belum dilengkapi dengan immobilizer.

3. Ruang Kabin yang Luas

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Toyota Etios Valco sebagai small hatchback adalah ruang kabin yang cukup luas dan akomodatif. Dibandingkan dengan Agya-Ayla, ruang geraknya lebih besar dan hampir mendekati ukuran Yaris Bakpao.

Selain itu, bagasi mobil ini juga cukup luas dengan kapasitas yang mirip dengan generasi pertama Honda Jazz. Dengan begitu, pengguna akan merasa terbantu saat membawa barang dengan kapasitas yang cukup banyak.

4. Handling yang Stabil

Dengan menggunakan suspensi depan MacPherson strut dan suspensi belakang torsion beam axle, Toyota Etios Valco memiliki handling yang cukup stabil saat melakukan manuver dengan kecepatan tinggi. Stabilitas dalam berkendara juga didukung oleh dimensinya yang kompak.

5. Performa yang Agresif

Didukung oleh mesin 3NR-FE DOHC 4-silinder segaris, 16 katup dengan kapasitas 1.197 cc, Toyota Etios Valco mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 80 PS @5.600 rpm dan torsi puncak sebesar 104 Nm @3.100 rpm, memberikan pengalaman berkendara yang agresif. Kombinasi tenaga dan torsi yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk sebuah small hatchback.

6. Konsumsi BBM yang Irit

Sebagai mobil perkotaan, Toyota Etios Valco cukup irit BBM. Dalam penggunaan di dalam kota, mobil ini dapat menempuh jarak 13-15 km/liter, sedangkan di luar kota, mobil ini mampu mencapai angka 17-22 km/liter.

7.Spare Part dan Perawatan yang Mudah

Dalam hal suku cadang dan perawatan, Toyota Etios Valco mudah dan terjangkau. Tersedia beragam suku cadang baik yang asli maupun tiruan di pasaran. Selain itu, perawatannya juga mudah dilakukan karena mesin yang tangguh dan menggunakan teknologi injeksi.

Baca juga: 5 Kelebihan Daihatsu Alya, Jago Manuver Lho!

Mesin Toyota Etios Valco.

Mesin Toyota Etios Valco. (Sumber: Toyota Auto2000 Probolinggo)

Kekurangan Toyota Etios Valco

1. Kesulitan Mendapatkan Bagian Eksterior

Bagian ini membutuhkan sedikit kesabaran jika ingin mendapatkannya. Ketersediaan bagian eksterior mobil ini sudah mulai jarang di pasaran. Jika pun ada, harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan beberapa produk Toyota lainnya yang lebih umum dijumpai.

2. Desain Interior

Ketika berbicara tentang interior, desain yang digunakan dalam mobil ini tergolong ‘unik’, terutama pada tampilan dashboardnya. Panel instrumen ditempatkan di tengah dashboard dan desain grille AC bertumpuk di sebelah kiri head unit. Bukan hanya itu, bahan yang digunakan juga terkesan murah dan menghasilkan suara bising saat melewati jalan yang bergerigi.

3. Tanpa Pilihan Transmisi Otomatis

Toyota Etios Valco hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan yang menggerakkan roda depan. Meskipun begitu, koplingnya terasa lembut sehingga pengemudi tidak mudah merasa pegal saat terjebak dalam kemacetan.

Baca juga: Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!