Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Citroen C3 vs Toyota Raize, Pertempuran Mobil Eropa Dan Jepang!

Citroen C3 vs Toyota Raize.
Citroen C3 vs Toyota Raize. (Sumber: Berbagai sumber)

Citroen C3 akan masuk ke pasar Indonesia, namun apakah akan lebih baik dibandingkan Toyota Raize?

Jakarta, Autos.id – Beberapa waktu lalu, Citroen yang merupakan produsen mobil dari Prancis mengumumkan kembali ke pasar Indonesia dan menjalin kerjasama dengan PT Indomobil Wahana Trada. Perusahaan yang masih jadi bagian Indomobil Group tersebut akan menjadi agen pemegang merek Citroen sekaligus mendistribusikannya di Indonesia.

Yang menarik dari kembali merek asal Prancis itu ke Tanah Air adalah akan hadirnya tiga model, yaitu e-C4 (mobil listrik), C5 Aircross, dan C3, dimana model yang terakhir menempati segmen small SUV dan akan bersaing dengan Toyota Raize.

Diketahui sebelumnya, Toyota Raize meluncur di Indonesia pada 2021 lalu dan memiliki tingkat penjualan cukup baik untuk segmen small SUV. Jadi, apakah Citroen C3 akan mengalahkan penjualan Toyota Raize? Begini komparasi antara dua mobil small SUV dari beda pabrikan tersebut.

Dimensi

Dikutip dari website resmi Citroen, model C3 memiliki dimensi: panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm (dengan roof rail). Kemudian jarak sumbunya adalah 2.540 mm. Sementara itu, Toyota Raize memiliki dimensi: panjang 4,030 mm, lebar 1,710 mm, dan tinggi 1,635 mm. Kemudian jarak sumbunya adalah 2.525 mm. Jika melihat secara detail antara masing-masing merek dan modelnya, maka Citroen C3 tampak lebih berisi atau padat.

Interior dan Eksterior

Membahas tentang irterior, Citroen C3 terbilang nyaman meskipun berukuran mungil. Untuk kursi pengemudi cukup ergonomis sedangkan untuk kursi penumpang juga nyaman dengan 27mm lebih tinggi dibandingkan kursi penumpang depan.

Pada Dasbor, C3 juga tampak luas dan menyediakan sejumlah fitur minimalis seperti pengaturan AC berbentuk knob untuk mengatur suhu, arah semburan, hingga kekuatan kipasnya.

Untuk fitur hiburan, Citroen C3 memiliki layar sentuh berukuran 26 cm, konektivitas Bluetooth, Mirror Screen, 4 Speaker, hingga Steering Wheel with Audio and Phone Control. Bahkan yang menambah rasa nyaman adalah hadirnya sistem Power Windows dan Remote Keyless Entry yang memudahkan pengemudi serta penumpang masuk mobil.

Lalu jika membahas eksteriornya, C3 tampak stylish dengan warna unik yang memadukan putih dengan oranye. Hal itu wajar saja karena menargetkan pasar anak muda. Namun yang menarik dari mobil ini adalah desain grille tengah yang tampak seperti logo baru Citroen, yang dipadukan dengan lampu depan dan DRL.

Di sisi lain untuk interior Toyota Raize tampak lebih stylish dengan nuansa warna hitam yang bahkan dilengkapi dengan head unit layar sentuh dengan banyaknya fitur menarik. Pada bagian speedometer, Toyota Raize sudah full digital dan bisa diatur tampilannya.

Sementara untuk kursinya, Toyota Raize memiliki kursi berbahan fabric dan juga kulit dan ada space yang cukup ruang untuk penumpang bagian belakang. Bahkan terdapat usb slot untuk mengisi daya ponsel.

Kemudian juga yang menjadi fitur unggulan Toyota Raize yaitu head unit yang terkoneksi ke smartphone, MID TFT 7 inci, auto headlamp, paddle shift, auto AC, keyless, auto mirror, dan masih banyak lagi.

Mesin Citroen C3 vs Toyota Raize.

Mesin Citroen C3 vs Toyota Raize. (Sumber: Berbagai sumber)

Lalu untuk eksteriornya, Toyota Raize memiliki kombinasi dua warna di bagain atap sehingga tampak modern. Bahkan bagian depannya juga disematkan lampu DRL dan Sequential Turn Lamp.

Fitur Keselamatan

Membahas fitur keselamatan, salah satu yang paling penting untuk kendaraan roda empat, Citroen C3 memiliki dua airbag, ABS with EBD, sensor parkir mundur, High Speed Alert System saat kecepatan 80 km/jam dan 120 km/jam, Engine Mobilizer serta Speed Sensitive Auto Door Lock.

Sedangkan Toyota Raize membanggakan fitur seperti Anti-lock Braking System, Vehicle Stability Control, Alarm + Immobilizer, Rear Parking Camera dan juga Airbag. Kemudian Toyota Safety Sense (1.0 Turbo S CVT TSS) jadi andalannya.

Mesin

Urusan dapur pacu Citroen C3 ada dua pilihan, yaitu 1.200 cc turbo dan satu lagi 1.200 cc naturally aspirated (NA), dimana keduanya adalah tiga silinder. Dimana ada 6-percepatan yang menghasilkan tenaga maksimum 110 ps dan torsi 190 Nm.

Di sisi lain, Toyota Raize juga memiliki dua pilihan mesin yaitu 1.000 cc 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i kubikasi 996 cc yang menghasilkan 98 PS (96.6 tenaga kuda) di angka 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada putaran 2.400-4.000 rpm.

Kemudian untukmesin 1.200 cc 1kr-VET dengan turbo 3-silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 PS (86,7 tenaga kuda) di angka 6.000 rpm dan torsi mencapai 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Harga

Membahas harga, Citroen C3 kabarnya dibanderol di bawah Rp300.000.000, meskipun belum ada kata resmi karena baru diluncurkan tahun depan. Sementara itu, Toyota Raize saat ini dibanderol mulai dari Rp232.400.000 untuk tipe terendah hingga Rp301.900.000 untuk tipe tertinggi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Berita Otomotif

Masih ‘seumur jagung’, pihak TKM India akan menghentikan penjualan unit Urban Cruiser. Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu mobil besutan Toyota, yaitu...

Berita Otomotif

Seiring dengan kembali ke pasar Indonesia, Citroen siap menghadirkan mobil listrik Ami Buggy. Autos.id – Produsen mobil berbasis Prancis, Citroen, kembali ke pasar Tanah...

Daftar Harga Mobil

Di pasar Indonesia, ada banyak merek mobil bekas dengan banderol terjangkau di bawah Rp100 juta. Autos.id – Bagi yang ingin membeli mobil murah namun...