Last updated on 23 Agustus, 2023
Memilih asuransi mobil untuk keamanan mobil Anda membutuhkan ketelitian. Jika ingin mengasuransikan mobil, pilih asuransi yang mudah menerima klaim Anda.
Jakarta, Autos.id – Belakangan ini banyak lahir berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk perlindungan mobil konsumen yang mengalami masalah seperti rusak akibat kecelakaan atau kehilangan. Meskipun demikian banyak masyarakat yang masih ragu untuk menginvestasikan uangnya untuk asuransi.
Minimnya informasi terkait asuransi membuat banyak orang enggan menggunakan jasa asuransi. Mereka akan menyadari, pentingnya asuransi kerika mengalami masalah yang berkaitan dengan kendaraan. Untuk itu, Adira hadir meminimalisir tanggungan nasabah atas resiko-resiko tak terduga ketika mereka tak siap menghadapinya.
“Pengetahuan akan pentingnya berasuransi perlu diberikan secara bertahap kepada masyarakat luas. Dan untuk memilih asuransi, hal yang paling utama diperhatikan adalah kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim. Agar masyarakat tidak enggan untuk berasuransi jika kemudahan-kemudahan terus dikembangkan oleh perusahaan asuransi,” kata Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance.
Berikut 7 hal yang perlu diketahui oleh nasabah sebelum menjatuhkan pilihannya pada perusahaan jasa asuransi
Pertama, sesuaikan asuransi dengan kebutuhan. Pada umumnya asuransi mobil memiliki dua jenis seperti asuransi all risk atau asuransi total loss only (TLO).
“Pengetahuan akan pentingnya berasuransi perlu diberikan secara bertahap kepada masyarakat luas. Dan untuk memilih asuransi, hal yang paling utama diperhatikan adalah kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim. Agar masyarakat tidak enggan untuk berasuransi jika kemudahan-kemudahan terus dikembangkan oleh perusahaan asuransi”

Pilih Asuransi dengan Proses Klaim Yang Mudah
Asuransi all risk memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.
Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) memberikan Jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh mobil kebakaran, mobil mengalami kecelakaan seperti mobil tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Namun perlu dicatat usia kendaraan yang diasuransikan maksimal berusia 15 tahun.
Kedua, pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Agar calon pelanggan merasa aman terhadap perusahaan asuransi yang dipilih, ada baiknya perusahaan tersebut memang sudah diakui oleh Lembaga resmi negara yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan seperti OJK (Otoritas Jasa Keungan).
Ketiga, Perhatikan kejelasan dari isi polis. Maksudnya, Anda harus benar-benar mendapatkan informasi terperinci dari pihak jasa asuransi terkait hal-hal apa saja yang dicover, tidak dicover hingga menjadi perluasan.

Pilih Asuransi dengan Proses Klaim Yang Mudah
Tidak hanya itu, pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. Jangan sampai saat pelanggan mengajukan klaim namun ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak tercover.
Keempat, pilih perusahaan asuransi yang proses klaimnya mudah.Ini hal paling penting.Saat pelanggan mengajukan klaim pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang dapat dirasakan adalah sistem klaim yang sudah terintegrasi dengan teknologi. Pelanggan bis mengklaim asuransi via aplikasi dengan melaporkan kronologis kejadian, memberikan foto kerusakan mobil, mengisi data pribadi dan memilih waktu kendaraan masuk bengkel.
Kelima, memiliki jaringan bengkel berkualitas yang tersebar diberbagai tempat. Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki jaringan bengkel yang luas serta berkualitas. Bengkel rekanan yang luas akan memberi Anda kemudahan untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki mobil Anda.

Pilih Asuransi dengan Jaringan Bengkel yang Luas dan Berkualitas
Keenam, tersedianya layanan konsumen 24 jam. Pastikan asuransi yang Anda pilih menyediakan layanan konsumen 24 jam. Kapanpun Anda mengalami musibah seperti kecelakaan, layanan konsumen akan siap membantu Anda. Dan pastikan juga fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Ketujuh, jangan tergiur dengan harga premi murah. Standar yang harus anda gunakan untuk menilai perusahaan asuransi adalah standarisasi harga premi yang telah diatur oleh OJK karena ini mengindikasikan mereka legal dan ada dalam pengawasan OJK
Jadi jangan tergiur dengan harga premi yang murah. Teliti dulu apakah dengan harga premi yang murah akan berpengaruh saat pengajuan klaim. Jangan sampai hal ini akan berpengaruh buruk untuk keuangan Anda.
Demikian tips mengenal dan memilih jasa asuransi. Semoga kawan Autos mendapatkan asuransi yang tepat untuk perlindungan kendaraan, sekaligus meringankan beban ketika terjadi hal yang tak diharapkan.
Baca juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO, Pilih Mana?
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
