Tips

Tips n Trik Beli Mobil Lelang Biar Gak Boncos…

Mobil88

Beli mobil lelang memiliki beberapa keunggulan, meskipun juga tak luput dari kekurangan. Untuk itu perlu ada triknya, agar tak rugi di kemudian hari.

Jakarta, Autos.id – Beberapa pekan belakangan ini, marak diberitakan tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pemerintah Republik Indonesia (RI) yang membuka penawaran lelang untuk sejumlah mobil. Mobil-mobil itu merupakan mobil hasil sitaan KPK dari para pejabat yang melakukan tindak pidana korupsi.

Tawaran yang dilakukan pun cukup menggiurkan. Satu unit Toyota Camry tahun 2006 misalnya, hanay ditawarkan dengan harga Rp 31 jutaan. Lalu Isuzu Panther cuma Rp 28 jutaan, dan Honda CR-V 2004 pun hanya Rp 33 juta. Tapi sebenarnya, apa sih untung ruginya beli mobil bekas lelang? Berikut Autos akan paparkan untung rugi beli mobil lelang plus tipsnya.

“Satu hal yang perlu Kawan Autos pahami adalah, bagaimana tata cara mengikuti prosesi lelang mobil. Karena untuk bisa beli mobil lelang jauh berbeda dengan Anda membeli di dealer mobil bekas”

Daddy Doxa Manurung, Chief Operating Officer Ibid, yang merupakan perusahaan atau balai lelang milik Astra Group menuturkan, beli mobil lelang memiliki beberapa keunggulan. Satu diantaranya pilihan mobil yang ditawarkan kepada calon pembeli relatif lebih banyak dibandingkan dealer mobil bekas biasa.

Beli Mobil Lelang

Pilihannya Sangat Banyak

“Pilihannya cukup banyak, mulai dari yang kondisinya sangat buruk sampai yang sangat baik. Jauh berbeda dengan di showroom hanya bisa menampung beberapa mobil saja. Dengan lebih banyak pilihan, maka ini bisa jadi keuntungan. Karena konsumen bisa melihat berbagai tipe,” ucap dia.

Keuntungan lainnya, kata Doxa, harga yang ada juga akan jauh lebih menarik, dibanding harga beli di pasar mobkas showroom. Jika beruntung dan sedikit ada persaingan atau tawar menawar harga, maka konsumen bisa mendapat harga terbaik. “Selain itu rentang harga yang ditawarkan juga sangat beragam, disesuaikan dengan kondisi mobil yang dilelang.

Satu hal yang perlu Kawan Autos pahami adalah, bagaimana tata cara mengikuti prosesi lelang mobil. Karena untuk bisa beli mobil lelang jauh berbeda dengan Anda membeli di dealer mobil bekas. Selain itu perhatikan pula beberapa tips berikut ini:

Beli Mobil Lelang

Cermat Memilih Mobil Lelang

1. Jeli Memilih
Jeli disini adalah memilih penyelenggara lelang, dan juga memilih kondisi mobil yang terbaik. Pilihlah penyelenggara lelang yang terpercaya, dan pelajari betul tata cara mengikuti lelang yang dilakukan penyelenggara tersebut. Selain itu Kawan Autos harus ekstra teliti memilih mobil yang Anda bidik. Karena unitnya yang cukup variatif, maka Anda diwajibkan untuk melihat dan mengecek kondisi fisik, mesin serta dokumen kendaraan yang dilelang.

2. Bandingkan Harganya
Ini penting agar anda tidak terjebak over priced alias kemahalan. Carilah informasi harga mobil di pasaran. Ini sebagai patokan Anda saat melakukan penawaran. Sehingga Anda tidak akan malah membeli mobil lelang dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran.

3. Cek ke Bengkel
Jika dalam proses lelang ternyat anda adalah pemenangnya, segera bawa mobil tersebut ke bengkel langganan Anda. Karena meskipun kondisinya dari luar terlihat baik, tidak ada salahnya Anda tetap memeriksanya untuk menghindari kerusakan yang lebih besar dan biaya yang lebih mahal.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top