Tips

Tips Merawat Motor Agar Tetap Mulus

Kadang kala penggunaan sepeda motor tidak sesuai dengan perawatannya 

Jakarta, Autos.id Saat ini sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktifitasnya. Bahkan Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengklaim tren penjualan sepeda motor di Tanah Air sepanjang 208 lalu cukup baik.

Kontribusi terbesar memang masih dikuasai oleh Honda dengan total penjualan sepanjang 2018 sebanyak 4.759.202 unit, atau menguasai 74,6 persen market share.

Umumnya sepeda motor digunakan untuk berbagai aktifitas seperti bekerja, sekolah, kuliah atau bahkan hanya untuk sekadar jalan-jalan santai.

Pastinya para bikers tidak ingin aktifitas yang dilakukan terganggu ketika sepeda motor yang digunakan mengalami kendala. Untuk itu, sepeda motor haruslah dalam kondisi selalu prima dan terjaga.

Berikut ini beberapa tips agar sepeda motor kesayangan anda selalu dalam kondisi mulus prima. berikut ulasannya.

  1. Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin agar tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen di dalamnya lebi awet.

  1. Baterai

Untuk sepeda motor saat ini di mana sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

  1. Ban

Tidak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat. Tetapi jika tekanan angin terlalu tinggi juga akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

  1. Servis Rutin

Lakukan servis rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal. Sebisa mungkin lakukan perawatan di bengkel resmi yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

  1. Spareparts

Ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya. (Berbagai sumber)

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top