Tips

Tips Merawat Mesin Karburator Motor di Rumah

Hindari motor Anda mogok dengan menerapkan tips merawat mesin karburator motor. Tak perlu pergi bengkel karena Anda dapat merawatnya di rumah.

Jakarta, Autos.id – Apakah Anda termasuk salah satu pengendara yang sering berkendara dengan menggunakan motor dengan mesin karburator? Apakah selama ini Anda sudah menerapkan sejumlah tips merawat mesin karburator motor untuk menghindari kemogokan di jalan? Bila belum, tidak ada salahnya melihatnya tipsnya di sini.

Meski saat ini populasi kendaraan roda dua alias motor dengan mesin karburator sudah jarang diminati lantaran telah tergusur dengan motor bermesin injeksi namun motor tersebut tetap mendapat tempat di hati beberapa pemilik kendaraan lho.

Hal ini mengingat masih ada anggapan bahwa motor dengan nuansa mesin karburator lebih mudah untuk dirawat ketimbang motor bermesin injeksi. Lebih dari itu, motor tersebut tidak membutuhkan komponen yang rumit layaknya motor dengan mesin injeksi.

tips merawat mesin karburator motor di rumah

Meski begitu, Anda yang memiliki dan sering mengendarai motor dengan mesin karburator tetap diwajibkan untuk memberikan perawatan  pada kendaraan tersebut terutama pada bagian karburatornya.

“Merawat karburator penting karena fungsinya sebagai tempat bertemunya udara dan bahan bakar kendaraan”

Karena perannya sangat vital, bagian karburator harus selalu dibersihkan. Salah satu tips merawat mesin karburator motor ialah dengan memperhatikan penyetelannya. Penyetelan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kinerja mesin.

Karena itu, setiap pemilik kendaraan roda dua dengan mesin karburator disarankan agar melakukan perawatan berkala terutama pada bagian karburator agar tetap dapat merasakan performa kendaraan yang maksimal.

Mungkin masih ada yang beranggapan bahwa merawat motor harus dilakukan di bengkel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, sebenarnya ada hal-hal yang tidak harus dilakukan di bengkel lho.

Justru hal-hal sederhana seperti membersihkan mesin karburator dapat dilakukan di rumah. Lebih dari itu, kita bisa menghemat dengan melakukan tips merawat mesin karburator motor tersebut di rumah.

Dilansir dari Viva.co.id(24/11/2017), Zainal seorang Kepala Mekanik di Eka Jaya Motor menyebutkan bahwa membersihkan mesin karburator tidaklah sesulit yang kita bayangkan bahkan terbilang cukup mudah.

Pertama, pemilik kendaraan sebaiknya melepaskan bagian filter udara karburator terlebih dahulu. Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya Anda harus menyiapkan cairan pembersih dahulu. Bersihkan filter udara dengan menggunakan cairan pembersih kemudian diamkan filter tersebut agar kering.

Kemudian, jangan lupa untuk melepaskan baut pengikat karburator dan bersihkan perlahan-lahan. Agar maksimal, gunakan kuas saat membersihkannya. Selanjutnya bersihkan bagian spuyer dengan amplas halus.

Bersihkan spuyer dengan ekstra hati-hati. Sebelum memasang karburator kembali, aturlah pelampung bensin menggunakan jangka. Kemudian pasang semua bagian karburator.

Nah, mudah bukan tips merawat mesin karburator motor di rumah. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga lebih paham dengan kondisi motor Anda.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top