Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Meninggalkan Sepeda Motor di Rumah Saat Libur Hari Raya Imlek

Ilustrasi meninggalkan motor di rumah.
Ilustrasi meninggalkan motor di rumah. (Sumber: Pixabay.com - StockSnap)

Last updated on 3 Mei, 2023

Banyak masyarakat yang menikmati libur panjang saat Imlek karena cuti bersama, namun ada tips meninggalkan sepeda motor yang tidak boleh dilewatkan.

Autos.id – Cuti bersama Hari Raya Imlek jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Jika Anda hendak berlibur dan meninggalkan motor kesayangan di rumah, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Hal tersebut perlu agar sepeda motor Anda dalam kondisi prima dan siap pakai setelah liburan. Berikut adalah tips meninggalkan sepeda motor di rumah saat libur Hari Raya Imlek:

1. Simpan di Tempat yang Teduh

Yang pertama adalah menyimpan sepeda motor di dalam ruang tertutup atau garasi. Ini akan membantu menjaga sepeda motor dari kondisi cuaca yang buruk, seperti hujan dan sinar matahari. Jika memungkinkan, pasang cover sepeda motor untuk mencegah debu yang menempel pada sepeda motor.

Ilustrasi cuci sepeda motor.

Ilustrasi cuci sepeda motor. (Sumber: Pixabay.com – Lakshaytanwar)

2. Simpan dalam Kondisi Bersih dan Kering

Sebelum berlibur, jangan lupa membersihkan sepeda motor Anda dengan mencuci dan mengeringkan bagian bodinya dengan benar. Air yang tertinggal dapat menimbulkan kebocoran atau karat serta noda-noda bekas air di bagian badan sepeda motor. Namun lebih direkomendasikan Anda membawa motor ke tempat cucian motor yang berkualitas dan direkomendasikan banyak orang.

3. Isi Penuh BBM atau Kuras Sampai Habis

Untuk mencegah kondensasi akibat penguapan BBM, lebih baik untuk mengisi tangki sepeda motor sampai penuh atau kuras hingga benar-benar habis. Kondensasi yang terjadi dapat memicu timbulnya karat di tangki sepeda motor yang dapat menyebabkan kebocoran.

4. Lepas Aki

Jika berencana untuk berlibur dalam waktu yang lama, lebih baik untuk melepas aki sepeda motor. Jika tidak dilakukan, aliran listrik akan terus mengalir ke komponen sepeda motor sehingga aki akan soak atau kehilangan daya.

Baca juga: Cara Mudah Jumper Aki Motor

5. Gunakan Standar Ganda

Jika sepeda motor dilengkapi dengan standar ganda (main stand), lebih baik dirikan sepeda motor dengan standar itu. Namun, untuk beberapa tipe motor sport yang tidak memiliki standar ganda, sebaiknya dirikan sepeda motor dengan paddock stand.

Ilustrasi mengunci sepeda motor.

Ilustrasi mengunci sepeda motor. (Sumber: Suara)

6. Kunci dengan Aman

Sebelum pergi berlibur menggunakan sepeda motor, pastikan untuk membuatnya aman dengan cara menguncinya.

Beberapa merek atau tipe sepeda motor telah dilengkapi dengan Smart Key System yang terintegrasi dengan Immobilizer dan juga Alarm Anti Pencurian. Walaupun sudah ada sistem keamanan tersebut, tidak ada salahnya untuk menambahkan kunci tambahan seperti kunci roda atau kunci rem cakram.

Baca juga: Indikasi Rem ABS pada Motor yang Sedang Bekerja

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor adalah kondisi lampunya, dimana bisa mengalami masalah. Autos.id – Lampu pada sepeda motor merupakan salah...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Aksesoris

Filter udara berperan sebagai penapis atau penghambat debu dan kotoran di jalan. Kemudian, apa saja jenis-jenisnya? Autos.id – Filter udara merupakan salah satu komponen...

error: Content is protected !!