Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Membersihkan Ruang Mesin Mobil Biar Selalu Kinclong

Membersihkan ruang mesin mobil sama pentingnya dengan membersihkan bagian lain dari mobil, hal itu agar membuat mesin mobil selalu awet.

Jakarta, Autos.id – Jika kita termasuk pribadi yang resik, maka bisa jadi mobil kita juga selalu dalam kondisi bersih. Namun adakalanya ada bagian-bagian dari mobil yang sulit untuk dibersihkan secara sempurna. Contohnya ruang mesin.

Bagian ini jadi tempat yang kerap dilupakan ketika si pemilik sedang membersihkan kendaraannya. Padahal disatu sisi, menjaga kebersihan mesin mobil dapat membuat mesin makin awet. Membersihkan ruang mesin mobil harus dilakukan dengan cara hati-hati dan tepat. Apalagi hal ini merupakan bagian paling sensitif dalam mobil. Di dalamnya ada bagian yang tidak boleh terkena air, seperti bagian accu, kabel, dan sensor. Salah-salah, mesin bersih namun mobil malah jadi mogok.

“Jika dana untuk menggunakan jasa car care tidak cukup, maka Anda bisa melakukannya sendiri di akhri pekan”

Menunjuk sebuah tempat car detailing untuk membersihkan ruang mesin mobil memang cara paling ampuh untuk mendapatkan hasil maksimal. Tetapi jika dana untuk menggunakan jasa car care itu tidak cukup, maka Anda bisa melakukannya sendiri.

Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Ruang Mesin Bersih Membuat Mesin Awet

Daihatsu Indonesia memberikan langkah-langkah untuk membersihkan ruang mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri saat akhir pekan.

1. Cek Kelistrikan Mobil

Sebelum membersihkan mesin mobil, pastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati. Hal itu sangat berbahaya jika tempat tersebut dalam kondisi menyala lalu terkena air. Selain itu, kondisi mesin dinyalakan dahulu untuk mempermudah proses pelepasan kerak-kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Bungkus dengan Plastik Bagian Elektrik

Setelah mesin mobil dalam keadaan hangat serta sistem kelistrikan mati, bungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin agar tidak kemasukan air saat proses pencucian. Kamu bisa menutupnya dengan alumunium foil atau apa saja yang penting perangkat elektrik tersebut aman dari air.

3. Pilih Bagian yang Mudah

Pilihlah bagian yang mudah terlebih dahulu biasanya bagian paling bawah kap mobil, semprot bagian tersebut dengan air, tetapi ingat jangan semprot dengan air bertekanan tinggi.

Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Lakukan dnegan Ekstra Hati-Hati

4. Hati-hati

Untuk bagian inti mesin kamu bisa menggunakan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan engine degreaser ke mesin yang terkena noda karena cairan ini ampuh membersihkan noda membandel. Setelah menyemprotkan cairan, diamkan dan tunggu selama 10 menit. Untuk meratakan cairannya, gunakan kuas untuk menyapukan cairan ke seluruh bagian mesin.

5. Pembilasan

Saat membilas cairan engine degreaser, gunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau menciprat kemana-mana. Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda. Jika masih ada noda bisa juga menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek. Sikatlah bagian mesin yang terkena noda, namun berhati-hatilah agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Last updated on 10 Januari, 2019 Sewaktu mobil-mobil masih mengusung karburator, memanaskan mobil seolah menjadi agenda wajib bagi kita sebelum membawanya berjalan. Namun seiring...

Tips

Selain fisik, pastinya kita juga perlu memeriksa dan memastikan bahwa mobil kita dalam kondisi yang prima, sehingga kita tidak mengalami hal buruk di tengah...

Tips

Sama seperti bagian bodi, ruang mesin mobil juga rentan kotor. Makanya area ini juga perlu dicuci agar tampilannya bisa selalu bersih. Jakarta, Autos.id –...

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...