Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Hindari Rantai Motor Kendur dengan Cara Sederhana

Tips Hindari Rantai Motor Kendur dengan Cara Sederhana

Last updated on 20 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Jika dipakai sehari-hari apalagi sering melewati jalan yang tidak mulus atau bahkan penuh lubang, rantai motor sangat rentan kendur. Benturan yang terjadi setiap kali pemotor menerabas lubang atau polisi tidur merupakan hal yang juga ikut mempercepat kekenduran rantai.

Agar rantai tidak kendur dan terlepas dari gear, sebaiknya setiap pemotor selalu memeriksa kondisi rantai setiap kali ingin memulai perjalanan. Karena jika rantai kendur atau bahkan terlepas, akibatnya sangat fatal, apalagi terjadi saat motor melaju di jalan raya.

Setiap kali menemukan kondisi rantai motor kendur sebaiknya pemotor langsung menyetelnya sesuai dengan petunjuk yang biasa ada pada penutup rantai. Umumnya penyetelan standar rantai memiliki jarak antara 8-11 mm.

Cek Kondisi Rantai Sebelum Memulai Perjalanan

Cek Kondisi Rantai Sebelum Memulai Perjalanan

Tidak hanya pengecekan pada rantai, pemotor juga perlu mengecek kondisi penutup rantai, sebab gesekan yang terjadi dengan rantai yang kendor meyebabkan “luka” pada penurup rantai yang bisa saja menjegal rantai hingga putus.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memberi pelumas pada rantai sehingga memperlancar putarannya sehingga tidak menimbulkan gesekan berlebihan dengan gear rantai. Kemudian bersihkan rantai menggunakan kuas dengan bensin atau cairan khusus, yang sekarang banyak dijual di workshop motor sehingga debu dan kotoran tidak mengganggu putaran rantai.

Bersihkan Rantai Biar Tak Ada Kotoran

Bersihkan Rantai Biar Tak Ada Kotoran

Dengan tips sederhana ini, rantai motor Anda dapat menjadi awet dan bebas dari gangguan yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Tips

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami hujan bahkan di musim panas sekalipun. Autos.id  –  Berkendara saat hujan adalah tantangan bagi siapapun bahkan bagi pengendara...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...