Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips dan Trik Menghilangkan Baret di Body Motor

Ilustrasi baret pada body motor.
Ilustrasi baret pada body motor. (Sumber: Palpres)

Motor yang baret atau lecet memang menjengkelkan, namun ternyata ada cara mudah menghilangkan baret di body motor.

Autos.id – Bagi pemilik sepeda motor, menjaga tampilan body motor agar tetap mulus tanpa lecet adalah hal yang penting. Terutama jika motor tersebut adalah motor kesayangan yang baru saja dibeli. Namun, baret dan lecet bisa muncul kapan saja dan di mana saja tanpa kita sadari.

Meskipun lecet pada body motor tidak mempengaruhi kinerja mesin saat dikendarai, tetapi hal ini dapat membuat tampilan motor kurang menarik. Hal tersebut bisa menurunkan rasa percaya diri ketika mengendarai sepeda motor.

Ada berbagai penyebab terjadinya baret pada body motor, mulai dari bersenggolan dengan pengendara lain, tergesek saat parkir, hingga tergores oleh benda-benda seperti kunci motor atau gantungan kunci.

Jika hal ini terjadi pada motor kesayangan Anda, tidak perlu panik. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara menghilangkan baret pada sepeda motor yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut penjelasannya.

Contoh baret pada body motor.

Contoh baret pada body motor. (Sumber: YouTube Dul Paint)

Cara Menghilangkan Baret di Body Motor

1. Bersihkan Body Motor

Langkah pertama sebelum menghilangkan baret atau lecet di body motor adalah membersihkan motor terlebih dahulu. Cucilah motor seperti biasa. Setelah mencuci, keringkan body motor dengan menggunakan kain lembut. Hal ini akan membantu Anda melihat lebih jelas area yang tergores.

2. Gosok Pakai Amplas (Untuk Goresan Halus)

Goresan yang tidak terlalu dalam atau halus bisa diatasi dengan menggunakan amplas. Gunakan amplas dengan ukuran minimal 2000 atau yang lebih halus. Sebelum menggunakannya, rendam amplas dalam air, lalu basahi area yang tergores pada body motor. Gosok perlahan menggunakan amplas hingga goresan tersamarkan, kemudian keringkan motor dengan kain lembut.

3. Menggunakan Kompon

Selanjutnya, gunakan kompon untuk menghilangkan baret pada body motor. Kompon adalah bahan yang digunakan untuk menghilangkan baret. Oleskan kompon pada area yang sudah diamplas, lalu gosok dengan kain lembut hingga bersih.

4. Gunakan Scratch Remover

Untuk goresan yang tidak terlalu parah, Anda dapat menggunakan Scratch Remover. Ini adalah bahan yang berguna untuk menghilangkan goresan pada body motor. Oleskan cairan ini pada area yang tergores, lalu gosok dengan kain microfiber. Lakukan proses ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

5. Gunakan Fix It Pro

Fix It Pro merupakan alat seperti spidol yang dapat digunakan untuk menyamarkan baret atau lecet pada body motor. Cukup goreskan spidol ini pada area yang baret atau lecet, dan hasilnya akan terlihat lebih baik.

6. Oleskan Cairan Poles

Anda juga dapat menggunakan cairan poles untuk mengembalikan kilau pada body motor setelah mengaplikasikan kompon. Oleskan cairan poles secara merata untuk mengembalikan kilau motor.

7. Pakai Pasta Gigi

Pasta gigi bukan hanya untuk membersihkan gigi, tetapi juga dapat digunakan untuk menyamarkan atau menghilangkan baret di body motor yang tidak terlalu dalam. Basahi kain, oleskan pasta gigi, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar pada area yang tergores.

8. Menggunakan Minyak Rem

Terakhir, Anda bisa menggunakan minyak rem. Caranya cukup mudah, teteskan sedikit minyak rem pada area body motor yang tergores, lalu gunakan kain lembut untuk membersihkannya. Ulangi langkah ini beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Skotlet Motor: Cara Pasang, Persiapan, dan Jenisnya

Memperbaiki body motor yang baret.

Memperbaiki body motor yang baret. (Sumber: Qoala)

Tips Perawatan

Selain menghilangkan baret pada motor, ada beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan agar body motor tetap mulus:

  • Hindari tempat parkir yang terlalu sempit yang dapat menyebabkan motor bersenggolan dengan kendaraan lain.
  • Gunakan pelindung body atau sarung motor saat parkir di tempat umum atau saat tidak digunakan.
  • Jaga jarak dengan kendaraan lain saat berkendara untuk menghindari bersenggolan.
  • Bersihkan secara rutin body motor dan oleskan wax atau pelindung body untuk menjaga kilau dan melindungi dari goresan.

Baca juga: Penyebab Motor Matik Gredek dan Solusinya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Honda merilis motor skuter matik (skutik) terbarunya bernama New Honda Giornio+. Tetapi, motor skutik tersebut merilisnya di Thailand, belum ke Indonesia. Melansir...

Komparasi

Last updated on 6 Juni, 2024 Autos.id – Di tengah gemuruh jalan raya, motor cruiser telah mengukir namanya sebagai simbol kebebasan dan petualangan. Dengan...

Merk Motor

Autos.id – Sebagai negara yang berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, Indonesia semakin memperhatikan penggunaan kendaraan listrik....

Yadea

Autos.id – Dalam era di mana kesadaran akan dampak lingkungan semakin meningkat, transportasi berkelanjutan menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi sebuah kebutuhan mendesak. Kendaraan...

error: Content is protected !!