Tips

Tips Cara Perbaiki Lubang Kunci yang Rusak

Kunci Rusak
Hal Sederhana Bisa Sebabkan Lubang Kunci Rusak

Lubang kunci yang rusak banyak penyebabnya, untuk itu pengguna kendaraan perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi lubang kunci yang rusak.

Jakarta, Autos.id – Lubang kunci mobil atau motor sering mengalami masalah pada drat sehingga mengalami kesulitan saat anak kunci akan dimasukan ke lubang kunci ketika pengendara ingin menghidupkan atau membuka kunci setir.

Hal ini biasanya kerap terjadi karena adanya kotoran atau kerak pada drat yang membuat pengendara tidak nyaman dan memaksa kunci sehingga justru makin merusak drat lubang maupun kunci. Untuk itu pengguna kendaraan perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi lubang kunci yang rusak.

Kunci Rusak

Kotoran Bisa Jadi Penyebab Kunci Rusak

Berikut langkah-langkah memperbaiki lubang kunci yang rusak :

  1. Semprotkan pembersih karat pada lubang kunci yang mengalami kerusakan. Hal ini akan membantu mengurai karat sehingga kunci dengan muda masuk ke lubang kunci.
  2. Setelah menyemprot lubang kunci, masukan kunci kemudian lakukan pemutaran berulang-ulang sehingga pembersih meresap lebih jauh kesetiap lekukan drat agar kunci kembali bekerja normal.
  3. Pada tingkat paling ekstrim, induk kunci pada motor perlu dicopot dan diketok beberapa saat sebelum mendapat semprotan pembersih karat, kemudian diketok dengan kondisi terbalik sehingga sisa kotoran dan ada dalam lubang kunci keluar bersama cairan pembersih.
  4. Setelah dibersihkan semprot lagi lubang kunci dengan silicone spray agar anak kunci mudah masuk ke lubang kunci dengan mudah.
  5. Sebagai catatatn, jangan memaksa memasukan dan memutar anak kunci saat lubang kunci mengalami kerusakan karena cara ini akan makin merusak drat lubang kunci dan membuat anak kunci makin bengkok sehinggan lebih sukar diperbaiki.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top