Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Cara Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi

Tips Cara Menjual Mobil Bekas

Last updated on 20 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Jika memiliki mobil namun sudah bosan atau memerlukan mobil pengganti yang sesuai kebutuhan, maka salah satu solusinya adalah menjual mobil tersebut lebih dulu baru membeli mobil yang diinginkan. Namun terkadang banyak pemilik mobil yang tak tahu cara menjual mobil bekas dengan harga tinggi.

Menjual mobil dalam keadaan bekas pakai memang gampang-gampang susah. Jika tak mengetahui trik-trik cara menjual mobil bekas dengan harga tinggi maka meskipun mobil Anda dalam keadaan yang prima, ditawar oleh pembeli dengan harga di bawah pasaran.

Berikut cara menjual mobil bekas dengan harga tinggi:
1. Eksterior
Sebelum memasang iklan mobil Anda untuk dijual, maka terlebih dulu pastikan bagian eksterior mobil Anda dalam keadaan tanpa cacat. Cek apakah ada bagian cat yang tergores atau mengelupas. Jika mobil Anda pernah dimodifikasi, misalnya ganti pelek atau pasang bodykit, sebaiknya kembalikan pada kondisi semula.
Cuci bersih seluruh bagian eksterior mobil, dan jika memungkinkan poles cat mobil dengan car wax untuk menghilangkan baret-baret di cat mobil. Jika Anda tak bisa mengerjakan sendiri, maka bisa menggunakan jasa Car Care Center yang ada di lokasi terdekat dengan tempat Anda.

Pastikan Interior Bersih dan Wangi

Pastikan Interior Bersih dan Wangi

2. Interior
Senada dengan eksterior, bagian ruang kabin juga patut diperhatikan sebagai cara menjual mobil bekas dengan harga tinggi. Lap bersih seluruh bagian interior dari debu atau kotoran yang mungkin menempel. Gunakan cairan interior cleaner yang ada di toko otomotif agar proses bersih-bersih lebih maksimal. Benahi jika ada bagian interior seperti pelapis jok, setir, atau doortrim yang rusak atau terkelupas. Jika Anda memasang perangkat audio yang cukup advance, sebaiknya kembalikan pada kondisi semula.

3. Ruang Mesin
Bersihkan juga ruang mesin dari noda-noda aspal, kotoran, debu, atau bahkan lelehan oli yang menetes. Gunakan juga cairan engine cleaner agar hasilnya maksimal, atau Anda bisa rujuk jasa dari Car Care Center. Kondisi ruang mesin yang bersih cenderung akan membuat calon pembeli percaya jika Anda merawat mobil dengan baik.

Mesin Bersih Harga Jual Ikut Meningkat

Mesin Bersih Harga Jual Ikut Meningkat

4. Perbaiki Kerusakan
Sebelum dijual pastikan mobil Anda tidak memiliki kerusakan fatal. Lakukan pengetesan terakhir kendaraan Anda dengan menguji kinerja tuas transmisi dan memastikan tak ada bunyi-bunyi aneh dari sektor kaki-kaki. Pastikan pula dibagian kolong mesin tak ditemukan tetesan oli berlebih. Hal ini karena pembeli mobil bekas cenderung lebih teliti untuk mengecek seluruh kondisi dari mobil yang akan dibawa pulang.

5. Surat-Surat
Kelengkapan dan keabsahan surat-surat kendaraan juga jadi penentu cara menjual mobil bekas dengan harga tinggi. Selain itu pajak kendaraan pun akan memengaruhi harga jual mobil bekas Anda, karena biasanya calon pembeli akan menimbang kapan ia harus membayar pajak dari kendaraan yang baru di belinya.

Pastikan Keaslian SUrat-Surat dan Buat Bukti Transaksi

Pastikan Keaslian SUrat-Surat dan Buat Bukti Transaksi

6. Jujur
Layani setiap calon pembeli yang datang untuk melihat kendaraan Anda. Berikan seluruh informasi yang terkait dengan mobil Anda kepada mereka, termasuk riwayat servis berkala atau asuransi. Jujur juga diperlukan untuk membeberkan kira-kri abagian mana yang menjadi kekurangan mobil Anda untuk memberikan gambaran seutuhnya kepada calon pembeli.

7. Lakukan Transaksi Aman
Sebaiknya Anda menjual mobil kepada calon pemilik langsung bukan melalui makelar. Jangan mau diiming-imingi setoran sejumlah uang terlebih dahulu namun mobil Anda di bawa pulang oleh calon pembeli. Transaksi pembayaran pembelian sebaiknya dilakukan dengan cara transfer bank guna menghindari peredaran uang palsu. Jangan lupa untuk membuat bukti tertulis semacam kwitansi di atas materai sebagai jaminan perjanjian jual beli mobil Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...