Tips

Takut Ketilang Saat Operasi Patuh 2018, Lakukan Ini!

Operasi patuh 2018

Operasi Patuh 2018 yang dilakukan di seluruh Indonesia masih saja menakutkan bagi sebagian orang. Supaya tidak kena tilang, perhatikan hal penting ini!

Jakarta, Autos.id – Operasi Patuh 2018 yang dilakukan serempak di seluruh penjuru tanah air rupanya masih menjadi bayang-bayang bagi sebagian orang. Ya, meski rutin digelar setiap tahunnya namun hal tersebut tak membuat jera para pengemudi untuk mematahui peraturan yang berlaku.

Razia kendaraan besar-besaran tersebut mulai dilakukan serempak pada hari Kamis (26/4) dan akan berakhir di bulan Mei atau lebih tepatnya pada hari Rabu (9/5) mendatang. Selama 14 hari, sebagian pengemudi yang melewati beberapa jalan akan dihentikan oleh para polisi yang bertugas.

Dilansir dari liputan6.com, Minggu (29/4) Brigjen Pol Purwadi Arianto, Wakapolda Metro Jaya menyebutkan bahwa pihaknya siap melakukan Operasi Patuh Jaya di tahun 2018 selama 14 hari.

Beberapa pengendara motor terkena razia

Beberapa pengendara motor terkena razia (source: rockingmama.id)

Disebutkan ada sekitar 2.380 gabungan Dinas Perhubungann (Dishub) dan TNI dikerahkan untuk membantu suksesnya Operasi Patuh 2018.

“Operasi Patuh tahun 2018 dilaksanakan selama 14 hari dari 26 April hingga 9 Mei 2018”

Purwadi pun memiliki harapan terkait razia tersebut. Ia mengharapkan adanya penurunan pelanggaran dari tahun-tahun sebelumnya yaitu 2016 serta 2017. Di tahun 2017 silam, kasus yang ditangani polisi terkait dengan pelanggaran lalu lintas mencapai 2000 kasus.

Nah, lantas bagaimanakah caranya agar aman dari tilang polisi saat ada Operasi Patuh 2018 tersebut? Jangan takut dan jangan khawatir, kawan Autos bisa terbebas dari tilang polisi dengan menerapkan tips yang diberikan oleh Ditlantas Polda Lampung lewat akun resminya @polantasindonesia. Berikut adalah hal-hal inti dalam video tersebut yang perlu diperhatikan oleh para pengemudi motor.

  • Tampil kece
  • Persiapkan surat kelengkapan kendaraan yang digunakan
  • Memastikan kelengkapan dalam berkendara
  • Mematuhi batas kecepatan
  • Usahakan jangan melakukan pelanggaran marka
  • Hindari gadegt pada saat berkendara
  • Manfaatkan sabuk pengaman
  • Tetap patuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas
  • Jangan berkendara dalam kondisi mabuk
  • Hindari melawan arus

Nah, itulah beberapa hal yang penting dan perlu dicermati oleh para pengendara agar tidak terkena tilang saat Operasi Patuh 2018. Tidak sulit bukan untuk menerapkan hal-hal di atas!

Dengan memperhatikan hal di atas, tentu saja saat melewati jalur razia, kawan Autos tidak perlu panik apalagi sampai kabur dengan kendaraan yang dikemudikan. Hal tersebut berbahaya!

Pasalnya, selama ini banyak pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas termasuk tidak melengkapi SIM pada akhirnya memilih alternatif yang keliru yaitu kabur saat ada razia di sejumlah titik jalan. Sontak karena terburu-buru banyak pengemudi pula yang terkena imbasnya. Bila sudah begini, kecelakaan bisa saja terjadi karena kecerobohon tersebut.

Karena itu, bila memang belum melengkapi kelengkapan seperti SIM dan sebagainya sebaiknya segera urus perlengkapan tersebut agar aman saat ada Operasi Patuh 2018.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top