Tips

T-CLOCS, Panduan Pemeriksaan Motor Agar Aman Saat Riding

Memastikan sepeda motor Anda ada dalam kondisi prima akan ikut menjaga keselamatan selama berkendara. Untuk itu periksa kondisi motor dengan panduan T-CLOCS.

Jakarta, Autos.id – Kunci keselamatan berkendara sebenarnya ada pada pengendara atau manusianya. Sedari awal saat menggunakan sepeda motor, seharusnya pengendara telah lebih dahulu memeriksa kondisi kendaraannya mulai dari rem, kopling bahan bakar dan sebagainya. Dengan demikian tidak ada trouble yang bakal terjadi pada motor saat berkendara.

Yudi Prastio, salah satu pelatih Rifat Drive Lab (RDL) mengungkapkan dalam safety riding mereka menggunakan metode khusus yang disebut T-CLOCS sebagai panduan pemeriksaan kendaraan yang akan menjamin kendaraan pemotor layak dikendarai. Dalam T-CLOCS perangkat motor yang perlu diperiksa :

“Yudi Prastio, salah satu pelatih Rifat Drive Lab (RDL) mengungkapkan dalam safety riding mereka menggunakan metode khusus yang disebut T-CLOCS sebagai panduan pemeriksaan kendaraan yang akan menjamin kendaraan pemotor layak dikendarai”

T-CLOCS, Panduan Pemeriksaan motor Agar lebih Aman

Pertama, Tire atau Ban dan rem motor. Hal ini perlu dilakukan karena kedua part ini sangat penting untuk memastikan Anda berkendara dengan aman dan nyaman. Kedua, part-par yang berhubungan dengan Controls seperti Tuas dan pedal rem, selang, Trotle / aksesoris, kabel, kaca spion.

Ketiga, Light atau pencahayaan mulai dari lampu besar dan kecil, lampu sein, lampu rem , baterai dan switch lampu. Keempat, oil dan cairan seperti oli mesin, cairan rem, coolant jika ada, fuel. Kelima : chassis, lakukan pengecekan apakah ada ketretakan pada bagian tertentu atau kekendoran baut hingga kondisi rantai. Keenam, Stand and Safety Gears, saat berkendara gunakan perlengkapan safety gear standar seperti helm, jaket, glove dan sepatu.

Bila semua bagian kendaraan aman, Anda akan lebih percaya diri mengendarai tunggangan anda. Hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam menggaransi keselamatan Anda dalam bermotor selain kedewasaan emosional, kestabilan fisik serta skill berkendara pemotor.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top