Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Pasca Libur Lebaran, Jangan Lupa Lakukan Pengecekan Motor

Last updated on 3 Mei, 2023

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi saat libur Lebaran 2023 lalu. Setelah selesai digunakan dalam perjalanan liburan tersebut, jangan lupa untuk melakukan perawatan motor Anda.

Jakarta, Autos.id  –  Aktivitas perjalanan jauh sangat berpengaruh terhadap beberapa komponen motor sebab motor tersebut sudah menembuh ratusan bahkan ribuan kilometer selama perjalanan mudik.

Pengecekan sepeda motor sangat penting, berikut tips-tips pengecekan setelah perjalanan mudik dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta) :

  1. Mencuci sepeda motor

Setelah menempuh jarak yang jauh, tidak dipungkiri kotoran dan debu banyak yang menempel. Demi menghindari kerak, korosi dan sebelum pengecekan poin lain, cuci motor adalah langkah awal. Gunakan spons yang lembut saat mencuci motor, agar body terhindar dari baret-baret. Bila tidak ingin ribet, cari saja tempat cucian motor yang banyak direkomendasikan orang.

  1. Ganti oli

Setelah menempuh jarak yang jauh, disarankan melakukan penggantian oli untuk tetap menjaga performa kendaraan tetap prima. Selain oli mesin, oli yang perlu dicek adalah oli gear, terutama pada kendaraan matik.

Setelah Libur Lebaran, Jangan Lupa Lakukan Pengecekan Motor

  1. Pengecekan filter udara

Dalam melakukan perjalanan jauh pastinya banyak kotoran dan debu yang menempel pada sepeda motor, termasuk filter udara. Kondisi filter udara yang kotor akan menghambat lajunya udara yang masuk ke ruang bakar, dan menyebabkan motor akan jadi boros bahan bakar. Cek filter udara, bersihkan/ganti dengan sparepart yang baru.

  1. Pengecekan busi

Lakukan pengecekan busi setiap 3000 km dan ganti setiap 9000 km, pastikan ganti dengan sparapert yang original.

  1. Cek rem

Sebagai pengendali kecepatan di sepeda motor, maka rem memiliki peran yang sangat penting. Lakukan pengecekan dan ganti jika kondisi sparepart pada rem sudah melewati batas limit.

Baca juga: Motor Listrik Harus Servis Secara Berkala?

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!