Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mengapa Atlet MotoGP Selalu Tampil Bugar? Ini Rahasianya!

Kebanyakan atlet memiliki kondisi fisik yang sangat fit karena banyaknya aktivitas badan yang dilakukan. Namun, banyak orang beranggapan bahwa pembalap motorsport tidak memerlukan pelatihan intensif seperti atlet, bola basket, atau pemain sepak bola.

Autos.id  –  Itu adalah kesalahpahaman. Olahraga MotoGP dapat menuntut fisik dan mental. Kondisi balap yang menantang bisa sangat melelahkan dan membutuhkan tingkat kebugaran yang intens. Kecepatan yang menggetarkan jiwa dan medan MotoGP yang tak kenal ampun adalah yang terberat. Selain itu, sesi pelatihan untuk pebalap MotoGP didistribusikan dalam empat periode dalam setahun. Mari kita lihat bagaimana para pebalap MotoGP mempersiapkan diri secara fisik untuk balapan!

Waktu pra-musim adalah salah satu yang paling penting bagi para pebalap MotoGP. Saat itulah hanya ada beberapa bulan tersisa untuk musim dimulai, sesi untuk pra-musim dimulai selama bulan Desember.

Para pengendara biasanya mengikuti kombinasi latihan kardio untuk meningkatkan kekuatan dan stamina secara keseluruhan. Sebagian besar pengendara berolahraga selama 6 jam sehari selama enam hari seminggu. Para pengendara mengikuti latihan beban, berolahraga dengan alat gim, dan melakukan latihan isokinetik.

Sesi Latihan Selama Periode Balapan

Selama periode balapan, sesi latihan terlihat sedikit berbeda. Pelatihan fisik untuk setiap pengendara tergantung pada kebutuhan spesifik mereka. Misalnya, seorang pengendara mungkin ingin meningkatkan aspek tertentu dari kemampuan fisiknya untuk menangani sepeda motor dengan lebih baik.

Namun, fokusnya masih tetap pada kekuatan selama periode balapan. Sebagian besar latihan fisik yang dilakukan pembalap bertujuan untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, dan volume otot. Tapi, selama periode balapan, latihan mungkin lebih fokus pada keterampilan berkendara daripada kekuatan fisik lainnya.

Sesi Kebugaran Selama Liburan Musim Panas

Saat liburan musim panas mendekat, sistem latihan mungkin mengalami sedikit perubahan untuk mempersiapkan para pembalap. Liburan musim panas adalah waktu di mana para pebalap telah melewati setengah dari para pebalap, dan ada istirahat selama sebulan. Sesi selama liburan musim panas terlihat mirip dengan rutinitas latihan pra-musim. Namun, beberapa pengendara lebih memilih untuk menyesuaikan dan memodifikasi rejimen pelatihan mereka berdasarkan area fokus tertentu. Tujuan utama dari liburan musim panas adalah untuk memberikan istirahat bagi para pembalap.

Tetap Fit di Akhir Musim

Akhir musim menyaksikan satu balapan terakhir, dan musim ditutup untuk tahun itu. Biasanya, para pengendara membutuhkan waktu sebulan untuk melepas lelah dan bersantai, tetapi tidak berati mereka menghentikan aktifitas fisik secara toral. Selama ini para pebalap melakukan berbagai olahraga seperti bulu tangkis, bola basket, sepak bola, dll. Namun, latihan kardio-respirasi terus dilakukan untuk meningkatkan stamina para pebalap. Dan kemudian, sekali lagi, pra-musim mendekat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Yamaha

Motor MotoGP favorit akan bisa digunakan untuk harian berkat edisi spesial dari Yamaha. Autos.id – Fans balap motor bisa bergembira karena Yamaha R15 V4...

Balap

Menjelang GP Inggris, Andrea Dovizioso akan pensiun dari MotoGP setelah mengikuti Grand Prix San Marino bulan depan. Autos.id  –  Pemenang  Grand Prix 24 kali, Juara...

Motor

Artinya secara resmi Suzuki akan meninggalkan dua ajang balap bergengsi yaitu MotoGP dan EWC pada akhir tahun 2022 ini. Autos.id – Setelah memutuskan untuk...

Balap

Menjelang akhir pekan di sikuit Assen, Bagnaia berada 91 poin di belakang Quartararo setelah dua kali berturut-turut tidak mencapai garis finish, Autos.id  –  Meski...