Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mau Irit BBM & Aman Berkendara? Perhatikan Hal Ini!

Last updated on 16 Desember, 2022

Semakin mahalnya harga BBM, semakin banyak juga masyarakat yang paham jenis kendaraan skutik yang menawarkan irit bahan bakar.

Jakarta, Autos.id  – Bukan hanya irit, tetapi untuk berkendara wajib pula untuk dijalani dengan nyaman, terlebih lagi saat menggunakan motor skutik. Bagi para biker yang gemar melakukan touring, perlu mengetahui tips terkait tata cara berkendara irit bahan bakar, karena cukup efektif menghemat pengeluaran biaya saat perjalanan.

Berikut ini Wahana Makmur Sejati memberikan tips berkendara dengan nyaman, namun tetap irit.

  1. Bawa Barang Sesuai Kapasitas

Sebaiknya, berkendara tidak dengan membawa barang yang melebihi kapasitas (overload) daya angkut motor.

Biasanya saat hendak touring, motor kerap dipasangi dengan touring box pada sisi kanan, kiri dan belakang body motor untuk menaruh barang tanpa mengindahkan kemampuan daya angkut motor yang berujung pada kelebih beban.

Kondisi overload, selain membuat kinerja mesin menjadi berat, bisa berimbas pada borosnya pemakainan bensin. Kondisi overload ini  juga membahayakan pengendara karena dapat menghilangkan keseimbangan motor terutama saat sedang bermanuver.

  1. Motor Selalu Prima

Wajib dipercaya, kondisi motor yang prima bisa jadi salah satu faktor dalam menunjang keiritan berkendara.  Karenanya, sebelum menyalakan mesin dan berkendara di jalan raya, pastikan motor dalam kondisi baik.

Cek juga tekanan ban. Dan ini wajib dalam kondisi normal. Karena jika ban kurang angin, maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Usahakan selalu bersikap tenang dalam berkendara

Bukan cuma itu, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan motor tetap optimal sehingga konsumsi bahan bakar tidak boros.

  1. Tenang Dalam Berkendara

Selain kondisi motor yang prima, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga ke iritan bensin adalah cara berkendara. Jika semakin agresif gaya berkendara dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor mejadi sangat boros.

Oleh karena itu, perlu cara berkendara yang smooth atau halus dan kalem dalam hal pengoperasian motor. Saat membuka gas lakukan perlahan dan selalu jaga kecepatan secara konstan. Jangan lakukan pengereman mendadak (terkecuali emergency) sehingga suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar menjadi lebih terukur dan irit.

  1. Kenali & Teknologi & Fitur Motor

Beberapa motor belakangan ini dilengkapi teknologi dan fitur yang cukup fungsional guna mendukung perjalanan. Seperti indicator pada speedometer memberitahu bahwa pengendara sedang mengoperasikan motor dalam kondisi irit bahan bakar.

Dengan mengenali teknologi yang ada pada motor, kamu bisa memantau sejauh mana bensinmu pada motor kamu sudah terpakai.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Wahana Honda memberikan tips agar motor dapat dijual dengan harga tinggi Jakarta, Autos.id –  Asean Automotive Federation yang beranggotakan enam negara Asean (Indonesia, Malaysia,...

Tips

Last updated on 10 Januari, 2023 Liburan Natal dan tahun baru 2022 telah usai, mari manjakan lagi sepeda motor yang ‘lelah’ usai temani perjalanan...

Tips

Busi adalah suatu suku cadang kecil yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Jakarta, Autos.id  –  Busi dipasang untuk...

Tips

Last updated on 19 Desember, 2022 Kaliper rem merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor.  Komponen ini berfungsi sebagai mekanis atau penggerak...