Tips

Lebih Tepat Berapa Interval Penggantian Oli?

TERNYATA PENGGANTIAN OLI TERBAIK DIHITUNG DARI INTERVAL JARAK DAN BERAPA LAMA MOBIL DIGUNAKAN.

Autos.id – Mengganti oli pada mesin mobil akan menjaga mobil berada pada kondisi terbaiknya untuk dibawa berkendara. Namun masih banyak yang belum mengerti tentang kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli.

TIDAK SELALU BERGANTUNG KILOMETER

Banyak yang menanyakan tentang berapa kilometer ganti oli mobil untuk mendapatkan mesin dan pengendaraan yang mulus. Tetapi pada dasarnya, oli mesin juga memiliki masa kedaluarsanya tersendiri. Karena itu, bagi Anda yang tak terlalu sering berkendara, tentu saja mengganti oli berdasarkan kilometer menjadi tak terlalu relevan.

Seperti dalam keadaan #DiRumahAja ketika Anda tidak menggunakan mobil untuk bepergian, Anda tetap harus mengganti oli ketika sudah mencapai enam bulan atau satu tahun. Meskipun dalam rentang waktu tersebut Anda hanya menempuh sepanjang 5.000 kilometer.

Memeriksa Tongkat Celup Mobil

Lakukan penggantian oli tepat waktu meskipun jarang menggunakan mobil. Selain itu, Consumer Reports menegaskan bahwa penggantian oli memang berbeda bagi setiap kendaraan. Karena itu, Anda harus memperhatikan buku manual dan rekomendasi dari pabrikan. Jangan membuat asumsi berdasarkan interval yang sering dijelaskan oleh berbagai laman atau video otomotif.

Sebagian besar mobil modern, termasuk pikap dan SUV, memiliki monitor yang akan mengingatkan pengemudi kapan harus mengganti oli mesin. Sistem ini biasanya akan memantau jumlah kilometer yang telah dijalani kendaraan serta betapa lama mobil dikendarai. Jadi bukan hanya menjawab tentang ganti oli mobil tiap berapa kilometer.

PENGGANTIAN OLI GARDAN

Mungkin banyak yang mengamini ganti oli mobil setahun sekali. Namun dalam beberapa kesempatan, transmisi yang digunakan juga memiliki perbedaan tersendiri dalam penggantian oli. Berikut beberapa perbedaan penggantian oli gardan untuk masing-masing transmisi,

Detail Gear

TRANSMISI MANUAL PROSES MENGGANTI OLI GARDAN PADA MOBIL

Transmisi manual biasanya mengganti oli gardan sekitar 60.000 kilometer

Transmisi manual dilumasi dengan oli gardan atau oli mesin yang harus diganti secara berkala. Patokan mengganti oli untuk transmisi manual memang tak sesering transmisi otomatis. Evo Lubricants menyarankan untuk mobil bertransmisi manual biasanya melakukan penggantian oli sekitar 60.000 kilometer atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dulu).

TRANSMISI OTOMATIS

Cairan transmisi otomatis atau ATF (Automatic Transmission Fluid) adalah cairan yang digunakan dalam kendaraan dengan perpindahan gigi pada ransmisi otomatis. Biasanya berwarna merah atau hijau untuk membedakannya dari oli mesin.

Pengertian Transmisi

Cairan ini merupakan oli mineral yang sangat halus untuk kebutuhan transmisi otomatis, seperti gesekan pita rem hingga melumasi gigi. Lalu berapa kilometer ganti oli mobil matic? Evo Lubricant menyarankan agar Anda mengganti oli gardan setiap 20.000 kilometer atau 1 tahun, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

TRANSMISI CVT

Transmisi CVT memang termasuk transmisi otomatis. Tetapi teknologi yang lebih canggih dan lebih rumit membuatnya memiliki rentang penggantian oli tersendiri. Ada cairan CVT (Continuous Variable Transmission Fluid) atau dikenal dengan nama CVTF. CVTF biasanya mengandung berbagai macam senyawa kimia untuk menunjukan pekerjaan spesifikasi CVTF tertentu.

Kebanyakan CVTF mengandung kombinasi pencegah karat, anti-busa adiktif, senyawa anti-oksidasi, deterjen, hingga surfaktan. Beberapa interval penggantian yang disarankan adalah setiap 10.000 kilometer atau 6 bulan atau setiap 20.000 kilometer atau 1 tahun. Semuanya tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

JANGAN LUPA MENGECEK FILTER OLI

Pengecekan Berkala

Nitifilter menganjurkan untuk mengganti filter oli setiap kali mengganti oli. Mengapa? Pertama, agar oli baru tidak terkontaminasi oleh oli lama dan juga karena filter kehilangan efektivitasnya dari waktu ke waktu.

Seiring waktu, filter tersumbat dan akhirnya beresiko membuat mesin tidak berfungsi dengan maksimal. Kotoran yang mengendap akan menumpuk jika tidak diganti sehingga mengakibatkan oli tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Inilah sebabnya Anda perlu mengganti oli dan filter oli pada saat yang sama, tergantung pada jarak tempuh atau indikator perawatan kendaraan jika Anda memilikinya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top