Tips

Kaca Samping Mobil Susah Turun Naik? Ini yang Harus Dilakukan

Sering kali kaca samping pada mobil mengalami kendala sulit untuk naik turun, berikut ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Jakarta, Autos.id  –  Power window yang terpasang pada pintu mobil berfungsi memudahkan pengguna mobil untuk membuka dan menutup kaca jendela. Tetapi, tidak jarang perangkat tersebut mengalami masalah, seperti kaca tidak bisa turun atau sebaliknya kaca tidak bisa naik. Masalah lain yang juga bisa terjadi pada perangkat ini adalah kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik atau pun turun.

Nah, untuk tahu apa saja yang menjadi penyebabnya, berikut adalah beberapa masalah yang ada di power window.

Masalah pada sekring

Cara mengecek yang paling mudah dari sekringnya. Namun jika ternyata sudah diganti, tapi tetap bermasalah atau putus lagi, kita harus dicek bagian lain, kemungkinan terjadi korslet. Fungsi sekring adalah pemutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekring tersebut rusak, bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi.

Kelistrikan dan saklar power window

Jika sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

Motor atau regulator power window

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window, Mungkin memang sudah lemah, atau sudah mengalami aus di geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

Itulah beberapa pengecekan yang sebaiknya Anda lakukan jika ada masalah pada kaca mobil Anda. Anda kesulitan atau tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan tersebut sendiri? Segera bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi Suzuki. Mekanik andal siap memperbaiki apa pun masalah pada kendaraan Anda, termasuk masalah pada kaca jendela.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekattelepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top