Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jaga Performa Mesin Tetap Prima, Begini Cara Perawatan Truk yang Benar!

Fuso Fighter X hadir dengan mesin euro4 dengan teknologi commonrail

Bagi pemilik truk, perawatan agar kendaraannya tetap prima memang terbilang susah-susah gampang.

Jakarta, Autos.id  –  Berbeda dengan fungsi kendaraan biasa, truk biasanya banyak digunakan untuk bisnis logistik, konstruksi, perkebunan, dan jenis muatan berat lainnya. Namun soal perawatan, sama halnya seperti kendaraan bermotor lainnya mesin kendaraan truk pun harus dirawat dengan perlakuan khusus supaya tetap awet dan selalu dalam kondisi prima.

Hanya saja mengingat load pekerjaan truk yang tidak ringan dan cenderung berat, maka perawatan truk merupakan hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kesalahan dalam hal perawatan malah akan mengakibatkan mesin cepat rusak dan pada akhirnya menambah biaya pengeluaran perbaikan yang tak sedikit.

Untuk menghindari kesalahan dalam merawat truk dan kerusakan mesin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa tips merawat mesin truk supaya awet dan tetap memberikan performa terbaiknya, seperti dirangkum dari typestrucks.com.

  1. Perhatikan masa perawatan secara periodik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masa perawatan truk itu sendiri. Semua truk memiliki periode atau masa perawatan. Misalnya, truk yang telah beroperasi dengan jarak 10 ribu kilometer harus ada perawatan berkala dengan mengganti filter udara atau pelumas pada jarak 20 ribu kilometer.

Mitsubishi Fuso

Mitsubishi Colt Diesel

2. Panaskan mesin dengan teratur

Mesin truk yang baru dinyalakan tidak boleh langsung dijalankan. Hal yang benar untuk dilakukan adalah dengan memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Fungsi dari memanaskan mesin ini adalah agar semua komponen mesin benar-benar sudah siap untuk bekerja sebelum truk benar-benar dijalankan. Hal ini akan memberi waktu kepada oli untuk naik dan mencapai sela-sela mesin. Sehingga ketika benar-benar digunakan mesin telah terlumasi dengan sempurna.

3. Rajin memeriksa dan membersihkan filter udara

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi filter udara. Filter udara berfungsi sebagai tempat disaringnya udara yang membantu proses pembakaran pada mesin. Dengan sering melakukan pembersihan pada filter udara, tentunya bagian mesin akan lebih terawat dengan baik terutama area komponen pembakaran sistem injeksi atau karburator. Jadi, jika sudah melihat filter udara perlu dibersihkan, jangan ragu untuk segera dibersihkan.

4. Ganti oli secara berkala

Sama halnya seperti motor dan mobil, oli di truk pun perlu diganti secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan perlindungan terhadap mesin truk dapat diberikan secara maksimal. Dengan demikian, sistem pelumasan pada mesin pun dapat terjaga dan mengurangi gesekan antar komponen. Bukan hanya mengganti oli secara berkala, kualitas oli pun harus diperhatikan. Gunakan oli dengan merek berkualitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan truk.

5. Cek tangki bahan bakar

Pastikan tangki bahan bakar selalu tersedia. Baik ketika akan digunakan atau tidak, bahan bakar harus senantiasa tersedia dan tidak boleh kehabisan. Pasalnya, ketika tangki kosong, kondisi kondensasi berisiko terjadi dan bisa menyebabkan karat. Jika sudah terjadi karat, maka serpihannya dapat masuk ke fuel pump dan berujung pada mesin yang sulit dinyalakan.

6. Rajin membersihkan truk

Tips perawatan truk yang tak kalah penting, yaitu jangan malas membersihkan semua bagian truk terutama mesin. Rutin membersihkan truk ini berfungsi untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian mesin. Karena jika tidak dibersihkan dalam jangka panjang akan dapat merusak mesin secara permanen. Cara membersihkannya yaitu dimulai dari area mesin hingga ke sela-sela yang sulit di jangkau. Lakukan juga pembersihan pada seluruh bagian truk mulai dari area box cargo hingga bagian depan di area supir.

7. Gunakan truk sesuai muatan

Tips selanjutnya, yaitu gunakan truk sesuai dengan muatan dan kapasitasnya. Setiap kendaraan memiliki ketentuan dan kapasitas muatan. Agar truk bekas awet dan tetap bekerja dengan optimal, biasakan untuk tidak mengangkut barang melebihi ketentuan pabrikan. Semakin sering truk digunakan mengangkut muatan yang berlebih atau overtonase, maka truk akan lebih mudah rusak dibanding truk yang mengangkut muatan secara wajar atau sesuai ketentuan.

8. Rutin membawa ke bengkel resmi

Tips terakhir yang tak boleh terlewat, tentunya selain melakukan perawatan pribadi seperti yang sudah disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk membawa truk kesayangan Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh. Dengan demikian, jika ditemukan ada problem pada truk, hal tersebut bisa langsung diatasi. Truk Anda pun akan lebih optimal, awet, dan pastinya produktivitas bisnis tidak akan terhenti.

Itulah beberapa tips perawatan truk yang bisa dilakukan agar performa mesin truk Anda tetap prima. Anda juga bisa mencari dan menemukan kendaraan truk yang Anda butuhkan di speedco truck lube and tires. Nah, jika sudah menemukan truk yang cocok, maka hal-hal tadi wajib Anda lakukan karena selain dapat menjaga mesin truk tetap sehat dan prima perawatan truk yang benar dapat memperpanjang usia dan produktivitas mesin truk Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga