Tips

Iniliah Fungsi Filter Bensin Pada Mobil

Filter bensin memang berperan penting karena dapat membantu menjaga performa mobil. Bagian ini sangat penting, namun masih banyak pengemudi yang belum mengetahui filter bahan bakarnya.

Jakarta, Autos.id  –  Jika lalai merawat filter bahan bakar mobil, maka akan sangat merugikan pengemudi. Biasanya filter bahan bakar sulit dibuka, namun masih bisa dibersihkan untuk menghilangkan segala jenis kotoran yang mengendap.Jika penumpukan debu terlalu parah, filter udara harus diganti dengan yang baru. Pasalnya, waktu pengendapan kotoran yang terlalu lama akan sulit dibersihkan, dan biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Berikut ini merupakan fungsi filter bensin pada mobil :

1. Menyaring Kotoran

Secara umum, fungsi utama dari saringan filter bahan bakar mobil yaitu untuk menyaring berbagai kotoran yang terdapat di dalam bahan bakar. Apabila tidak ada proses penyaringan, tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan pada mobil. Pastikan Anda membersihkan saringan kotoran secara rutin, agar kebersihan saringan terjaga dengan baik. Proses ini bisa dilakukan di rumah, karena sangat simpel. Namun jika kotoran yang menempel terlalu banyak, maka Anda bisa membawa mobil ke bengkel.

2. Penyaring Elemen Air dalam Bahan Bakar

Filter bensin juga berfungsi untuk menyaring berbagai elemen air yang biasanya terdapat di bahan bakar. Bukan tidak mungkin bahan bakar bisa bercampur dengan air dan penyebab pencampurannya sangatlah bervariasi. Keberadaan air yang tidak tersaring, tentu akan menghambat performa mobil. Dengan adanya filter bahan bakar, maka risiko pencampuran bahan bakar dengan elemen lain bisa dihindarkan dan tentunya membuat performa mobil tetap stabil.

3. Alat untuk Menurunkan Kecepatan Aliran Bahan Bakar

Filter bahan bakar juga berfungsi untuk menurunkan aliran kecepatan bahan bakar yang disalurkan ke berbagai bagian atau ruang pembakaran. Dengan begitu, maka mobil bisa melaju dengan stabil dalam berbagai kondisi jalan. Dengan adanya penurunan aliran bahan bakar, maka berbagai komponen dan partikel berbahaya tidak akan tersalurkan ke ruang pembakaran. Jika komponen atau partikel lain masuk ke ruang pembakaran, maka akan menimbulkan endapan di bagian bawah.

4. Mencegah Saringan Bahan Bakar Tak Tersumbat

Saat saringan bahan bakar mengalami penyumbatan, maka tahanan dalam aliran bahan bakar akan semakin meningkat atau bertambah. Apabila hal ini sudah terlanjur terjadi, maka akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke karburator mobil lebih banyak dan membuat boros penggunaan bahan bakar. Pada saat mesin melakukan perputaran yang tinggi, maka mesin mobil pastilah membutuhkan kiriman bahan bakar dalam jumlah yang besar dan hal ini akan membuat tenaga mesin semakin menurun, karena kurangnya pasokan bahan bakarnya.

Pasokan bahan bakar akan disalurkan dari tangki bahan bakar, karena adanya penyumbatan di bagian saringan bahan bakar. Apabila anda sering kehabisan bahan bakar di area mesin, maka akan membuat saringan mobil menjadi tersumbat. (M. Faudzan/ibd)

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top