Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Inilah Daftar Komponen Yang Wajib Dicek Usai Mudik, Apa Saja?

Setelah digunakan menempuh perjalanan mudik, beberapa komponen mobil ini wajib dicek saat servis berkala. Apa saja?

Autos.id  –  Setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, berbagai komponen pada mobil perlu dicek saat servis berkala. Hal ini guna mengantisipasi manakala ada komponen yang perlu diganti. Karena semua komponen yang ada di dalam mobil memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya guna menjaga kondisi pada mesin.

Dilansir dari Seva.id, jika salah satu mengalami kerusakan dan dibiarkan begitu saja, maka akan merambat ke komponen lainnya. Apa saja sih komponen-komponen tersebut?

Ban mobil

Ban mobil merupakan komponen luar yang langsung berhadapan dengan jalanan yang dilewati. Terkadang ketika mengemudikan mobil sering kali tidak hati-hati dan malah menerabas jalan berlubang atau tidak rata dengan kecepatan tinggi. Untuk itu, ban perlu dicek saat servis berkala seusai mudik.

Apabila ketebalan pada ban sudah menipis maka akan mengurangi kemampuan daya cengkramnya, dan bisa menjadi penyebab risiko terjadinya kecelakaan. Jika sudah seperti itu usahakan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Kampas rem

Fungsi utama kampas rem yaitu mempermudah sistem pengereman mobil. Kampas rem juga berfungsi sebagai pengatur laju ban mobil. Penggunaan mobil secara terus menerus akan membuat kampas rem menjadi menipis. Ada berbagai efek buruk yang akan terjadi jika menggunakan kampas rem dengan kondisi tersebut, seperti timbulnya suara decitan saat mengerem mobil hingga bisa saja rem blong.

Filter AC

Apabila filter AC jarang dibersihkan atau diganti bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri maupun kuman akibat menumpuknya kotoran. Hal tersebut akan membuat kinerja pada filter AC tidak maksimal lagi. AC pun tidak terasa dingin seperti biasanya dan yang pasti akan mengganggu kenyamanan penggunanya. Maka dari itu filter AC pada mobil wajib dicek saat servis berkala. Apabila kondisinya sudah tidak lagi prima, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Filter AC

Kampas kopling

Jika mobilmu menggunakan transmisi manual, menipisnya kampas kopling akan berpengaruh terhadap tenaga mesin yang tidak bisa maksimal saat dialirkan ke ban. Kampas kopling yang mulai aus bisa dirasakan bila saat di tanjakan dalam kondisi stop and go.

Kampas kopling yang panas dan aus akan mengeluarkan aroma menyengat. Usahakan saat ingin mengganti kampas kopling setiap mobil menempuh jarak 10.000 kilometer hingga 50.000 kilometer.

Busi

Busi sendiri memiliki fungsi utama untuk menyalakan mesin mobil dengan memercikkan api ke dalam ruang bakar yang telah terkompresi dengan campuran bensin dan udara.

Lalu jika bahan bakar pada mobil mulai terasa boros, maka perlu mengganti komponen busi dengan yang baru. Busi perlu diganti apabila setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 kilometer.

Filter udara

Berfungsi menyaring udara yang masuk pada mesin sebelum diteruskan ke ruang pembakaran pada mobil, apabila filter sudah terlalu kotor maka akan menghambat udara yang masuk ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya penggunaan bahan bakar jadi semakin boros. Usahakan untuk menggantinya setiap mobil menempuh jarak sekitar 40.000 kilometer.

Aki

Komponen penting lainnya yang wajib dicek saat servis berkala adalah aki. Ciri bahwa aki perlu diganti yaitu jika sistem alarm pada mobil mati. Selain itu, air pada aki basah perlu ditambah secara rutin. Hal ini dilakukan guna menghindari kinerja mesin yang akan melemah. Baik aki basah maupun aki kering perlu diganti jika sudah mencapai usia pakai antara 1 sampai 3 tahun.

Filter oli dan oli mesin

Komponen mobil yang satu ini wajib untuk selalu diperhatikan. Penggunaan oli terlalu lama akan menyebabkan masalah besar pada mobil, yakni penurunan kinerja pada mesin mobil.

Selain harus mengganti oli secara teratur, penggantian filter oli juga perlu dilakukan. Apabila filter oli sudah usang dan kotor maka proses penyaringan tidak maksimal. Oleh karena itu, oli mesin maupun filter oli perlu dicek saat servis berkala.

Lampu

Komponen ini seringkali dianggap remeh oleh para pemilik mobil. Setiap kendaraan tidak luput dengan penggunaan lampu. Semakin sering menggunakan mobil maka usia lampu juga akan semakin pendek.

Usahakan ketika ingin memasang, harus dilakukan dengan benar agar lampu tahan lama dan bisa menghemat bahan bakar pada mobil. Pastikan juga untuk melakukan pengecekan secara rutin. Untuk usia penggunaan lampu pada mobil biasanya selama 1,5 tahun. Jika lampu sudah mulai redup disarankan untuk segera menggantinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga