Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Ingin Berkarir Sebagai Pembalap F1? Simak Caranya!

Formula One adalah olahraga otomotif paling populer di dunia saat ini dan juga menjadi kasta tertinggi dari balap mobil internasional. Tentunya banyak sekali yang ingin jadi pembalap mobil formula berkursi tunggal ini. Tertarik mencoba? Berikut kami jabarkan cara-cara agar Anda bisa memulai karir sebagai Pembalap F1.

Autos.id  –  Memasuki dunia balap tidaklah murah. Salah satu kenyataan pahit dari dunia balap adalah seberapa tergantungnya para pembalap dengan sokongan finansial. Bahkan jika Anda memiliki bakat, Anda mungkin tidak dapat bersaing di tingkat yang tinggi karena kurangnya faktor finansial. Keterampilan bukan satu-satunya penentu dalam persaingan, Anda juga membutuhkan banyak uang. Terutama ketika Anda baru memulai karir balap, Anda tentunya membutuhkan sebuah mobil.

Dan mobil yang digunakan dalam balapan tidak murah. Sponsor sulit didapat pada saat anda baru memasuki tahap awal, jadi Anda sendiri yang kemungkinan harus menggocek uang untuk memasuki dunia balap ini.

Ikut Akademi Balap

Untuk memulai karir di dunia balap, Anda harus dipandu dengan benar dan memiliki ilmu yang sesuai dengan dunia. Cara terbaik untuk mendapatkan pelatihan tersebut adalah masuk ke akademi balap di mana Anda akan dibimbing oleh pembalap profesional dan ahli. Berbagai tim Formula 1 memiliki akademi balap mereka sendiri yang digunakan untuk mencari bibit-bibit pembalap muda berbakat, namun, tetap saja akademi tersebut akan sulit dimasuki jika pada awalnya Anda belum memiliki ketrampilan balap sama sekali.

Setelah berhubungan dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang balap, Anda akan mendapat ilmu tentang bagaimana memulai karir pembalap Anda seperti cara mencari sponsor, bimbingan karir, mengatur kebugaran, pelatihan media, dan banyak lagi. Ini bisa menjadi dorongan besar dalam karir Anda serta meningkatkan kepercayaan diri anda.

Awali dengan Balap Gokart

Banyak pebalap F1 profesional saat ini memulai karir mereka melalui balap gokar saat usia mereka masih sangat muda, bahkan sejak umur 3 sampai 5 tahun. Balap Gokar bisa menjadi langkah awal dalam karir Anda di dunia balap, karena ajang balap ini bisa menjadi platform untuk Anda menambah pengalaman di kompetisi balap lokal maupun internasional.

Melatih Bakat

Terlepas dari banyak faktor, bakat tetap jadi unsur paling penting untuk menjadi pesaing teratas di dunia F1. Anda harus mulai melatih diri semenjak dini agar bisa miliki ketrampilan balap yang luar biasa dan menjadi yang terbaik di dunia balap.

Dapatkan Super License

Selain kerja keras, tentunya, untuk menjadi salah satu pembalap F1 harus memenuhi beberapa persyaratan yang diatur oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile). Syarat utama untuk memasuki mobil balap kursi tunggal ini, Anda harus terlebih dahulu untuk memiliki apa yang disebut sebagai Super License. Super License ini seperti sim tersendiri untuk dapat mengendalikan mobil Formula One. Namun, tidak sembarang orang bisa dapatkan Super License ini, Anda harus memenuhi ketentuan seperti ini:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Pemegang lisensi kompetisi international tingkat A
  • Pemegang SIM yang sah
  • Lulus tes teori FIA tentang pengetahuan regulasi F1
  • Menyelesaikan setidaknya 80% dari dua musim kejuaraan dari balap kursi tunggal mana pun
  • Mengumpulkan setidaknya 40 poin selama tiga musim kejuaraan sebelumnya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga