Tips

Hati-hati, Kesalahan Sepele Ini Bisa Hilangkan Nyawa Saat Berkendara

Perhatikan hal-hal dibawah ini sebelum berkendara dengan motor

Jakarta, Autos.id  –  Anda pasti sudah familiar dengan aturan berkendara seperti wajib memakai helm, tidak boleh melanggar lampu merah, dan juga tidak boleh melawan arus. Meski demikian ternyata ada pengendara yang sudah mematuhi aturan lalu lintas namun masih melakukan beberapa kesalahan berkendara yang ‘tak terlihat’.

Memakai helm, namun tak sampai berbunyi ‘klik’

Memakai helm saat naik motor memang wajib hukumnya. Tapi tahukah Anda kalau memakai helm saja tidak cukup? Anda juga perlu memastikan helm terkunci dengan baik. Sebab jika tidak, helm bisa saja terlempar saat Anda terjatuh dan kepala pun tidak bisa terlindungi. Pastikan pula Anda menggunakan helm dengan standar SNI yang sudah terjamin kekuatan dan kualitasnya.

Mengabaikan spion

Banyak orang yang berkendara tanpa mempedulikan posisi spion. Padahal spion berfungsi untuk mengetahui kondisi kendaraan di belakang saat Anda akan berbelok atau menyebrang. Jika tidak memperhatikan kondisi melalui spion, Anda cenderung lebih ceroboh karena tidak memperhatikan pengendara lainnya.

Membawa terlalu banyak barang

Salah satu kebiasaan buruk orang Indonesia saat berkendara adalah membawa terlalu banyak barang. Padahal, naik motor membutuhkan keseimbangan yang baik terlebih jika Anda suka memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Membawa terlalu banyak barang, baik itu yang berat atau besar ukurannya, hanya akan mengurangi ketangkasan motor dan menyebabkan ketidakseimbangan saat mengemudi.

Memakai headset

Memang asyik ya, berkendara sambil mendengarkan musik favorit? Tapi hal ini ternyata sangat berbahaya. Sebab saat mendengarkan musik, konsentrasi otak pun terpecah sehinggga Anda tidak terlalu peka terhadap kondisi sekitar. Belum lagi jika volume musik terlalu keras, Anda tidak akan bisa mendengarkan suara klakson dari kendaraan lain.

Mulai sekarang, pastikan lebih waspada dalam berkendara. Jangan sampai membahayakan diri sendiri dan juga orang lain yang ada di jalan raya. Ingat juga bahwa mematuhi peraturan perlu dilakukan kapan pun juga, bukan hanya ketika Anda mengetahui akan diadakan razia.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top