Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Cara Mudah dan Cepat Cek Ranmor DKI Jakarta

Cek Ranmor DKI Jakarta.
Cek Ranmor DKI Jakarta. (Sumber: Google Play)

Last updated on 6 Juli, 2023

Apa sih fungsinya cek ranmor? Bagaimana cara ceknya dengan mudah dan cepat untuk di wilayah DKI Jakarta?

Autos.id – Setiap kendaraan bermotor (ranmor) yang berlalu-lalang di jalan pasti memiliki identitas. Identitas tersebut memiliki banyak jenis, salah satunya adalah nomor plat atau nomor polisi yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan.

Cara Mudah dan Cepat Cek Ranmor DKI Jakarta Secara Online

Dalam era teknologi yang semakin maju, proses cek nomor kendaraan bermotor (ranmor) di DKI Jakarta menjadi semakin mudah dan cepat. Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan, yaitu melalui aplikasi di smartphone, situs website, dan layanan pesan singkat.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing cara:

1. Aplikasi di Smartphone untuk cek ranmor

Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta.

Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta. (Sumber: Google Play)

Untuk memudahkan proses cek nomor kendaraan bermotor, Anda bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini umumnya gratis dan mudah untuk gunakan.

Setelah mengunduh, Anda hanya perlu memasukkan nomor kendaraan yang ingin Anda cek, kemudian informasi mengenai kendaraan tersebut akan muncul.

2. Situs Website

Cek Ranmor DKI Melalui Situs Website.

Cek Ranmor DKI Melalui Situs Website. (Sumber: samsat-pkb2.jakarta.go.id)

Selain menggunakan aplikasi di smartphone, Anda juga bisa menggunakan situs website untuk cek nomor kendaraan bermotor. Beberapa situs yang menyediakan layanan ini antara lain Samsat Online Jakarta, Cek Ranmor Jakarta, dan Jakarta Check. Untuk menggunakan layanan ini, Anda hanya perlu membuka situs web tersebut, kemudian memasukkan nomor kendaraan yang ingin Anda cek.

3. Layanan SMS cek ranmor

Cek Ranmor DKI Jakarta Melalui SMS.

Cek Ranmor DKI Jakarta Melalui SMS. (Sumber: CNN)

Anda juga bisa menggunakan layanan pesan singkat (SMS) untuk cek nomor kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengirimkan pesan dengan format tertentu ke nomor yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Setelah itu, Anda akan menerima informasi mengenai kendaraan yang Anda cek.

Baca juga: SIM Offline vs Online, Mana yang Lebih Cepat?

Fungsi Cek Ranmor

cek ranmor

Anda mungkin bertanya-tanya apa fungsi dari cek nomor kendaraan bermotor. Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut adalah diantaranya:

1. Mengetahui Informasi Pemilik Kendaraan Bermotor

Dengan memeriksa nomor kendaraan, Anda dapat mengetahui informasi mengenai pemilik kendaraan tersebut. Misalnya, jika terjadi kecelakaan, korban yang tidak dikenal dapat dilacak dengan menggunakan nomor kendaraan yang tertera pada plat nomor depan dan belakang kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan.

Dengan mengetahui identitas pemilik kendaraan, informasi terkait kejadian tersebut dapat ditemukan dengan lebih mudah. Pemeriksaan nomor kendaraan juga sangat berguna jika Anda akan membeli kendaraan bekas secara online untuk mengetahui legalitas kepemilikan kendaraan tersebut.

2. Mengetahui Status Pajak Kendaraan

Dengan mengetahui nomor kendaraan, Anda juga dapat mengetahui status pajak kendaraan. Jika plat nomor menunjukkan bahwa kendaraan tersebut telat membayar pajak, pihak kepolisian dapat menilang pemiliknya agar segera menyelesaikan pajak yang tertunggak.

Status pajak juga penting saat akan membeli mobil bekas, karena Anda akan tahu apakah mobil bekas tersebut telah membayar pajak atau belum.

3. Melacak Kendaraan yang Hilang

Jika terjadi pencurian kendaraan, plat nomor kendaraan akan sangat membantu untuk melakukan pelacakan. Dengan mengetahui nomor kendaraan, Anda dapat memposting informasi tersebut di media sosial dan meminta masyarakat untuk memberikan informasi jika melihat kendaraan dengan nomor tersebut yang telah tercuri. Dengan cara ini, kendaraan tersebut akan memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan.

4. Menelusuri Tindak Kejahatan ranmor

Ketika terjadi tindak kejahatan, pihak kepolisian dapat dengan mudah melacak pelaku kejahatan melalui nomor kendaraan yang tertera pada kendaraan yang mereka gunakan. Ini tentu saja sangat membantu dalam menelusuri pelaku tindak kejahatan tersebut.

Baca juga: Tips lulus Uji Emisi, Cek Disini

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Salah satu rute mudik Lebaran yang paling banyak adalah Jakarta-Yogyakarta, berapa tarifnya sekarang ini? Autos.id – Tiket bus masih menjadi incaran masyarakat yang akan...

Berita Otomotif

Wonogiri menjadi salah satu kota tujuan bagi para pemudik Lebaran dari Jakarta. Autos.id – Wonogiri menjadi salah satu rute yang cukup ramai dilalui oleh...

Berita Otomotif

Salah satu tujuan mudik lebaran di tahun 2023 adalah dari Jakarta ke Semarang. Autos.id – Jelang lebaran tahun 2023, banyak masyarakat mulai mencari harga...

Berita Otomotif

Salah satu tujuan mudik lebaran yang paling banyak dari Jakarta adalah menuju Malang. Autos.id – Menuju Lebaran 2023, biasanya masyarakat mulai mencari harga tiket...

error: Content is protected !!