Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Busi Bermasalah? Perhatikan Tanda-Tandanya!

Busi adalah suatu suku cadang kecil yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar.

Jakarta, Autos.id  –  Busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Komponen kecil ini memiliki peranan penting pada motor. Tanpa adanya busi, mesin motor tentunya tidak bisa dinyalakan. Karena bentuknya kecil sering kali membuat para pengguna kendaraan motor tidak memperhatikan kondisinya.

Padahal, komponen ini harus dipantau secara berkala untuk menghindari berbagai kendala saat sedang berkendara. Apabila jika busi rusak, begini yang kita rasakan :

  1. Motor Sulit Dinyalakan

Jika motor sering mengalami kesulitan ketika dinyalakan, ini seebtulnya salah satu tanda busi rusak.

Karena busi rusak tidak mampu menghasilkan percikan api yang cukup di ruang bakar, sehingga motor jadi sulit untuk dinyalakan, baik dengan kick starter maupun electric starter.

  1. Kurang Responsif

Jika tarikan mesin motor kurang responsive, ini juga tanda busi bermasalah. Hal ini dikarenakan adanya perubahan celah busi antara elektroda dan ground.

Untuk dapat menghindarinya, ganti busi secara rutin. Idealnya, diganti secara berkala setiap 6.000 kilometer. Pastikan pula menggunakan kode busi yang sesuai motor Anda setiap kali melakukan penggantian.

  1. Misfire

Busi rusak yang berakibat performa kendaraan motor jadi menurun biasanya juga akan mengalami kondisi misfire dalam ruang bakar. Hal ini bisa Anda rasakan ketika mesin motor berhenti sesaat dan kembali berfungsi normal.

Biasanya, hal ini sering diabaikan oleh para pengguna motor, namun hal ini merupakan salah satu tanda bahwa busi motor Anda harus segera diganti karena bisa menyebabkan motor mati kapan saja dan membahayakan ketika sedang berkendara.

  1. Mesin Pincang

Jika motor kesayangan Anda memiliki lebih dari satu silinder, busi rusak juga tentu akan mengurangi performa motor kesayangan Anda. Pada umumnya, motor akan mengalami pincang mesin karena salah satu silindernya jadi tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi, biasanya suara mesin jadi terdengar tidak halus.

  1. Boros BBM

Pembakaran yang kurang sempurna akibat kondisi misfire yang dihasilkan karena busi rusak bisa membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda. Jika demikian, otomatis pemakaian bahan bakar pun jadi semakin boros. Hal ini dikarenakan percikan api yang dihasilkan sangat kecil, sehingga tidak bisa membakar secara sempurna.

Itulah lima ciri-ciri busi rusak dan dampak yang bisa Anda rasakan ketika berkendara dengan motor Anda

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 11 Juli, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Pekan Raya Jakarta yang saat ini masih berlangsung (12 Juni – 14 Juli 2024), PT...

Tips

Tangerang, Autos.id – Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memanaskan mesin motor injeksi sebelum digunakan? 10 menit, 15 menit, atau justru tidak perlu dipanaskan?...

Tips

Jakarta, Autos.id — Pengereman yang tepat termasuk upaya #Cari_Aman saat naik motor. Namun, jari tangan stand by (bersiap) di tuas rem depan justru meningkatkan...

Motor

Last updated on 16 Mei, 2024 Tangerang, Autos.id – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar sertifikasi puluhan guru...

error: Content is protected !!