Tips

Berkaca Dari Kecelakaan Truk Di Brebes, Cermati Hal Ini!

kecelakaan truk

Berkaca dari kecelakaan truk di Brebes yang menyebabkan banyak korban, ada hal penting yang harus dicermati pengemudi. Utamakan jangan hilang kendali!

Brebes, Autos.id – Kecelakaan yang terjadi di Desa Jatisawit, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah masih menyisakan kesedihan yang mendalam bagi banyak orang terutama bagi keluarga korban. Apalagi dalam kejadian tersebut banyak orang menjadi korbannya. Berkaca dari kecelakaan truk tersebut ada baiknya setiap orang yang mengemudikan truk mencermati kembali beberapa hal penting.

Ya, dilansir dari laman detik.com (20/5), hingga berita ini diterbitkan setidaknya ada 11 orang yang meregang nyaman akibat kecelakaan truk tersebut. Truk bermuatan gula tersebut menghantam rumah warga di sekitaran Desa Jatisawit, Brebes pada Minggu, 20 Mei 2018.

Meski Kapolres Brebes yaitu AKBP Sugiarto belum memberikan kepastian mengenai penyebabnya, namun ada dugaan bahwa kecelakaan ini terjadi lantaran adanya rem yang blong.

Kecelakaan truk di Brebes, Jawa Tengah pada Minggu 20 Mei 2018

Kecelakaan truk di Brebes, Jawa Tengah pada Minggu 20 Mei 2018 (source: http://jateng.tribunnews.com)

Sejumlah saksi bahkan menuturkan bahwa truk awalnya melaku dari selatan menuju arah utara dan mengalami hilang kendali sesampai di TKP.

“Rem blong dan hilang kendali cenderung meningkatkan potensi kecelakaan pada truk yang dikemudikan”

Pihak Kepolisian langsung melalukan pendataan di TKP dan mengidentifikasi korban yang berjatuhan. Dalam kejadian tragis tersebut sejumlah pedagang takjil, beberapa orang yang ngabuburit menjadi korbannya.

Tak hanya itu, sepeda motor serta mobil dan rumah warga juga dikabarkan mengalami rusak parah. Lebih dari itu, kecelakaan truk tragis ini menyisakan pula karung-karung yang tampak berisi gula kristal dalam kondisi yang berceceran.

Kabar yang beredar juga menyebutkan 10 korban meninggal di tempat kejadian sementara satu orang lainnya meninggal saat berada di RSUD Bumiayu.

Hal ini sesuai dengan keterangan Kapolres Brebes yaitu AKBP Sugiarto yang menyebutkan sampai saat ini korban meninggal dunia mencapai 11 orang.

Melihat kejadian tragis tersebut, sebenarnya hal apa yang harus dicermati oleh setiap pengemudi? Dari kecelakaan tersebut ada dugaan truk mengalami rem blong dan hilang kendali. Kemungkinan rem blong terjadi karena kurangnya pengecekaan kelayakan kendaraan atau bisa juga terjadi karena faktor lain.

Faktor lainnya bisa juga lantaran pengemudi belum bisa menguasai medan jalan yang tidak mulus atau bahkan tidak adanya keseimbangan beban angkut. Seperti yang diketahui, masing-masing kendaraan memiliki beban angkut yang sudah ditentukan menurut aturan.

Bila beban muatan kelebihan, pengemudi pun harus esktra hati-hati dalam mengemudikan truk. Sayangnya, kondisi jalanan yang memaksa pengemudi lebih berhati-hati juga menambah potensi terjadinya kecelakaan.

Terakhir, tidak hanya pada jalanan mulus saja yang perlu dicermati. Seorang pengemudi harus mahir dalam membawa kendaraannya di jalanan yang mulus maupu menanjak. Kemudian, bila masalahnya pada rem, maka mengganti rem sebelum aus adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan agar tidak menyebabkan kecelakaan truk.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top