Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

4 Tips Mengendarai Mobil Listrik saat Musim Hujan

Mobil hujan
Mobil hujan

Autos.id Ketika musim hujan, masih banyak orang mempertanyakan tentang keamanan saat mengendarai mobil listrik. Ini merupakan hal yang wajar, di karenakan mengingat bahwa mobil listrik adalah kendaraan yang baru bagi masyarakat.

Menurut Putra Samiaji sebagai general Manager Hyundai Motor Indonesia (HMID). Sebenarnya mobil listrik dan konvensional tidak memiliki perbedaan ketika digunakan saat hujan.

Pakem keselamatan saat berkendara juga digunakan pengemudi tetaplah sama. Misalnya saat mobil melintasi genangan air, ada batasan ketinggian yang tidak boleh lebih dari setengah roda.

Batas ketinggian itu juga sudah termasuk batas yang aman agar tidak merusak komponen penting pada mobil listrik.

Sementara itu, Wuling Indonesia menjelaskan bahwa mobil listrik yang di jual di Indonesia sudah melewati serangkaian uji coba. Sehingga, mobil tersebut akan aman jika digunakan saat musim hujan.

Misalkan pada produk Wuling yaitu Air EV. Mobil tersebut sudah lulus tahap pengujian perendaman air IP 67 yaitu dengan merendam baterai mobil listrik dengan kedalaman 1 meter. Kemudian, pengujian juga dilakukan selama 30 menit dalam kondisi baterai tertutup.

Baca Lagi : 3 Cara Merawat Standar Tengah Pada Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Berikut ini 4 tips mengendarai mobil listrik saat musim hujan. Yuk di simak!

1. Periksa Daya Baterai

Hal penting yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil listrik dalam keadaan hujan yaitu cek daya baterai. Sebelum melakukan berkendara sebaiknya pastikan terlebih dahulu baterai listrik sudah penuh, sehingga pengendara tidak perlu berhenti untuk melakukan pengecasan.

2. Perhatikan Kondisi Ban

Berkendara saat musim hujan, di perhatikan dahulu kondisi ban mobil. Ban mobil yang sudah aus mempunyai daya cengkraman yang buruk ke permukaan jalan. Sehingga hal tersebut dapat membahayakan kendaraan mobil.

Selain pada kondisi permukaan ban, pengendara wajib memperhatikan tekanan angin. Pastikan tekanan angin sudah sesuai tidak kurang atau pun lebih, sehingga mobil bisa aman dengan maksimal.

3. Cek Wiper

Pada saat musim hujan, wiper sangat membantu untuk membersihkan kaca mobil dari air. Ketika pengemudi sedang berkendara pandangan mata ke jalan tidak terganggu oleh air.

Kemudian, di pastikan wiper dalam kondisi yang baik. Lalu, jangan lupa perhatikan air pembersih kaca agar terisi penuh dan dapat bekerja dengan normal.

4. Segera Cuci

Air hujan merupakan musuh semua kendaraan. Oleh karena itu, saat terkena hujan segeralah cuci kendaraan sehingga dapat menghilangkan kotoran pada mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Selain GAC Aion Y Plus, pabrikan otomotif asal Tiongkok yang sudah bekerja sama dengan Indonesia juga...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Meningkatnya eksistensi kendaraan listrik di Indonesia, terus mendorong minat masyarakat untuk beralih kepada jenis kendaraan yang...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Awal April lalu, GAC Aion New Energy Automobile Co,. Ltd resmi menandatangani kerja sama distribusi mobil...

MG

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Tahun ini, pabrikan otomotif lokal kembali mengudara. MG berhasil meluncurkan produk terbaru mereka pada 10 Januari...

error: Content is protected !!