Subaru

Subaru BRZ Facelift Tambah Tenaga dan Upgrade Suspensi

Subaru BRZ Facelift
Masih Identik dengan Toyota 86

Subaru BRZ Facelift secara resmi diperkenalkan dengan perubahan minor pada bagian eksterior dan interior. Namun tenaga mesinnya kini meningkat dan suspensi diracik ulang.

Tokyo, Autos.id – Subaru akhirnya secara resmi meluncurkan Subaru BRZ facelift. Sama seperti Toyota 86 ada beberapa perubahan minor yang terjadi pada Subaru BRZ facelift ini.

Mobil sport dua pintu dari Subaru itu mendapat perubahan eksterior pada fasia depan. Sudut-sudut bumper spoiler dibentuk menyerupai huruf U yang terlihat terinspirasi dari BRZ STI Performance Concept. Kemudian ada juga lampu LED baru bergaya “kono-ji”, lampu ini diklaim yang pertama diterapkan oleh Subaru dengan keunggulan output cahaya lebih baik tapi konsumsi daya listrik berkurang.

Selain itu Subaru juga memberikan lampu tambahan berbentuk C juga dari LED yang kini fungsinya sebagai daytime running light (DRL). Dengan demikian, DLR LED sekarang jadi standar pada semua tipe BRZ facelift.

“Selain mesin, suspensi juga jadi bagian yang telah diperbarui dengan dipasang tambahan peredam serta anti-roll bar yang lebih besar untuk meningkatkan respon dan stabilitas mobil”

Hal baru lainnya adalah velg 17-inci dengan model 10-spoke sama seperti yang digunakan pada Toyota 86 facelift. Kemudian ventilasi fender juga telah didesain ulang. Subaru tidak memberikan foto belakang BRZ baru, tapi lampu ekor sekarang unit full LED.

Ada juga desain ulang tempat plat nomor, serta spoiler belakang yang kini berbahan aluminium. Keberadaan sayap ini sekaligus guna meningkatkan downforce, stabilitas dan kontrol mobil ketika dipacu.

Di dalam, perubahan terbatas pada desain roda kemudi yang dicomot juga dari 86 facelift. Kemudian pada jok kini diberi jahitan merah baru, instrument cluster didesain ulang yang dilengkapi juga dengan layar warna multifungsi 4.2-inci baru sebagai pusat data performa kendaraan dan timer lap. AC kini pakai sistem dual-zone climate control otomatis, dan keberadaan logo BRZ baru yang bordir ke sandaran punggung dua jok depan.

Subaru BRZ Facelift

Interior dengan Nuansa Hitam

Setara facelift dari Toyota 86, Subaru BRZ facelift pun menggunakan mesin 2.0 liter D-4S direct-injected, naturally-aspirated (N/A) flat-four yang mampu memberikan suplai tenaga sampai 205 hp dengan torsi puncak 214 Nm. Catatan ini berarti daya maksimum BRZ facelift naik dari sebelumnya 200 hp.

Menurut Subaru, kenaikan tenaga ini ada hubungannya juga dengan pemakaian gearbox enam-speed manual dengan final drive ratio dari 4,1: 1 menjadi 4,3: 1 supaya bisa meningkatkan akselerasi.

Selain mesin, suspensi juga jadi bagian yang telah diperbarui dengan dipasang tambahan peredam serta anti-roll bar yang lebih besar untuk meningkatkan respon, stabilitas dan kenyamanan mobil. Transmisi crossmember dan sistem penggerak roda belakang juga telah diperkuat untuk meningkatkan rigiditas. Bagi para penyuka sensasi sport car sejati, maka Subaru pun kini menambahkan mode Sport dan mode Track pada BRZ facelift.

Kurang cukup puas? Ada pula tambahan Performance Package yang tersedia hanya pada model Limited. paket tambahan aksesoris ini termasuk Brembo kaliper rem dengan diameter yang lebih besar, suspensi Sachs Perfromance dan 17 inci aluminium hitam dengan desain yang berbeda.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top