Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Membandingkan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite

Kia Sonet dan Nissan Magnite
Kia Sonet dan Nissan Magnite

Mari menelisik lebih jauh keunggulan Kia Sonet dan Nissan Magnite dari performa mesin hingga harga yang cocok untuk anak muda milenial!

Jakarta, Autos.i  –  SUV yang umumnya berukuran besar, kini telah tersedia SUV berukuran kecil seperti halnya Kia Sonet dan Nissan Magnite. Sejak akhir tahun 2020 yang lalu, pasar otomotif segmen SUV mungil diramaikan dengan kehadiran Kia Sonet dan Nissan Magnite. Bagaikan istilah ‘kecil-kecil cabe rawit’, kedua mobil ini punya performa mesin yang tak kalah unggul dengan SUV yang lebih besar. 

Apakah Kia Sonet dan Nissan Magnite layak untuk di adu performanya? Mari simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

Mesin

Jika dilihat dari performa mesin, Kia Sonet lah yang lebih unggul dibandingkan Nissan Magnite. Kia Sonet memiliki spesifikasi mesin Smartstream Gamma 1.2L, 4-cylinder Inline, 4-Valves, DOHC berbahan bakar petrol/bensin yang bisa diisi hingga 45L. SUV ini mampu memacu tenaganya hingga 113 dk pada putaran 6.300 rpm dengan maksimal torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Kia Sonet merupakan mobil bertransmisi manual 8-speed tipe iVT (intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Mesin Kia Sonet vs Nissan Magnite

Mesin Kia Sonet

Mesin-Nissan-Magnite

Sedangkan kompetitornya, Nissan Magnite dibekali mesin 1.0L Turbocharged HRAO, 3-cylinder Inline, 4-Valves, DOHC yang juga berbahan bakar petrol/bensin. Mobil ini juga kalah di kapasitas tangki bensin yang mampu diisi hingga 40L. Meskipun begitu, Nissan Magnite dapat menghasilkan tenaga maksimal 98,5 dk pada putaran 5.000 rpm dan torsi mencapai 160 Nm pada 2.200-4.400 rpm. Nissan Magnite tersedia dalam dua jenis transmisi, yaitu manual (MT) dan CVT.

Tampilan Mobil

Dimensi Ukuran Kia Sonet dan Nissan Magnite

Dimensi Ukuran Kia Sonet dan Nissan Magnite

Lain halnya dengan dimensi bodi pada kedua mobil yang hampir sama. Kia Sonet memiliki ukuran 4.120×1.790×1.642 mm, sedangkan Nissan Magnite berukuran 3.994×1.758×1.572 mm dengan wheelbase yang sama-sama 2.500 mm. Tetapi, Kia Sonet kembali lebih unggul karena ia lebih banyak punya varian warna bodi.

Kia Sonet tersedia dalam varian warna Aurora Black Pearl, Iron Grey, Steel Silver, Glacier White Pearl, Beige Gold, Intelligency Blue, dan Intense Red. Nissan Magnite juga punya warna andalannya, Flare Garnet Red Onyx Black, Pearl White Onyx Black, Onyx Black, Storm White dan Blade Silver.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Fitur Vehicle Stability Kia Sonet dan Nissan Magnite

Fitur Vehicle Stability

Baik Kia Sonet dan Nissan Magnite telah memasang fitur-fitur unggulan masing-masing yang menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. Namun, tak menutup kemungkinan adanya fitur-fitur khas yang dimiliki kedua mobil ini.

Setelah di review, Kia Sonet dan Nissan Magnite sama-sama memiliki fitur keamanan ABS, Vehicle Stability, Brake Assist, Cruise Control, dan Parking Sensor. Hanya saja Kia Sonet punya 6 airbags dan Emergency Stop Signal yang tidak dimiliki Nissan Magnite. Sedangkan Nissan Magnite hanya punya 2 airbags di bangku depan dan Traction Control yang tidak dimiliki Kia Sonet.

Interior-Kia-Sonet

Interior-Nissan-Magnite

Beralih ke fitur kenyamanan dan interior, secara garis besar Kia Sonet lebih lengkap daripada Nissan Magnite. Walaupun kedua mobil ini sama-sama dilengkapi teknologi Keyless Entry, Start/Stop Engine Button, Audio Control, dan Head Unit. Kia Sonet lebih lengkap memfasilitasi penggunanya dengan sunroof, Remote Engine Start, Wireless Charging, dan teknologi sirkulasi udara di baris depan. Sedangkan Nissan Magnite belum dilengkapi keempat fitur tersebut.

Harga

Jika berbicara tentang harga, Nissan Magnite tergolong lebih murah dibandingkan Kia Sonet. Nissan Magnite mulai dijual dengan harga Rp 224 juta-Rp 256 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Kia Sonet seharga Rp 251,5 juta-Rp 289 juta (OTR Jakarta). Sekarang giliran Anda untuk mempertimbangkan antara budget dengan performa mesin yang diinginkan atau dibutuhkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mobil

Penjualan terbesar Mitsubishi masih disumbang Xpander dan Xpander Cross Jakarta, Autos.id  –  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), catat hasil positif penjualan...

Berita Otomotif

Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000...

Berita Otomotif

Last updated on 17 September, 2021Dengan harga Rp 200 jutaan, Morris Garages resmi mengantarkan New MG ZS kepada para penggemarnya di Tanah Air yang...

Mobil

Peningkatan penjualan Agustus 2021 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak Jakarta, Autos.id  –  Penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara...