Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Yamaha Resmi Rilis XSR900 2022 Untuk Pasar Eropa. Tampil Klasik Tapi Modern!

Yamaha XSR900 2022
Yamaha XSR900 2022

Last updated on 28 Februari, 2022

Yamaha MT-09 terbaru “meminjamkan” mesin dan rangkanya ke Yamaha XSR900 2022 baru yang terinspirasi model motor klasik tahun 80-an.

Autos.id  –  Ketika Yamaha mengumumkan perombakan besar-besaran pada model MT-09 awal tahun 2021 dengan desain frame baru dan lebih bertenaga, banyak pengamat otomotif berasumsi bahwa pembaruan akan mengalir ke merek lain yang serupa. Dan asumsi itu menjadi kenyataan ketika baru-baru ini Yamaha merilis Yamaha XSR900 2022 yang saat ini masih menjadi motor cruiser model khusus Eropa.

Meskipun begitu, generasi terbaru XSR900 ini memiliki perubahan besar dari versi yang lama, baik dari segi performa, teknologi, dan penampilan.

Seperti MT-09, Yamaha XSR900 2022 menerima iterasi terbaru dari mesin CP3 889cc 3-cylinder dan peningkatan tenaga yang diklaim mencapai 117 hp pada 10.000 rpm. Performa torsi juga naik ke 93 Nm yang dapat dicapai pada 7.000 rpm.

Performa Motor Ditingkatkan

Selain mesin baru, seri XSR900 terbaru mendapatkan cast alloy Deltabox frame dari Yamaha MT-09 dengan ketebalan dinding yang bervariasi. Tujuannya untuk membantu tampilan motor terlihat seperti motor yang mengkolaborasikan berat, kelenturan, dan kekakuan, serta roda spin-forged yang sama seperti MT-09. Roda spin-forged tersebut dapat mengurangi massa motor saat berputar dan tidak berputar untuk meningkatkan performa dan handling.

Baca juga: Yamaha XSR155 2022 Tampil Dengan Warna Terbaru

 XSR900 2022

Yamaha XSR900 2022 memiliki tambahan swingarm yang lebih panjang sehingga meningkatkan wheelbase dari 56,7 inci menjadi 58,9 inci. Sedangkan panjang bodi motor secara keseluruhan naik dari 81,7 inci menjadi 84,4 inci. Di atas swingarm baru terdapat subframe yang dirancang khusus untuk XSR900 dan Yamaha menghadirkan desain kursi bergaya cafe-racer dengan jok penumpang yang cukup tinggi.

Di samping wheelbase yang lebih panjang yang menyebabkan handling tidak begitu tajam, Yamaha mengharapkan XSR900 baru untuk turning lebih cepat daripada pendahulunya. Tak lain dan tak bukan berkat roda yang ringan dan head pipe yang dipasang lebih dari satu inci lebih rendah dari seri lama. Selain itu, motor ini 2 kg lebih ringan dari pendahulunya dengan curb mass 193 kg.

Penampilan Baru Ala Motor 1980-an

Desain Yamaha XSR900 bisa dibilang terinspirasi oleh desain motor tahun 1970-an. Sedangkan untuk model 2022 kembali hadir dengan desain klasik tahun 1980-an. Secara keseluruhan, profil tampilan motor ini merupakan perubahan tampilan terbesar dari XSR900 sebelumnya. Lampu depan model lama selalu terlihat agak terlalu tinggi, tetapi sasis lebih rendah dari model baru.

Baca juga: Daftar Harga Motor Yamaha November 2021

Yamaha XSR900 2022

Tampilan Baru Khas Motor Klasik Tapi Dikemas Lebih Modern

Secara visual, kursi rider juga dipasang lebih jauh ke belakang untuk memberikan representasi yang lebih mirip dengan motor klasik pada umumnya. Selain itu, mungkin juga menjelaskan perlunya swingarm yang lebih panjang untuk memastikan pusat gravitasi tidak terlalu jauh ke belakang.

Motor Berdesain Klasik Tapi Berteknologi Modern

Teknologi Yamaha XSR900 2022 juga seperti YamahaMT-09 dengan spesifikasi keseluruhan yang tinggi. Mulai dari IMU 6-axis yang memungkinkan penggunaan Cornering Traction Control, Cornering ABS, dan slide control system Yamaha. Pengiriman daya juga dapat disesuaikan dengan empat mode untuk dipilih dan ada quickshifter dua arah sebagai standar bersama dengan kopling assist-and-slipper. Cruise control dan anti-wheelie menjadi tambahan standar bersama dengan layar 3,5-inch color TFT yang kecil.

Baca juga: Fakta Menarik Dari Yamaha YZF-R1, Tunggangan Juara Dunia Superbike, Toprak Razgatlioglu

Layar TFT 3,5 inci Yamaha XSR900 2022

Layar TFT 3,5 inci Yamaha XSR900 2022

Di Eropa, motor ini akan mulai dipasarkan melalui dealer pada Februari 2022 mendatang, bersama dengan berbagai aksesori termasuk fly screen opsional dan knalpot Akrapovic. Harganya pun juga belum diumumkan secara resmi oleh Yamaha. Tapi yang jelas motor ini masih menjadi saingan berat Kawasaki Z900RS dan Honda CB1000R.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Untuk menyambut Ramadhan dan lebaran beberapa hari lalu, Yamaha mengadakan Program Tukar Tambah kendaraan periode Maret...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca...

Motor

Autos.id – Bagi pasaran roda dua di Indonesia, motor dengan tipe matic merupakan salah satu model yang menjadi pilihan untuk masyarakat Indonesia. Selain mudah...

Motor

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Segmen motor untuk desain vintage atau retro memang menjadi salah satu jenis model yang memiliki pangsa...

error: Content is protected !!