Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Yamaha Resmi Meluncurkan Cygnus Gryphus Model 2022, Calon Kuat Penantang Honda Vario

Yamaha Resmi Meluncurkan Cyqnus Gryphus

Last updated on 29 Desember, 2021

Yamaha Cygnus Gryphus 2022 ini memiliki beberapa ubahan dari tampilan, fitur, serta mesin.

Autos.idYamaha Jepang baru-baru ini meluncurkan sebuah motor skutik terbarunya yaitu Cygnus Gryphus. Motor ini merupakan skuter matik medium yang nantinya diprediksi akan bersaing dengan Honda Vario. Yamaha Cygnus Gryphus model tahun 2022 ini mengusung mesin 125 cc yang kurang lebih akan berhadapan langsung dengan Honda Vario yang juga memiliki varian mesin 125 cc.

Beberapa fitur menarik pada Yamaha Cygnus Gryphus model tahun 2022 ini memiliki sejumlah fitur yang mungkin tidak ada pada Honda Vario.

Yamaha Resmi Meluncurkan Cyqnus Ghypus Model 2022, Calon Kuat Penantang Honda Vario

Baca juga: Yamaha Nmax Edisi Spesial Spiderman Meluncur Di Brasil

Beberapa Update Fitur dan Desain

Cygnus Gryphus 2022 ini hadir dengan sejumlah perubahan dari segi desain, mesin, serta beberapa fitur baru yang cukup menarik. Mulai dari lampu motor ini yang sudah menggunakan teknologi LED yang artinya sama dengan beberapa rival lainnya seperti Honda Vario. Dan juga motor ini hadir dengan desain instrumen kluster LCD yang baru serta informasi yang jauh lebih lengkap.

Kemudian, Yamaha menyebut bahwa Cygnus Gryphus 2022 ini dibangun dengan konsep “Advanced Total Performance Sport” dimana motor ini menonjolkan beberapa desain tajam serta agresif. Kemudian motor ini juga menerapkan rangka desain yang berubah todal dari versi sebelumnya.

Perubahan rangka desain yang secara menyeluruh ini meliputi penggunaan suspensi baru serta penggunaan kaki-kaki yang juga sepenuhnya baru. Motor ini ditopang dengan ban tapak lebar berukuran 120/70 R13 di depan serta 130/70 R13 di bagian belakang. Hal ini juga mempengaruhi kenyamanan dan bantingan yang lebih baik.

Yamaha Resmi Meluncurkan Cyqnus Ghypus Model 2022, Calon Kuat Penantang Honda Vario

 

Baca juga: Yamaha Meluncurkan Crosser 150, Siap Menantang Honda CB150X

Spesifikasi Mesin

Berbicara mengenai spesifikasi mesin, Yamaha Cygnus Gryphus 2022 ini memiliki mesin 124 cc, 1 silinder, 4 tak, dengan teknologi Blue Core serta fitur Power Tune Up. Yamaha mengklaim mesin ini lebih bertenaga 20% dari versi sebelumnya. Serta Yamaha juga mengklaim motor ini lebih hemat BBM sekitar 20% dengan sistem katup variable VVA atau Variable Vakve Actuation.

Cygnus Gryphus memiliki tenaga sebesar 12 PS di 8.000 rpm dan torsi puncak sekitar 9,8 Nm di 6.000 rpm. Motor ini menyalurkan tenaga dan torsinya kebelakang melalui transmisi CVT. Motor ini sudah memiliki dengan rem cakram baik di roda depan maupun roda belakang. Tetapi sayangnya rem ABS atau Antilock Braking System belum hadir pada motor ini.

Yamaha Cygnus Gryphus sendiri dijual di pasar Jepang dengan harga 357.000 Yen atau kurang lebih setara Rp 44 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk pajak konsumsi di Jepang sebesar 10%. Beberapa pilihan warna yang tersedia seperti abu-abu, biru ungu tua, hitam metalik, serta putih metalik.

Yamaha Resmi Meluncurkan Cyqnus Ghypus Model 2022, Calon Kuat Penantang Honda Vario

 

Selain hadir dalam varian standar, Yamaha Cygnus Gryphus juga hadir dalam edisi spesial World GP 60th Anniversary. Edisi spesial ini hanya tersedia sebanyak 1.000 unit saja. Belum tahu apakah motor ini juga masuk ke Indonesia atau tidak. Karena sebenarnya Yamaha Indonesia sendiri memiliki Yamaha FreeGo yang memiliki bentuk bodi serta spesifikasi mesin yang kurang lebih sama dengan Yamaa Gygnus Ghypus ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Merek Yamaha XSR155 2022 tampaknya sudah tidak asing lagi bagi yang tinggal di Asia Tenggara. Roadster neo-retro ini memiliki kapasitas kecil dan sudah banyak...

Subaru

Subaru STI E-RA ini selain diklaim memiliki peforma luar biasa tetapi memberikan kesan ramah lingkungan yang baik dengan penggunaan motor listrik dari Yamaha. Autos.id...

Motor

Yamaha Niken GT sendiri merupakan versi motor touring jarak jauh dari Yamaha Niken standard yang sudah beredar sebelumnya. Autos.id  – Motor dengan roda 3...

Motor

Last updated on 13 Januari, 2022 Basis dari motor listrik Yamaha terbaru mirip dengan Yamaha Nmax dengan mengambil bodi ala motor maxi skuter yang...