Connect with us

Hi, what are you looking for?

Viar

Viar Cross X 250 ES, Motor Trail Lokal yang Perlu Diperhitungkan

Ada dua produk yang mendominasi kelas motor trail 250 cc di Indonesia, yakni Honda CRF250 Rally, dan Kawasaki KLX 250. Sekarang, kedua motor tersebut baru saja kedatangan pesaing yang berasal dari dalam negeri. Motor yang dimaksud adalah Viar Cross X 250 ES.

Autos.id – Jika dibandingkan dengan Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250, mungkin banyak yang langsung menilai kalau secara kualitas, Viar Cross X 250 ES ini tidaklah sebaik kedua pesaingnya yang sama-sama berasal dari Jepang itu. Namun kenyataannya tidaklah demikian.

Urusan mesin, ketiganya sama-sama menggandeng mesin berkapasitas 250 cc. Hanya saja Viar menggunakan konstruksi mesin SOHC, sementara Honda dan Kawasaki sudah DOHC. Meski begitu, dalam hal performa, Viar Cross X 250 ES lebih unggul dari CRF250 Rally dan KLX 250.

Viar Cross X 250 ES mempunyai tenaga dan torsi yang terbesar di kelasnya

Viar Cross X 250 ES mempunyai tenaga sebesar 25,47 dk di 9.000 rpm dan torsi 23 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lebih besar daripada Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250. Untuk diketahui, Honda CRF250 Rally mempunyai tenaga sebesar 24,4 dk di 8.500 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Sementara Kawasaki KLX 250 memiliki tenaga 24,13 dk di 9.000 rpm dan torsi 21 Nm pada 7.000 rpm.

Pindah ke sektor kaki-kaki, sama seperti Kawasaki KLX 250, Viar Cross X 250 ES juga dibekali dengan sokbreker jenis upside down untuk peredaman benturan yang lebih mumpuni. Untuk kaki-kaki belakangnya juga sama-sama menganut monosok dengan link. Sedangkan untuk peleknya, baik Honda, Kawasaki ataupun Viar, sama-sama memakai diameter 21 inci untuk depan dan 18 inci di belakang.

Kawasaki KLX 250 adalah lawan yang sebanding untuk Viar Cross X 250 ES

Tapi untuk urusan pengereman, sepertinya Viar Cross X 250 ES harus mengakui keunggulan Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250. Pasalnya jika dibandingkan dengan dua rivalnya itu, ukuran cakram depan Viar Cross X 250 adalah yang paling kecil, yakni 240 mm. Sebagai pembanding, ukuran cakram depan Kawasaki KLX 250 adalah 250 mm, dan yang terbesar adalah milik Honda CRF250 Rally dengan 256 mm.

Bicara soal harga, jelas Viar Cross X 250 ES jauh lebih terjangkau ketimbang Honda CRF250 Rally dan Kawasaki KLX 250. Viar Cross X 250 ES yang dirakit di Semarang, Jawa Tengah, dijual dengan harga Rp 41,45 juta. Artinya, harga Viar Cross X 250 ES lebih murah Rp 22,55 juta dari Kawasaki KLX 250, dan Rp 30,85 juta dari Honda CRF250 Rally.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Kandungan lokal Motor Listrik Buatan Indonesia sendiri banyak yang belum tahu. Padahal jika menilik pada model yang ada di Indonesia, cukup banyak kok. Autos.id...

Berita Otomotif

Subsidi motor listrik sekitar Rp7 juta membuat semua produsen dapat durian runtuh. Pemerintah baru saja mengumumkan.  Autos.id – Pemerintah Indonesia akan segera mengumumkan subsidi...

Motor

Motor jenis trail dan adventure di Indonesia terbilang laris dan memiliki harga beragam dengan spesifikasi unggulan. Autos.id – Jelang akhir tahun 2022, sepeda motor...

Motor

Last updated on 29 Desember, 2021 Di Brazil, segmen motor adventure dengan harga terjangkau mulai banyak peminat. Setelah Honda CB150X, Yamaha tidak ketinggalan turut...