Motor

Uji Coba Perdana BL-SEV 01 Di Sentul Belum Berjalan Mulus

Uji coba sepeda motor listrik karya Universitas Budi Luhur ini mengalami sedikit hambatan, mengingat performa BL-SEV 01 belum maksimal.

Jakarta, Autos.id  –  Setelah sukses memperkenalkan sepeda motor listrik terbarunya yang diberi nama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bulan lalu. Universitas Budi Luhur kini melakukan uji coba pertama untuk mengetahui sejauh mana performa yang dihasilkan oleh moto di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, kemarin (Minggu, 14/2).

Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul.

Uji coba ini tidak tanggung-tanggung dengan menggandeng pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumni Universitas Budi Luhur. Pembalap kelahiran tahun 1993 ini sudah turun dan menjuarai beberapa kejuaraan nasional mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race, Honda CBR Race Day, Kawasaki Racing Academy Race dan lain-lain.

Pemilihan Galih sebagai tester rider juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.”Nantinya tester rider Universitas Budi Luhur akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik. Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01 dan disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” ungkap Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

pembalap muda, Galih Aji Prakoso, yang juga merupakan alumni Universitas Budi Luhur

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Kemudian baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam. Hasil uji coba pertama kali ini cukup baik karena BL-SEV01 berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. Alhasil BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Sayangnya ketika sepeda motor akan dipacu kembali lebih kencang, BL-SEV01 mengalami permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil. Kuda besi ini kembali ke dalam paddock pit dan langsung dianalisis permasalahannya. Setelah memeriksa kondisi dan melakukan evaluasi, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen yang digunakan sekarang ini mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

“Setelah BL-SEV01 dievaluasi dengan tim, ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal. Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambah Jono.

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top